lo(la)na by Fifi Alvianto
2011 - 2013

All rights reserved

More info contact :

fromfifi [at] gmail [dot] com
Tuesday, March 8, 2011

Pra Kehamilan

Menunggu 1, 4 tahun itu bagi sebagian orang bukan waktu yang lama, bagi saya sendiri menunggu itu ternyata punya makna. Pertama menikah semua orang disekitar kita akan sibuk bertanya,

"Sudah isi belum?"
,
"Kapan nih nyusul?"
(versi ibu baru punya anak).

Bisa dibilang pertanyaan seperti itu sebetulnya hanya pertanyaan basa-basi kalau baru ketemu, dan saya masih bisa nyengir manis sambil menjawab,
"Sudah, tadi diisi ketupat sayur" (jawaban kepada 100 ibu-ibu yang bertanya pada saya saat Lebaran *lebay heuheu).

Waktu pun berlalu, memasuki usia pernikahan 6 bulan sudah ada pada tahap bertanya pada diri sendiri hmm, kok belum hamil juga ya?, yang lain baru juga nikah langsung jadi.
Pertanyaan orang sudah berubah kali ini, "Belum isi yah? udah coba pengobatan alternatif, atau pijet, atau bla bla bla?", seolah-olah ada yang salah sama tubuh saya.

Mungkin sudah terdengar agak terganggu, hingga saya pun gregetan untuk membuat perjanjian bertemu dengan dokter kandungan alias obgyn.
Saat itu dokter hanya memeriksa rahim, dimana semua tampak sehat tidak ada kista, dan dia tidak menyarankan untuk kami berdua melakukan test macam-macam, mengingat masih dibawah 1 tahun usia pernikahannya.

Hari-hari dilalui seperti biasa, sembari menjawab pertanyaan-pertanyaan "Kapan Isi?" dengan setengah hati.
Ternyata saya dan suami diberi banyak kesempatan untuk hidup berdua sementara waktu, disitu kita selalu isi dengan berlibur hampir setiap bulan dan kami benar-benar memanfaatkan momen itu. Bisa dibilang waktu yang saya habiskan benar-benar menyenangkan. Mengingat tanggung jawabnya baru untuk diri sendiri dan suami.

---------------------

Memasuki 10 bulan, tanpa disangka, ternyata saya hamil. Namun kehamilan itu saya ketahui setelah keguguran. Saat usia pernikahan seumur ini, saya ada pada tahap tidak mau ge-er kalau pun telat haid, makanya begitu telat, cuek aja ga pake test pack, sebab sebelumnya saya selalu meratapi benda itu yang garisnya cuma keluar satu.


Keguguran saat itu dipicu karena saya baru saja dari Palembang dan Bandung 4 hari berturut-turut, dan otomatis fisik saya pun lelah. Kejadiannya malam hari, saya ga bisa tidur karena perut rasanya kram, dan keluarlah darah. Saya hanya mengira itu sekedar haid biasa, sampai akhirnya 2 hari kemudian darah berhenti total (sepanjang pengalaman saya haid, darah itu baru berhenti setelah 7 hari, jadi shock berat baru 2 hari udah bersih). PS: Penting diperhatikan, darah keguguran itu warnanya hitam, sangat kental hampir seperti jelly padat juga tidak berbau.


Ga pake efek apa-apa, badan rasanya baik-baik saja hingga 2 hari kemudian, dari punggung, dan pinggang ke bawah, sakit semua. Kayak abis ujian lari, pegelnya parah. Terus saya juga ga bisa bangun dari tempat tidur, bisa dibilang ga punya tenaga untuk itu. Akhirnya dengan cueknya saya cuma istirahat 3 hari dan baru memutuskan ke obgyn.


Obgynnya cuma bisa bilang, itu kantung rahimnya masih ada, tapi kemarin sudah keguguran. Kalau muka saya bisa di shoot, mungkin akan tampak melongo seperti habis kecolongan, cuma malingnya uda keburu kabur, shock berat. Dokter tidak menyuruh saya langsung kuret karena kegugurannya abortus spontan, jadi cuma dikasih obat. Ya nangis akhirnya pas perjalanan pulang. Maafkan ya nak, bunda ga tahu kalau ternyata hamil, padahal gejala mualnya udah muncul.

---------------------

Usai keguguran, saya dan suami akhirnya mencoba program kehamilan dengan mengontrol semuanya. Kita diberi vitamin E untuk kesuburan dan saya juga mengkonsumsi folat. Hamil itu ga akan terjadi kalau fisik saya lelah terus. Dimana setiap hari saya harus menyetir jarak jauh dengan kondisi kemacetan Jakarta yang jelas membuat stress. Bahkan saat itu sampai diniatkan mengganti kendaraan menjadi matic, demi program hamil dan mengurangi lelah. Proses panjang ini ternyata memang tidak membuahkan hasil karena saya tetap pada kondisi sangat lelah setiap harinya.


Sampai pada titik jenuh, saya pun akhirnya mengambil keputusan ternekat sepanjang hidup saya. Resign. Itu awalnya butuh mikir panjang, dimana sebelumnya karena pengen program hamil di 2011, saya mau unpaid leave 1 bulan, tapi malah berbuntut resign. Resign itu tidak ada dalam kamus saya sebenernya, tapi kejadian juga heuheu, dan tidak pernah akan menyesali itu.

---------------------

Resign pun sudah terlaksana, lalu apa program selanjutnya?

1. Ke Obgyn, minta dijadwalkan kapan waktu berhubungannya sesuai tanggal.

2. Istirahat total di rumah, dengan berleha-leha saja.

3. Meminum
Prenagen Esensis 2 kali sehari (tapi susu tidak menjamin jadi hamil yah, cuma karena doyan aja sayanya).
4. Mengkonsumsi vitamin dan folat.

5. Hanya melakukan hubungan sesuai jadwal yang dibuat dokter.

6. Makan masakan rumahan selalu.


Alhamdulillah, ternyata berhasil dalam waktu kurang dari 2 minggu sesudah resign, mungkin pas saya mau resign juga dikantor udah ga ngapa-ngapain dan saya pake acara cuti berlibur lama, jadi pikiran dan badan sama-sama santai.
Sekarang waktunya menjalani kehamilan dengan berusaha dijaga sebaik mungkin.

Bagi para calon ibu yang sedang menanti, tetap semangat selalu ya. Anggap pertanyaan-pertanyaan "Kapan hamil", dengan doa dan yakin aja, kalau rejeki itu sudah ada yang ngatur.
Makna kehamilan kali ini : Kami sadar, kenapa sekarang hamilnya, melihat kondisi kami berdua, memang sekarang waktu yang lebih tepat dibandingkan sebelumnya. Dan Tuhan sangat baik memilihkan jalannya disaat kami sudah lebih bersiap diri.

Ciaoo...
and Happy International Women's Day
Pssttt, post berikutnya saya mau berbagi Freebies :)

40 comments:

  1. hi fifi, salam kenal ya..
    aku nikah udah setahun lebih dan terkadang capek jg di tanyain 'sdh isi apa belum'..
    kalo boleh tau dulu pas program hamil, dgn dokter siapa?

    ReplyDelete
  2. @Grace Thank you.. :)

    @Vita ga program sampai segitunya, jadi obgyn siapa aja juga bisa, minta dibuatin jadwal masa subur sama minta vitamin & folat. Kalau mau beneran program yang pakai test-testan segala macem (supaya di cek kalau ada masalah) biasanya rekomendasi orang-orang di RS Sam Marie.

    ReplyDelete
  3. Ceritanya sama aku ma suwamiku sdg ikhtiar punya keturunan, aku baru 1 th bulan ini menikah.
    sempat kepikir utk resign, tp msh blm bulat tekadnya..:)
    aku skrg lg minum asam folat, vit e, kadang minum susu prenagen esensis, rajin baca surat As Safaat..semoga membuahkan hasil. Amin

    ReplyDelete
  4. Hi Irma,
    Aminnn, semoga yah berbuah hasil. Yang pasti fisik dan pikiran harus mendukung. Karena stress sedikit ngaruh, walaupun susah memang ngehindarinnya hihi. Makanya mgk pas resign ga ada kegiatan jadi pikirannya santai terus. Gudluck ya :)

    ReplyDelete
  5. hehe membaca postingan ini jd ngakak semua yg dialamai wanita menikah sama hehehe pa lg klo si perut g kunjung membulat.
    aku jg melakukan program yang sama, sayangnya no 6 susah.. hehe

    ReplyDelete
  6. Hehe klo no 6 kan bisa diganti sama masakan rumahan dari ibu kantin :)
    Yang pasti kurangin jajan yang ga sehat aja.

    ReplyDelete
  7. Hi mba. Aku baru baca nich artikelnya. Akupun dlm kondisi serupa yang selalu ditanya kapan punya anak dan sudah keduluan sama temen2 yang baru sebulan nikah langsung hamil *sigh*. Aku hampir 10 bulan nikah, dan belum hamil. Tapi rencana habis lebaran ini mau cek ke obgyn. Artikel mba fifi membangun semangat aku lg. Allah pasti kasih rejeki tanpa diduga2. Insya Allah berlaku juga halnya ke aku dan suami. Thanks mba :)

    ReplyDelete
  8. Tetap semangattttt!!! Hehe ga pernah tau yang namanya rejeki kapan dikasih, yang penting kitanya tetep bisa ngejalanin dengan terus berusaha :)

    ReplyDelete
  9. Haiii..
    kalau boleh tau, biaya program kehamilan itu berapa ya? tertarik juga untuk ikutan :)

    ReplyDelete
  10. pendatang baru nihhhh
    aq juga pernah mengalami keguguran tepat usia janin ku 2 bulan dah sedihnya, di hari ulang tahunku pula..
    Sekarang ini aku lagi program tapi suami kerjanya jauh kali di Pangkal Pinang sementara aku di medan.Jadi susahkan????
    Malah keluarga pada nanya lagi kapan ngisi lagi, kadang mau nangis lho hexhexhex....

    Sekarang mumpung suami masih di pangkal pinang, aku coba minum prenagen perencanaan ini masih bulan kedua..

    Doa in ya!!!!

    ReplyDelete
  11. Aminnn, semoga berhasil yah. Rejeki anak uda ada yg ngatur, jadi selama udah usaha tinggal pasrah aja nunggu hasilnya :)

    ReplyDelete
  12. Hallo...
    ikutan sharing donk, aku juga udah nikah 10 bulan tapi belum hamil juga. Kemarin juga sempet periksa rahim aja, tapi alhamdulillah ga ada yg aneh. Disuruh nunggu dulu kalo sudah sekitar 1 tahun sama dokter. cuma diminta minum vit. E.
    dulu mba fifi minum vit. E apa???folatnya pake folafit??

    ReplyDelete
  13. Hallo juga....
    Aku dulu minum folavit juga, tapi sebenernya suplemen asam folat merk apapun bagus kok.
    Semangat yaaa :) Rejeki kan sudah ada yg ngatur, tinggal berdoa dan berusaha...

    ReplyDelete
  14. Hiiii sista, salam kenal ya, aq Lydia ... Aq bnar2 suka dgn postingannya, sangat mirip dgn kondisiqu baru2 ini. Skrg aq sdg pemulihan n konsul ke obgyn utk program hamil berikutnya. Kisah sista menguatkan aq n bikin aq ngerasa ga alone n semangat agi. Thx yaaa ^^

    ReplyDelete
  15. Semangaaatttt, yang namanya hamil itu rejeki, dan rejeki itu sudah diatur sama Tuhan, kita tinggal jemput aja dengan berusaha sebaik mungkin :)

    ReplyDelete
  16. hai mb.fifi,mau tanya nih,dulu setelah keguguran bulan berikutnya mensnya tepat waktu gak?bulan kemaren aku biz keguguran nih :( tapi bulan ni mensnya blum dateng lagi.apa memang gitu ya?

    ReplyDelete
  17. Iyaa beda bbrp hari tp lgsg mens lg sbln abis keguguran...

    ReplyDelete
  18. halo mb fifi....:)
    wah...artikelnya suka bgt,,soalnya keadaaan saya ga jauh beda dengan isi artikelnya,,
    mau tanya nih mb,klo mb fifi dl minum prenagen esensisnya saat haid apakh diminum jg?
    trus kalo asam folat dan vit e nya pake resep dokter atw beli bebas di apotek?

    ReplyDelete
  19. Minum susu anytime itu krn aku doyan susu bukan krn pengen hamilnya :) tp ini bukan kepastian bikin hamil. Klo folat bebas dibeli dimana aja tanpa resep dokter.

    ReplyDelete
  20. hallo bunda fifi .. kita hampir sma, ak keguguran bulan des kemaren usia 3 bln, tpi stelah itu hnya mendpat mens pada bln feb, smape skg aku sdh telat 1bln .. Mau ngetes lagi takut hsilbya (-) lagi :( sdah ke dokter sih tpi disruh nunggu 2 minggu lgi bru dites .. Soalnya tanda* hamil sudah saya rasakan bun .

    ReplyDelete
  21. hai mba fifi met kenal ya, aku sk baca blognya tulisannya nyantai n enak dibacanya. he..he.. aku jg lm tgu si kecil hadir :) pas 2taon pernikahan br Tuhan kasih. tapi betul mba, waktunya Tuhan saat memberi momonganpun adalah waktu yang terbaik dan tepat bwt kita,yaitu saat kt siap. salam bwt kak lola yach *kiss

    ReplyDelete
  22. @Anonymous
    Waaah semoga kabar baik yaaaa...

    @Nita
    Hihi terima kasih, iyahh yang ditunggu belum dateng emang kadang bikin kepikiran tapi Tuhan tuh beneran tau kapan ngasih saat yang tepat ya.. Kiss Kiss from Lola :*

    ReplyDelete
  23. hi, thanx 4 sharing
    aku malah udah 2 taun merit,blom ada momongan :(
    udah ke dokter n urut sgala
    btw mnum vit E sama folat itu dlm 1 folafit,ato sendiri2?
    klo sdr2 merk vit E nya apa?please info
    thanx b4 :)

    ReplyDelete
  24. Merk vit E nya udah lupa hehehe, tapi semua merk kayaknya sama aja fungsinya. Lagian kan sebenernya vit E bisa didapat banyak dari makanan sebagai peningkat kesuburan. Klo Folavit itu cma folat aja.

    ReplyDelete
  25. Hai Sist.....hmmmm...aku juga ngalamin itu sist, apalagi yg kejar2 tu ibu mertua...rasanya sedih banget saat ditanya ini itu, bahkan uda suruh aku ke dokter, aku nikah 6 bulan yg lalu, aku bekerja sbg kary swasta di salah satu perush PMA, finance, suami seorang programmer IT di perush TBK, sama sama sibuk, sering kecapekan kalo plg kerja, jadi ga ada hasrat untuk "itu", paling kalo malem minggu ato pagi bangun tidur....haidh ku normal sist, dengan siklus maju 1 minggu, sekarang masih kepikiran buat konsultasi ke dokter ato tdak???kalo suami nyaranin untuk program ambil cuti dulu saat masa subur...kemudian berlibur.....saat ini aku jadi ragu, takut , khawatir, ....campur aduk perasaannya.......

    ReplyDelete
  26. Hiihiii i feel you. Menurut aku konsultasi itu ga pernah ada salahnya, krn kita jadi tahu harus gimana kalau mau program anak, ya biasanya kalau baru nikah dibawah 1 tahun masih pake cara natural plus sistem tanggalan, ga ada test-test segala. Nah kalau cuti mnurut aku penting ya, karena itu yang aku rasain dulu, kecapean terus dan akhirnya mutusin resign yang sehari-hari nyantai, dan alhamdulillah hamil karena emang ga ada beban pikiran dan badan fit. Tapi balik lagi, anak itu rejeki jadi harus dibawa pasrah meski uda berusaha :) semangattt..

    ReplyDelete
  27. Hallo fifi... Aku sukaaaaa postingannyaaaa :))
    Mau tanya apa msh simpen no tlp dr.dyah? Hari ini aku abis konsul sm beliau di RSIA.KCM tp ada bbrp pertanyaan sm obat yg beliau kasih ke aku yg blum jelas,drpd bsk balik kesana lagi mending sms/tlp aja hehe (pengiritan)
    Makasih banget ya say :)

    ReplyDelete
  28. Waktu itu ambil kartu namanya di Dokter Diah, eh sekarang dicari hilang. Dia baik bangettt suka ngejawab pertanyaan kita kalau konsul lewat telpon atau sms. Coba telp KMC aja utk minta nomornya. Ga nyimpen di HP soalnya waktu itu tukeran pin BB.

    ReplyDelete
  29. Dear fifi,
    Sama ketika aku married 7 bulan ada temen aku malah yang nanya anaknya udah berapa? pengen marah tapi biarin aja anggap aja doa.

    fi aku jg sebulan sebelum hamil juga keguguran dan ngak sadar.....alhamdulilah next 2 bulan rejeki datang lagi tapi ada pendarahan karena polip serviks kata dokter ngak terlalu mengganggu karena di cek janinnya sehat....sempet stress tapi masukan dari temen2 musti berpikir positif supaya "baby nya sehat momy nya harus sehat "

    ReplyDelete
  30. tulisannya bikin bersemangat lagi, mbak..
    awalnya aku sama suami sepakat menunda setahun dulu karna suami masih pendidikan di luar jawa setahun, pengennya hamil pas ditungguin suami. eh.. jadi galau gara2 ditanya sana sini "uda isi belum?", malesss bangetttt.. jadinya merengek sama suami pendingnya udahan aja, yux.. hehe.. skrg nyiapin badan biar siap utk hamil dua bulan lagi baru ketemu suami, semangat!! ^_^

    ReplyDelete
  31. wahh ternyata ga saya aja yg ngrasain hal ini ya.
    saya sampe berjanji sama diri sendiri, kelak kalo ada temen/sdr nikah, ga mau sok basa-basi nanya udah isi/belum?

    skrg saya br telat 3hari nih. Padalah biasanya siklus teratur. Baru nikah 2 bulan, tapi suami pengennya langsung punya momongan.

    Perut berasa begah & dada mengeras. Ini kayak gejala mau mens juga sih sebenernya :D

    Kemarin sempet minum anmum materna pas seminggu sebelum subur (berasa udah hamil, minumnya itu. wkwk) habis sedus ganti prenagen esensis.

    Sama2 saling mendoakan ya :)

    Sala,

    ReplyDelete
  32. Semangaaatttt ya semuanyaa :)
    Tuhan tau yang terbaik buat kita.

    ReplyDelete
  33. salam kenal mb fifi.. tnyata saya ga sendiri, ada jg yg merasakan hal sama.. pdhl baru 6bulan nikah, tapi kok rasanya org2 sekitar mikir kita kaya yang udah tahunan nikah terus blom dapet amanah juga :( kunciny cm bs terus usaha, bdoa & belajar pasrah, tuhan pasti ngasih rejeki diwaktu tepat disaat kita memang udah bener2 siap, betul kn mb??

    ReplyDelete
  34. Betul, let it be aja, nanti Allah akan kasih yang terbaik :)

    ReplyDelete
  35. ass. mb fifi.saya habis kuret tanggal 28 oktober 2012 kemarin,sedih rasanya.beruntung saya punya suami yg slalu memberikan suport dalam hidup ini dan ini adalah yg terbaik bagi kami.insyaallah segera dapat diberi kepercayaan untuk hamil kembali.amin

    ReplyDelete
  36. Hallo mba fifi,slm knl sblmnya,aq udah nikah selama lebih dr 3 thn,tp blm dikarunia anak:(..seneng ngeliat artikelnya pas blg rejeki memang sdh diatur,tp kdg2 kepikiran jg sih,smpt kepkiran apa aq resign aja ya..tp dirumah jg aq ga betahan..info dokter yg di sam marie siapa ya mba?thanks sblmnya.

    ReplyDelete
  37. Hi mbk Fifi... salam kenal dari q ... Fitri.... q suka lho ma artikelnya ini... bikin semangat dan bisa menghibur hehehe.... q sudah mau 4 bln nikah and pengennya sgera dikash debay tp sampai saat ini blm jg dikash.... tiap kali buka FB, baca sms or ketemu temen yg selalu ditanyain "dah isi belum?" haduh rasanya pengen marah n nangis ja hikshiks... ya sambil bercanda q jawab "dah q isi nasi, tahu, tempe, dll" hehehe... q dah minum PE jg sih baru hbis 1 box mskpun sbnrny q g doyan ama susu tp demi promil q paksain ja deh minumnya hehehe... baru 6 hari telat mens pengennya TP.... mlm beli TP, eh belum sempet pakek TP paginya dah banjir darah...haduh rasanya hancur banget smpek nangis2 hikshiks... eh kemaren mertua nginep di rumahq malah tanya "kamu ikutan suntik KB ya?, dah gak usah ikutan KB dulu, kan masih muda"... ya ampun rasanya pengen nangis ja.... siapa juga yg ikut KB, lha q jg pngen segera punya anak tp blm ja dikash ma Allah SWT.... ya Insya Allah setelah haid ini rencanaya q mw konsul ke dokter ja deh... q dah bosen ditanyain ini itu ma temen2... lebih2 ma mertua....

    o iya mbk Fifi... apa benar klo pas haid perut sakit itu bikin g bisa hamil? mohon jawabannya....
    thanks mbk FIfi

    ReplyDelete
  38. hi mba fifi..salam kenal..aku suka banget artikelnya loch.. mewakili banyak wanita yang mendambakan malaikat kecil..seperti aku.. doakan smoga cepet dikasih malaikat kecil itu yaa..

    ReplyDelete
  39. Salam kenal mba fifi...
    aku senang baca postingannya...
    jadi semangat lagi...
    aku udah 9 bulan nikah... tp msh belum hamil...

    seminggu ini aku & suami udah harap2 cemas menanti kepastian hamil atau tidak.. karena tamu bulanan udah telat 1 minggu.. padahal bulan2 sebelumnya g pernah telat...

    tapi ternyata... pagi ini datang tamunya...
    jadi sedih... :-(

    tpi setelah baca postingan mba fifi... plus baca komentar teman2.. aku jd optimis lagi...
    Allah pasti selalu memberikan yang terbaik utk kita... yg penting terus berusaha.. berdoa... dan berserah diri padaNya...

    Mudah2an... Segera Allah beri kami amanah... dg kehadiran si buah hati...

    Mohon doanya y mba fifi... dan bunda2 semuanya....
    :')

    ReplyDelete