Friday, October 28, 2011

Imunisasi 2 Bulan
10/28/2011

Imunisasi 2 Bulan

"Before we go to the pediatrician, at Tamani Cafe Kemang", 2011
(Lola 9 weeks)

Hari itu Lola imunisasi Polio, DPT, HIB dengan berefek demam (sebetulnya bisa meminta yang anti demam, konon bedanya Rp. 200 ribuan lebih mahal). Oh ya kalau dengan demam DPT & HIB-nya sekali suntik, kalau yang tanpa demam DPT & HIB disuntik secara terpisah (2 kali). Pulang dari dokter dia menangis cukup rewel, sampai tidak tega melihatnya, tetapi Alhamdulillah hanya sebentar sampai akhirnya dia tertidur.

Kesimpulannya saya jadi tahu kalau anak demam itu seperti apa. Panasnya tidak sampai 38 derajat dan paginya sudah turun, baru benar-benar kembali normal suhunya sekitar siang hari. Kata dokter jika panas badannya, cukup di seka atau mandi dengan air hangat, lalu jika bekas suntikannya bengkak dapat diseka oleh air dingin (Lola tidak bengkak sekali, namun disentuh sedikit dia langsung teriak). Pengobatannya sesederhana itu dan yang terpenting menyusui terus. Jika diatas 38,5°C dapat diberikan Tempra Drops (minta resep aja sama dokter) dengan interval per 4 jam. Nah nanti kembali kontrol ke dokter lagi saat usia Lola 4 bulan.

PS :
Dokter juga menawarkan apakah kita mau vaksin PVC & Rotavirus, tapi menurut dia tidak sepenting itu, tinggal tergantung kita. Ya saya sih tidak ambil karena mahal dan tidak wajib, PVC sendiri 4 kali suntik, dengan sekali suntikan hampir Rp. 1.000.000, kalau Rotavirus tidak tahu berapa biayanya, tapi untuk bayi ASIX katanya tidak dibutuhkan. Untuk info lebih lanjut bisa di-search seputar PVC dan Rotavirus ini.

4 comments :

  1. ASS,, lam kenal y kak..
    kok kalo dsni pekanbaru yg tanpa demam itu sekali suntik ya kak..
    soalnya kmrn anakku jg imunisasi itu,, dan aq ambil paket yg g demam.. tpi suntiknya sekali kak..
    beda2 dokter kali y kak... hehhehe

    suka,, liat postingan kk :))

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam
    Iya beda-beda dokter beda cara mungkin.
    tapi enakan tanpa demam sekali suntik dong ya :)

    Trimakasih uda main kesini...

    ReplyDelete
  3. Kak Fifi.. mau tanya klo untuk Lana divaksin PCV ga?
    Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.

      Engga, Lola dana Lana tidak di vaksin PVC. Konsultasi dengan dokter juga tidak dibutuhkan katanya.

      Delete