Lola 11 months, photographed & designed by her mom

Sebelum mulai review saya mau info dulu, kalau postingan ini ga ada pesan sponsor, alias bukan beriklan tapi murni pengalaman saya selama 1 tahun ini. Huuhoooo Lola Agustus ini 1 tahun umurnya, time flies like a rocket, so fast. Baiklah tanpa perlu basa-basi mari kita bahas.

Must have baby gears :
1. Baby Bather (Carter's & Summer)
I just can't live without it. Mandi pake baby bather itu sangat amat memudahkan hidup, dari umur Lola 2,5 bulan sampai sekarang udah ga pernah lagi pake bath tub bayi karena ribet dan kurang bersih, jadi si baby bather ini sangat memudahkan pekerjaan memandikan bayi, tinggal di showerin aja, terus biar ga pegel mesti jongkok ya saya duduk di kursi kecil.

2. Sterillizer (Tommee Tippee Electronic Steam)
Merk sterillizer ini ga termasuk favorit tapi jadi benda yang sangat terpakai setiap hari, apalagi pas Lola mulai makan, kerasa banget kalau sterillizer ini spacenya besar, jadi muat masukin semua peralatan makan dia. Prosesnya agak lama 10 menitan, apa ini standar atau mungkin aja ada merk lain yang lebih cepet. So far sih puas karena tempat penampungannya gede.

3. Breast Pump (Medela Swing)
Semua breast pump standar kok fungsinya, tapi saya suka si Medela Swing yang super praktis ini. Suka males pake chargernya, jadi kalau pun pake baterai Duracell awet banget tahan lama, sampe sekarang belum pernah ganti baterai lagi. Keuntungan lain ya ada fitur memijatnya sebelum dipompa.

4. Carseat (Britax First Class)
Ini adalah barang paling berjasa untuk kegiatan ke luar rumah sehari-hari saya. Karena dari Lola umur 2 bulan sampai sekarang, carseat sangat meringankan beban saya di perjalanan. Ga perlu gendong dan ga perlu ngeladenin Lola yang suka lompat-lompat kalau ga di carseat (cape jagainnya). Tapi paling kerasa adalah, karena saya ngasuh Lola 6 bulan terakhir tanpa pengasuh (sempet ada pengasuh tapi cuma 2 hari terus mbak-nya minta pulang, grrr...) jadi kemana-mana berduaan dan hampir tiap hari saya nyetir mobil berdua Lola. Jadi ya penyelamat saya banget si carseat ini.

5. Child View Mirror (Mothercare)
Buat yang suka nyetir berduaan, kaca spion khusus carseat ini superrrrrrr membantu. Saya hidup ketergantungan pada benda ini, karena terlalu sulit liat bayi kita dari kaca spion, nah jadi si kaca tambahan ini sangat membantu melihat kondisi bayi kita saat sedang mengendarai mobil.

6. Travelling/Compact Stroller (Cocolatte iFlex)
Stroller bagi semua ibu terasa penting karena pasti cape juga jalan-jalan sambil gendong, nah tapi kalau uda sering banget berpergian akan kerasa butuh stroller yang kecil dan compact apalagi kalau ke mall yang liftnya antri, duh kadang males pake Quinny Zapp Xtra karena besar meski enaknya bermanuver & recline seat ngalahin si Cocolatte. Jadi tetep saya kemana-mana bawa 2 stroller, liat kondisi lokasinya aja.

7. Booster Chair
(Carter's Booster to Toddler Seat)
Jika memilih untuk tidak pakai high chair, bisa pakai booster seat untuk kursi makan bayi. Saya sangat suka dan selalu terpakai kursinya. Seringnya dipake di atas sofa biar kita bisa ngasih makan sambil duduk santai. Udah gitu bentuknya engga makan tempat dan ga bikin saya ngeri takut Lola jatuh kalau duduk seperti di high chair.

8. Bouncer (Fisher Price Newborn to Toddler)
Kalau bayi masih di usia belum bisa duduk, bouncer jadi tempat paling enak buat bayi. Karena praktis bisa naro dia dimana aja kita lagi mau berkegiatan di rumah. Stroller lebih enak tapi ya saya ngerasa lebih aman di bouncer. Apalagi kalau dipakai fitur vibrate-nya bisa bikin bayi ketiduran dengan gampang.

9. Travelling Pillow (Ben Bat)
Karena Lola sering tidur sambil duduk baik di carseat atau stroller, bantal ini adalah bantal wajib yang selalu dilingkarkan ke leher Lola supaya ga pegel dan tengleng kepalanya saat tidur. Efeknya juga dia tidur lebih nyenyak.

10. Small Food Processor (Pumpee)
Blender mini ini kepake banget sampai sekarang, ukurannya yang kecil sangat space saver. Takaran makan bayi juga lebih keukur berapa kira-kira yang diperluin, kalau blender besar agak sulit.


Everyday products :
1. Disposable Diapers (Huggies Ultra)
Ga mungkin banget ga pake popok sekali pakai (pospak), meski clodi bermanfaat dan lebih irit tapi yang namanya pospak sangat terpakai, apalagi saat berpergian. Kenapa milih Huggies, karena dari semua merk lain bikin Lola ruam dan daya tahannya sebentar banget. Sementara merk Huggies mantap dan ga bau pesing (eits bukan iklan loh ini :p).

2. Breastpad
(Mothercare Breastpad with Aloe Vera)
Udah banyak nyobain segala merk breastpad, dan cuma ini yang paling lembut, ga panas, dan ga gampang lepas dari bra. Harganya juga bersaing banget sama merk yang lain. Pokoknya bikin saya sampe ga mau ganti merk lain.

3. Sabun Mandi 2 in 1 (Cussons, Pigeon, Zwitsal)
Hahaha saya suka semua sabun, dan suka labil mau beli yang mana, jadi dirotasi aja lagi pengen yang mana wanginya.

4. Lotion Anti Nyamuk (Johnsons)
Ini lotion paling lumayan deh ga lengket hehe, wangi dan ampuh. Berhubung nyamuk di rumah ganas, kadang obat nyamuk ga bisa mengurangi jumlah nyamuk yang datang tak diundang itu.

5. Tissue Basah (Mamy Poko)
Alasannya karena tebal dan besar, kadar kelembabannya juga cukup, plus harganya lebih terjangkau.

6. Tissue Kering
(Paseo)
Ini tissue ga ada yang bisa ngalahin, cuma Paseo yang kalau ngelap basah ga langsung robek jadi kecil-kecil.

7. Hand Sanitaizer (BabyGanics)
Bentuknya foam jadi sekali pencet bisa langsung banyak untuk diratain ke tangan, terus bisa buat pengganti nyuci sendok kalau terpaksa lagi ga bawa sabun. Bebas alkohol dan membunuh kuman bakteri hingga 99%

8. Hair Lotion (Cussons Kemiri, Aloe Vera, Seledri)
Rambut Lola tipis, jadi dipakein ini dengan harapan jadi tebal, eh tapi ga tebel-tebel aja jadi ga ngaruh hahaha. Tapi produk ini andalan saya kalau pergi, kan Lola kepalanya suka keringetan jadinya kan bau, nah dikasih ini biar wangi kalau lagi digendong sama orang lain, jadi ga bau apek.

9. Diaper Rash Cream (Purol Zalf)
Ini produk yang aman kalau terkonsumsi bayi, dan intinya ampuh banget buat ngilangin ruam, atau merah gatel-gatel.

10. Obat Lebam (Trombopop)
Kalau anak uda ga mau diem, pasti yang namanya kejedut atau jatuh itu sering. Dan Lola itu sangat aktif yang mana dikit-dikit biru. Tapi kata dokter ada faktor turunan dari ibunya juga yang mudah biru-biru kalau sakit meski ga kejedug. Cuma ya tetep makein ini karena ga mau kulit anaknya banyak biru-biru haha.

Sekian review produk bayi untuk dibawah 1 tahun, semoga bermafaat ya.