lo(la)na by Fifi Alvianto
2011 - 2013

All rights reserved

More info contact :

fromfifi [at] gmail [dot] com
Thursday, March 10, 2011

Ini Pertanda Hamil Bukan Ya?

Yang namanya belum pernah hamil, pasti ga kebayang sama sekali apa tanda-tandanya, apalagi tiap orang pasti berbeda, bahkan tiap anak aja tandanya bisa beda. Saya sedikit sharing buat yang lagi deg-degan "Aduh ini hamil apa engga ya?". Memang agak susah bedain antara tanda hamil sama ga enak badan, hehe.

Baiklah waktu saya dulu, ini tanda-tanda hamilnya (beberapa terjadi sebelum dan sesudah haid telat) :
1.
Pusing di bagian kepala belakang.
Pusingnya pernah saya rasakan sekali saat dulu saya hamil (tapi keguguran). Beda banget dari semua rasa pusing yang pernah saya rasain, dan datangnya hanya sesekali. Jadi dalam hidup saya baru 2 kali merasakan pusing yang seperti itu.
2.
Suhu badan naik.
Entah kenapa saya beberapa kali bisa merasakan suhu badan naik tiap pagi hari, badan kayak yang lagi mau sakit, hangat tapi ga panas, dan cuma terjadi kalau bangun tidur.
3.
Perut kembung.
Aduh itu rasanya sama kayak masuk angin, tapi sebenernya kalau dilihat lagi kondisinya ga ada yang menyebabkan saya sampai masuk angin. Kembung kepengen sendawa terus dan terjadi seterusnya sampai hamil 2,5 bulan -___-
4.
Dada a.k.a P***D*** sensitif.
Terasa sakit kalau tersentuh, bahkan oleh baju sendiri. Katanya memang jadi lebih sensitif, meskipun biasanya saat mau haid juga sensitif, tapi waktu itu sih sensitif bangetttt, suka emosi sendiri kalau ga sengaja kesenggol baju, karena kok jatohnya malah kayak kesakitan.
5.
Kram perut.
Rasanya ga ada bedanya sama mau dapet, tapi terasa lebih ringan. Bagi saya sih sulit ya ngebedainnya.
6.
Pegal, Letih dan Lesu.
Seperti PMS, kondisinya tidak beda jauh, cuma rasanya lebih berat kalau menurut saya.
7.
Nafasnya jadi cepat.
Saya sadarnya kalau mau tidur, nafasnya kayak abis olahraga, terengah-engah gitu dan pendek.
8.
Batuk dan Pilek.
Saat hamil kondisi badan kita menurun, jadi resiko tiba-tiba batuk dan pilek itu jangan heran, mudah sekali sakitnya.
9.
Penciuman sensitif.
Layaknya memasuki kehamilan muda, saat belum tau kita hamil pun, saya udah bisa ngerasaain bau-bauan yang kata orang biasa aja, tapi kata saya kok baunya menyengat banget.
10.
Haid yang telat meski baru 3 hari.
Saya tergolong yang selalu teratur tiap bulan, maju-mundurnya hanya sehari, jadi begitu tahu telat 3 hari langsung deg-degan :p
11.
Beser.
Bagi sebagian orang ada yang sibuk buang air kecil terus, tapi saya baru terasa sering beser saat hamil 8 mingguan.
12.
Mual dan Muntah
Mual sih terjadi awal-awal, tapi sangat jarang, baru mulai efektif mual sekitar 8 mingguan hamil, kalau muntah pas udah hamil hampir 3 bulan.


What to do? Kalau ternyata sekiranya saya hamil.
Kalau yang saya lakuin waktu itu :
1.
Seminggu sebelum haid sama sekali tidak 'berhubungan' dengan suami sampai tahu apakah saya bener-bener hamil atau engga. Dan ternyata hamil, jadi 'puasa' dulu 2,5 bulan. Sisanya harap dikonsultasiin sama obgyn ya, karena tergantung kondisi rahim.
2.
Tidak melakukan kegiatan yang melelahkan.
3.
Konsumsi Asam Folat itu penting 4 bulan sebelum hamil, jadi harusnya sudah siap asupan folatnya.
4.
Jangan banyak naik turun tangga, kalau pun harus sebaiknya pelan-pelan (ini adalah pesan semua orang kepada saya, hehe jadi saya teruskan disini).
5.
Telat beberapa hari aja sebaiknya test pack, karena kita ga pernah tahu kandungannya kuat apa tidak, jadi ga ada acara nunggu 2 minggu telat. Karena dengan demikian kita bisa langsung ke obgyn.
6.
Banyak bertanya kepada teman-teman, saudara, atau orang tua sendiri tentang pengalaman hamil pertama.


Lalu ternyata benar saya positif hamil,
Sebarkan beritanya kepada keluarga dan teman terdekat, juga boss. Kata orang kehamilan sebaiknya diumumkan setelah lewat 3 bulan. Kata saya itu salah banget, karena kondisi hamil yang paling beraaaattt itu justru trimester 1. Kalau disekitar kita ga tau kita hamil, repot banget.

Hamil butuh kondisi lebih spesial, jadi sebisa mungkin mengabarkan orang terdekat supaya ngerti keadaan kita. Ga lucu kan kita disuruh lembur gara-gara boss ga tau kita lagi hamil, yang rugi nanti ibunya.

Baiklah, sekian informasi yang pernah saya rasain dulu, semoga bisa bermanfaat buat yang lagi dag dig dug, antara hamil apa ga enak badan biasa ya. Kalau ada yang perlu ditanya, silahkan, jangan malu-malu, hehehe.

36 comments:

  1. Lengkap bgt..kyknya g perlu nanya lg :)

    ReplyDelete
  2. makasih ya fifi.. aku juga lagi berusaha banget ni..hehehe :)

    ReplyDelete
  3. phew...thax informasinya...bener2 jadi masukan bwt persiapan tahun depan (::smile::)

    ReplyDelete
  4. Semoga bermanfaat ya, kali aja nanti tanda-tandanya hamilnya sama kayak yg ditulis, tp mayoritas begitu :)

    ReplyDelete
  5. haha... senang nya yang sudah hamil.. hihi.. pengen banget hamil.. wew.. lagi deg2 an ga tau ni hamil apa kagak..

    ReplyDelete
  6. Hehe semoga menyusul kalau gitu :)

    ReplyDelete
  7. Fifi, aku mau tanya, dada aka P***D*** (hehe) itu sakitnya sebelum tau hamil atau sesudahnya?

    Makasiii, berguna sekali infonya :)

    ReplyDelete
  8. Hai Citra, maaf baru balas, sakitnya dari sebelum tau hamil. Sekitar beberapa hari sebelum telat haid.

    ReplyDelete
  9. Haluu..salam kenal yah...silent reader nih...:)first congrats tuk kehamilannya, smoga sehat slalu kandungannya ya...
    Just wanna share, emg penting bgt tuk inform org2 disekitar kita justru pas di awal-awal kehamilan..believe me, its my own experience..pas awal hamil gw diem2 aja, teteup lembur en malah stress ndiri krn mikir : sampe kpn gw kayak gini, hamil kok msh lembur aje? Sad ending story, akhirnya gak bisa dipertahankan (luruh sendiri). Awal2 sempet sediiihhhh bgt en nyalahin keadaan. Tapi perlahan bisa nerima bahwa memang itu mungkin jalan yang dipilih - Nya buat gw, dan gw percaya ada hikmah dibalik smuanya...hiks...maaafff jadi curcol...Skrg masih jadi bunda wannabe...:)

    ReplyDelete
  10. Tetep semangat Mya,
    Iyah next time ngabarin semua orang (mau deket atau jauh hehe), selain jadi pada banyak yang membantu kondisi kita, pas tau hamil muda orang-orang pun jadi lebih care dari biasanya :)

    ReplyDelete
  11. Wah membantu sekali keterangannya.. sekarang kondisi saya terlambat haid 7 hari dan saat testpack terlambat 3 hari (siang hari) hasil negative.. kapan sebaiknya saya chek lagi? haruskah pagi hari demi pekatnya urine? Salam

    ReplyDelete
  12. Hasil negativenya itu sudah pasti, atau ada dua garis yg samar-samar? Karena kemarin aku hasilnya samar, jadi garis satu lagi tipis banget. Baru keliatan pekat garisnya sekitar seminggu kemudian, jadi 2 minggu setelah haidnya telat. Tiap orang beda-beda, enaknya test lab langsung misalnya di Prodia lebih akurat.

    ReplyDelete
  13. Infonya bagus banget...mens q biasanya teratur tp ini udah telat 6 hari dari mens seharusnya ee..malah pada hari ke 6 aq mens..apakah ini bertanda mau tidak subur ya? apakah bisa mens sedikit trus bertanda hamil? terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Kalau hamil tapi mens itu juga mungkin banget terjadi, nah udah test pack belum? Sbaiknya dilihat dari situ aja. Kalau hasilnya 2 garis tapi samar, bisa jadi kemungkinan besar hamil, meskipun garisnya tipis banget. Enaknya konsultasi ke obgyn aja :)

    ReplyDelete
  15. TFS ya.. Bagus banget info nya, kebetulan aku skrg lg ngalamin sakit kepala belakang, badan panas kalo pagi, persis yg mba bilang. Masih dag dig dug antara ga enak badan apa hamil. Tapi tgl telat ku msh 2 hari lagi.

    ReplyDelete
  16. Hehehe semoga yaaaa pertanda baik :)

    ReplyDelete
  17. Aku ud ngarep bgt buat hamil..skrng p***daraku ud sakit, trus ngerasa eneg2..pdhl haidku masih 10 hari lagi..ehmmm kali aku ke gerean..ud pengen bgt punya momongan..wish me luck ya sis..

    ReplyDelete
  18. Thanks, infonya berguna bgt.
    Tapi sedih nih,, tadinya udah telat haid 3 hari,, ehh pas hari ke-3 ada bercak darah :(
    Mungkin harus lebih waspada dengan tanda2 tersebut.. Mudah2an bulan depan hamil :) Aminn

    ReplyDelete
  19. Slalu tetap semangat dan usaha yaaaa... Rejeki anak memang ga pernah tau kapan dtgnya :)

    ReplyDelete
  20. Trims infonya..berguna banget
    Sekarang payuda## saya nyeri dan terasa agak bengkak..seperti mau haid,sakit perut..padahal haid masih 15 hari lagi,dan ini baru pertama kali terjadi,biasanya kl nyeri payuda## beberapa hari sebelum haid... semoga aja positif..amin

    ReplyDelete
  21. Sama2 :) semoga positif yaaaa...

    ReplyDelete
  22. Aku lg ngarep bgt hamil niy..sudah seminggu telat mens, cuma pd hari pertama telat mens aku TP hasilnya negatif. Sekarang pingin TP lg tp takut kecwa ma hasilnya malah negatif, cm aku ngerasain gejala2 yg disebutkan itu, jd laperan, mual,perut bawah aku sakit, & lbh manja ke suami.mensnya hrs Telat berapa lama sih bisa dinyatakan hamil, krn biasanya aku mens selalu tepat wkt.. Duh aku kepengen bgt hamil. Udh siap lahir bathin dech.

    ReplyDelete
  23. ba saya gk mens sdh 2bln teerus tiba2 saya mens, apa itu setelah nya akan hamil.krna sdh 2bukan sy bernt suntik kb.

    ReplyDelete
  24. @Ana and Fema
    Halo... Maaf baru sempat dibalas sekarang, gimana ada kabar baik kah? sudah positif? Gudluck yaaa. Tetep usaha dan berdoa aja..

    ReplyDelete
  25. salam kenal mbak fifi. wah, infonya sangat bermanfaat sekali. saya juga sedang harap2 cemas nih :P hamil ga ya? memang tanda2 hamil setiap orang dan tiap anak itu beda2 ya karena saya coba bertanya ke ibu2 yang pernah hamil jawabannya beda2. alhasil saya bingung sendiri deh :P

    mbak, mau nanya donk. sudah 6 hari ini perut saya kembung, tapi cuma kembung aja. ga ada pertanda lain seperti kalau lagi masuk angin. waktu mens saya masih 6 hari lagi. apa mungkin saya hamil ya? atau cuma syndrome prahaid? karena sebelum haid biasanya perut saya kembung, tapi itu terjadi selama 5 hari sebelum haid tiba. nah, yg ini muncul lebih awal.selain itu, 3 hari belakangan saya ngerasa lebih cepet capek. badan rasanya lemes banget. apalagi kalau naik tangga. padahal biasanya saya malah lari pas naik tangga. hahahaha.

    bener sih nanti juga kalau hamil pasti ketauan, tapi berharap ketauan lebih cepat. soalnya saya ini kalau jalan ga bisa pelan2. selalu ngebut kayak orang mau lari. yah, semoga aja kalau memang hamil, janin saya kuat :)

    ReplyDelete
  26. Sebenernya kalau masih 6 hari lagi belum ada gejala yg terlihat, dulu aku ngerasa ga kenapa2 sampai 3 hari sebelum menjelang tanggal dapet (yg mana taunya hamil). Terus gejalanya mirip banget sama mau haid. Skrg masih terlalu dini, hehe ditunggu ya.. Sabar dan pasrah aja, rejeki anak pasti datang sesuai waktunya :)

    ReplyDelete
  27. Slm kenal mba fifi..aku jg lagi h2c nich coz skrng aku udah telat 12 hari..smua gejala hamil aku rasain cmn ko'aku tp hasilnya negatif yach..trus skrng perutku kram dan sdikit keputihan dan setiap pagi daerah v ko' sering lembab yach?apakah aku hamil ato cmn gejala mens?pleaseee bantuannya..soalnya dah 4thn nikah belum dapet momongan..

    ReplyDelete
  28. Waaa maaf telat balesnya Unhiek.
    Gimana sekarang? postif kah?

    ReplyDelete
  29. Malem mba fifi,??
    Infonya sngat membantu skali,..
    Oya,.. skrag aku gy H2C nii, soalx aku telat 1 minggu, dan tepat hari ke 7 menjelang sore aku melihat flek dan menjelag subu (hr ke 8) ternyata ada darah sperti darah haid,..
    Huuufff,.. Apakah ini aku hamil atau keguguran yaa,?? Krn smpe skrag pinggang dan perut bagian bawah agak nyeri, tp gk terlalu sakit,..
    Ada solusi ngga,???

    ReplyDelete
  30. Kalau darahnya cuma flek harusnya gpp, aku juga dulu gitu :) tapi kalau banyak baru deh patut dipertanyakan dan diliat warna darahnya. Soalnya dulu pas hamil awal juga sakit perut mules kayak dapet.

    ReplyDelete
  31. aku pengen nanya aku ngerasa kalau ada perubahan sama tubuh aku .tapi udah akhir bulan ini aku belum haid .apakah aku hamil ??

    ReplyDelete
  32. Kalau perubahan harus signifikan, banyak pertanda hamilnya ga? karena kadang perubahan tanpa tanda2 yang jelas biasanya cuma sakit biasa. Ditunggu 1 minggu telatnya aja dari tanggal haid :)

    ReplyDelete
  33. maaf ni mba mau tanya saya bulan mei tdk hed aturan saya hed tgl 28, nah pas tgl 13 kemaren sya hanya flek apa kah saya hamil? tpi di tespack negatif,sya mau cba tes lg bl0m sempat

    ReplyDelete
  34. mbak fifi makasih banget buat infonya... jadi lebih tahu.. hehe penganten baru nie mbak.. pengen segera punya momongan.. ^^

    ReplyDelete
  35. Nice info kk.. Aku uda telat 5 hari, tp testpack juga negatif.. Nunggu sminggu lg,kali ada keajaiban gitu bs positif.. Trus usaha dan qta brdoa brsama y smua bunda2... Hehehe..

    ReplyDelete