Thursday, July 24, 2014

Sekolah Playgroup Lola
7/24/2014

Sekolah Playgroup Lola

"Kelas Kelompok Bermain", 2014
(Lola 33 months)

Jadi anak sekolah itu bukan perkara mudah ya ternyata, kenapa? Lola yang biasanya bebas bangun pagi jam berapa pun dia mau, kali ini jam 7 harus sudah bangun, mandi dan sarapan, telat sedikit saja bisa telat ke sekolah meskipun jaraknya hanya 5 menit berkendara. Seperti biasa anak kecil mood-nya tidak dapat ditebak, tapi sebagai orang tua yang harus membantu anaknya untuk disiplin waktu, urusan sekolah bisa menjadi tanggung jawab yang tidak mudah.

Ini adalah sekolah Lola kedua, sejauh ini memang masih kurang puas dengan manajemen sekolah, namun yasudah dilanjutkan saja ke Kelompok Bermain Besar untuk tahun ajaran 2014-2015, karena bayar uang pangkalnya lumayan besar, sayang kalau harus pindah lagi dalam waktu kurang dari 6 bulan belajar. Silahkan cek pengalaman saya menyekolahkan Lola di artikel [ini].

Teliti memilih sekolah memang bukan sesuatu yang gampang, perlu dirasakan dulu sekolahnya, baru bisa ditarik kesimpulan, kalau kepalang tanggung tahu kekurangannya ya mau tidak mau tetap dijalankan, setidaknya anak juga bisa belajar mencari kenyamanannya sendiri dengan cara pemikirannya dia.

Di dunia memang tidak ada sekolah yang sempurna, tinggal bagaimana kita sebagai orang tua menyikapi dan menjalankan hari sang anak agar tetap senang berangkat ke sekolah. Selama Lola masih bisa pulang dengan ceria, dan saya masih bisa menemani dia setiap sekolah, rasanya masih tidak masalah untuk dijalankan.

Mengingat jaman saya sekolah dulu, rasanya juga tidak ada sekolah yang saya rasa oke, meskipun secara fasilitasnya sudah sangat lengkap. It's all about the culture, budaya yang diterapkan harus baik kepada seluruh staff dan guru, maka saya yakin akan menghasilkan sekolah yang luar biasa hebat. Kalau tidak ada kekompakan antara manajemen dan pengajar, rasanya sulit ya bisa menciptakan suasana kondusif yang terlihat oleh orang tua murid.

Selain itu mungkin kedepannya saya akan lebih memilih sekolah yang menanamkan nilai Islami, agar anak-anak sejak dini dapat memahami agamanya dan belajar tentang surat pendek, doa dan sholat. Semua cita-cita orang tua adalah menjadikan anaknya anak yang soleh dan solehah, didekatkan dengan Sang Pencipta, Allah SWT.

Semoga menjadi pelajaran bagi saya sebagai orang tua, untuk lebih berperan lebih terhadap pendidikan anak-anak. Mereka masa depan keluarga, jadi apa yang kita berikan setidaknya dapat menjadi harapan terbaik yang bisa kita lakukan.

Selamat bersekolah Lola.

2 comments :

  1. lola sekolah dimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolahnya ada di link artikel. Bisa di klik langsung kalau mau tahu :)

      Delete