Yang namanya belum pernah hamil, pasti ga kebayang sama sekali apa tanda-tandanya, apalagi tiap orang pasti berbeda, bahkan tiap anak aja tandanya bisa beda. Saya sedikit sharing buat yang lagi deg-degan "Aduh ini hamil apa engga ya?". Memang agak susah bedain antara tanda hamil sama ga enak badan, hehe.

Baiklah waktu saya dulu, ini tanda-tanda hamilnya (beberapa terjadi sebelum dan sesudah haid telat) :
1.
Pusing di bagian kepala belakang.
Pusingnya pernah saya rasakan sekali saat dulu saya hamil (tapi keguguran). Beda banget dari semua rasa pusing yang pernah saya rasain, dan datangnya hanya sesekali. Jadi dalam hidup saya baru 2 kali merasakan pusing yang seperti itu.
2.
Suhu badan naik.
Entah kenapa saya beberapa kali bisa merasakan suhu badan naik tiap pagi hari, badan kayak yang lagi mau sakit, hangat tapi ga panas, dan cuma terjadi kalau bangun tidur.
3.
Perut kembung.
Aduh itu rasanya sama kayak masuk angin, tapi sebenernya kalau dilihat lagi kondisinya ga ada yang menyebabkan saya sampai masuk angin. Kembung kepengen sendawa terus dan terjadi seterusnya sampai hamil 2,5 bulan -___-
4.
Dada a.k.a P***D*** sensitif.
Terasa sakit kalau tersentuh, bahkan oleh baju sendiri. Katanya memang jadi lebih sensitif, meskipun biasanya saat mau haid juga sensitif, tapi waktu itu sih sensitif bangetttt, suka emosi sendiri kalau ga sengaja kesenggol baju, karena kok jatohnya malah kayak kesakitan.
5.
Kram perut.
Rasanya ga ada bedanya sama mau dapet, tapi terasa lebih ringan. Bagi saya sih sulit ya ngebedainnya.
6.
Pegal, Letih dan Lesu.
Seperti PMS, kondisinya tidak beda jauh, cuma rasanya lebih berat kalau menurut saya.
7.
Nafasnya jadi cepat.
Saya sadarnya kalau mau tidur, nafasnya kayak abis olahraga, terengah-engah gitu dan pendek.
8.
Batuk dan Pilek.
Saat hamil kondisi badan kita menurun, jadi resiko tiba-tiba batuk dan pilek itu jangan heran, mudah sekali sakitnya.
9.
Penciuman sensitif.
Layaknya memasuki kehamilan muda, saat belum tau kita hamil pun, saya udah bisa ngerasaain bau-bauan yang kata orang biasa aja, tapi kata saya kok baunya menyengat banget.
10.
Haid yang telat meski baru 3 hari.
Saya tergolong yang selalu teratur tiap bulan, maju-mundurnya hanya sehari, jadi begitu tahu telat 3 hari langsung deg-degan :p
11.
Beser.
Bagi sebagian orang ada yang sibuk buang air kecil terus, tapi saya baru terasa sering beser saat hamil 8 mingguan.
12.
Mual dan Muntah
Mual sih terjadi awal-awal, tapi sangat jarang, baru mulai efektif mual sekitar 8 mingguan hamil, kalau muntah pas udah hamil hampir 3 bulan.


What to do? Kalau ternyata sekiranya saya hamil.
Kalau yang saya lakuin waktu itu :
1.
Seminggu sebelum haid sama sekali tidak 'berhubungan' dengan suami sampai tahu apakah saya bener-bener hamil atau engga. Dan ternyata hamil, jadi 'puasa' dulu 2,5 bulan. Sisanya harap dikonsultasiin sama obgyn ya, karena tergantung kondisi rahim.
2.
Tidak melakukan kegiatan yang melelahkan.
3.
Konsumsi Asam Folat itu penting 4 bulan sebelum hamil, jadi harusnya sudah siap asupan folatnya.
4.
Jangan banyak naik turun tangga, kalau pun harus sebaiknya pelan-pelan (ini adalah pesan semua orang kepada saya, hehe jadi saya teruskan disini).
5.
Telat beberapa hari aja sebaiknya test pack, karena kita ga pernah tahu kandungannya kuat apa tidak, jadi ga ada acara nunggu 2 minggu telat. Karena dengan demikian kita bisa langsung ke obgyn.
6.
Banyak bertanya kepada teman-teman, saudara, atau orang tua sendiri tentang pengalaman hamil pertama.


Lalu ternyata benar saya positif hamil,
Sebarkan beritanya kepada keluarga dan teman terdekat, juga boss. Kata orang kehamilan sebaiknya diumumkan setelah lewat 3 bulan. Kata saya itu salah banget, karena kondisi hamil yang paling beraaaattt itu justru trimester 1. Kalau disekitar kita ga tau kita hamil, repot banget.

Hamil butuh kondisi lebih spesial, jadi sebisa mungkin mengabarkan orang terdekat supaya ngerti keadaan kita. Ga lucu kan kita disuruh lembur gara-gara boss ga tau kita lagi hamil, yang rugi nanti ibunya.

Baiklah, sekian informasi yang pernah saya rasain dulu, semoga bisa bermanfaat buat yang lagi dag dig dug, antara hamil apa ga enak badan biasa ya. Kalau ada yang perlu ditanya, silahkan, jangan malu-malu, hehehe.