Friday, October 24, 2014

Barbie's Day Out Jakarta
10/24/2014

Barbie's Day Out Jakarta

"Barbie's Day Out Press Conference", 2014

Siapa yang tidak mengenal Barbie? Saya memainkannya sejak kecil, dan hingga detik ini seluruh Barbie saya masih terawat dengan baik, bahkan sepatunya sebanyak 12 pasang masih lengkap berjejer rapih di kotak mainan. Sebelum bercerita panjang lebar tentang Barbie's Day Out itu apa, saya ingin bercerita tentang pengalaman pribadi saya dengan Barbie.

Saya ingat waktu itu masih SD kelas 4 dan saya mendapatkan Barbie pertama saya "Hollywood Barbie" yang rambutnya bisa di spray pink. Momen bermain saya sewaktu kecil memang banyak dihabiskan dengan bermain Barbie dengan adik perempuan saya, kami merawat mainan dengan sangat baik hingga kurang lebih 10 Barbie kami tetap terlihat seperti baru walau sudah melewati perjalanan waktu selama 20 tahun.

Suatu hari saya menitipkan Lola ke rumah orang tua, karena sedang tidak ada pengasuh. Kemudian saat saya selesai dengan urusan pribadi dan menjemput Lola, saya kaget melihat ibu saya mengeluarkan sekotak mainan isinya adalah Barbie-Barbie saya sewaktu kecil dengan kondisi mulus dan warnanya tidak berubah gelap. Saya terharu sekali, ibu saya apik sekali menyimpan semua Barbie saya hingga akhirnya bisa dimainkan oleh Lola setiap kali kami mampir ke rumah orang tua.

Tidak menyangka juga momen Lola dikenalkan oleh Barbie justru saat bermain di rumah orang tua, karena saat itu saya belum terfikir untuk membelikannya hingga Lola berusia 3 tahun, dimana akhirnya dia memang mendapatkan Barbie saat ulang tahun ke 3.

Barbie bukan sekedar mainan, tapi saya tumbuh mengasah kreatifitas dengan bermain Barbie. Mulai dari imajinasi bercerita hingga membuat prakarya untuk Barbie banyak saya lakukan saat kecil, hingga akhirnya saat SMP saya tidak lagi memainkan Barbie dan saat itulah boneka Barbie saya disimpan rapih oleh ibu dan saya pun tak ingat lagi ada dimana Barbie-nya. Hingga 20 tahun kemudian, kotak itu kembali dibuka dan betapa terpananya saya oleh kondisi Barbie yang tetap baik.

Mewariskan mainan yang telah ada di dunia sejak 55 tahun lalu, memang menjadi sebuah memori yang tidak akan bisa mudah dijelaskan. Tapi yang penting bagi saya adalah keutamaan mainan ini bisa bermanfaat menjadi sarana edukasi yang baik. Karena saya melihat Barbie sebagai sebuah mainan pada umumnya yang sangat disukai anak-anak, dan tidak perlu merasa khawatir anak menjadi terobsesi pada Barbie dengan badannya yang jenjang atau seksi, karena saya sendiri mengalami masa bermain dengan itu dan tentu tidak mengalami gejala tergila-gila ingin menjadi Barbie. It's just a simple doll, like most of other toys. Sebagaimana anak laki memainkan robot atau tokoh kartun lainnya seperti superhero, rasanya tidak ada yang ingin berubah menjadi tokoh-tokoh itu.

"Barbie's Day Out Blogger Gathering", 2014
(Lola 37 months | Lana 13 months)

Kemudian suatu ketika saya dihubungi pihak Barbie di Indonesia, diminta sebagai speaker untuk mengisi press conference dan talkshow Barbie's Day Out dan saya pun tanpa ragu langsung mengiyakan, mengingat ini adalah mainan yang saya paham betul bagaimana perasaannya saat bermain dulu. Barbie's Day Out kali ini diselenggarakan pertama kali di Jakarta, tepatnya di Mall Kelapa Gading. Tujuannya adalah sebagai arena bermain anak khusus dengan sang ibu agar bisa lebih dekat dan tentunya melatih imajinasi anak. Oh ya disini juga ada psikolog anak yang akan berbagi ilmu bersama Mbak Ajeng Raviando.

Barbie's Day Out memilki beragam aktifitas seru, dimana akan diselenggarakan di 6 atrium mall, jadi siapa saja bisa hadir dan untuk masuk tidak dipungut biaya alias gratis! Agenda utama di area Barbie's Day Out adalah storytelling, talkshow dan juga konsultasi bersama psikolog anak seputar Imaginative Play. Apa sih itu imaginative play? Tunggu post saya selanjutnya.

Jadwal :
6-12 Oktober 2014 - Lobby, Mall Kelapa Gading 3
20-26 Oktober 2014 - South Atrium, Bintaro Xchange Mall
3-9 November 2014 - Fashion Atrium, Kota Kasablanka
1-16 November 2014 -  Living Walk, Living World Alam Sutera
18 - 23 November 2014 - Oval Atrium, Summarecon Bekasi
1-7 Desember 2014 - Gandaria City, in front of XXI

Nah itu dia jadwal Barbie's Day Out selanjutnya, dan saya juga akan hadir mengisi talkshow dan games seru pada :
  • Minggu, 26 Oktober (14.00 - 14.30) - South Atrium, Bintaro Xchange Mall
  • Sabtu, 8 November (14.00 - 14.30 & 17.00 - 17.30) - Fashion Atrium, Kota Kasablanka
  • Minggu, 16 November (14.00 - 14.30) - Living Walk, Living World Alam Sutera
  • Sabtu, 22 November (14.00 - 14.30 & 17.00 - 17.30)) - Oval Atrium, Summarecon Bekasi
  • Minggu, 7 Desember (14.00 - 14.30) - Gandaria City, in front of XXI
Sampai jumpa nanti ya. Di momen Barbie's Day Out juga akan ada promo sale Barbie, jangan sampai terlewat ya jadwalnya.

4 comments :

  1. Wow. Wow. Wow. Super Wow.
    Kapan mba Fifi dan tim Barbie main2 ke Sby?

    Di sini jg banyak mal2 yang jual Barbie loh. Ditunggu banget kabarnya ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coming soon mbak Surabaya, doakan bisa ikut lagi kesana ya.

      Delete
  2. Acaranya seruuu.. Udah dua kali ke Acara Barbies Day Out. Yang pertama ikutan Blogger Gathering di Kelapa Gading sama mba Fifi juga dan yang kedua kemarin di Kota Kasablanka. Kebetulan lagi kesana dan pas banget jam 5 ada di sana. Jadi sempet ikutan games sama mba Fifi juga. Seru banget. Anak-anak juga betah disana. Kayaknya pengen ke acara Barbies Day Out lagi deh yang di Gandaria City nanti. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhhh, seneng banget uda bisa dateng dan nulis pengalamannya disini. Kalau gitu ketemu lagi di Gandara City ya. Jangan lupa sapa-sapa juga ya.

      Delete