Hore.. akhirnya saya bisa melihat langsung wajah bayi perempuan kami. Seperti yang diinformasikan di postingan sebelumnya, USG 4D ini tidak dilakukan di Kemang Medical Care (tempat biasa kontrol), kami memilih RSIA YPK Mandiri - Menteng karena konon Dr. Bambang Karsono ini terkenal ahli membaca USG 4D (kata review ibu-ibu).

Ingat ya, daftarnya wajib 1 bulan sebelum kedatangan, pas USG saya lagi kehamilan 28 minggu. Nah pengalaman kemarin ternyata untuk USG 4D ini kita sudah dikasih tahu nomor antrian dan jam kedatangannya, jadi ga pakai menunggu lama di RS, cuma 5 menit duduk eh udah disuruh masuk ruangan (sayang aja YPK itu parkirnya susah bener, harus di jalan raya).

Yang saya suka disini, liat gambarnya lewat TV Flat, jadi besarrrr tampilan babynya, dan ga pake pegal harus nengok menghadap layar mini USG. Prosesnya sendiri sekitar 40 menitan, lumayan lama karena bayinya ngumpet terus di balik plasenta (kalau lihat foto, plasenta itu yang kiri, menutupi sebagian wajah). Awalnya cuma setengah wajah yang keliatan, tapi akhirnya berhasil juga nengok ke Ayah Bunda, meskipun hanya 3/4 bagian.

Alhamdulillah semua organnya baik, cuma berat bayinya agak kurang sedikit. Kalau wajah, sudah tampak miriiiiippp banget sama Ayahnya, mungkin anak pertama perempuan kecenderungannya seperti itu (sama kayak saya, kata orang "Ini sih versi perempuannya Bapak, kurang kumis sama jenggot aja"). Terus kata pak dokter ini pipinya tembem bener (aha kalau ini berarti saya banget), dan yang lucu bibirnya pas difoto kok keriting? Kita termasuk beruntung karena babynya sempet menguap, "Besar betul nak itu mulutnya, hehe", jadi pas liat videonya lagi saya selalu ngerasa di USG 4D ini terasa hidup banget bayinya.

Hasil akhir USG 4D berupa foto album, dan CD berisi foto + video. Total biayanya sendiri masih dalam range normal IDR 670.000, hasil survey saya ke teman-teman untuk USG 4D range harganya IDR 450.000 - 800.000. Bila dibandingkan kepuasannya dengan USG 2D, saya akui USG 4D ini menyenangkan, tapi cukup sekali saat hamil hehe.

Ini adalah video kemarin (hasil video memang lebih buram daripada foto), pas bayinya nguap eh suami saya bilang, "Ih ini Bundanya banget, nguap terus.", huahaha, namanya juga hamil ya ngantuk melulu.