Saturday, October 04, 2014

Usia Anak 1 tahun
10/04/2014

Usia Anak 1 tahun

"Hey Lana yang sibuk lari kesana kemari", 2014
(Lana 25 months)

Usia 1 tahun adalah usia yang paling saya suka di dalam fase membesarkan balita. Mungkin karena masih mudah diarahkan dan banyak mendengarkan. Melatih anak 1 tahun juga bagi saya cukup mudah karena respon yang mudah dicerna dengan baik. Berbeda dengan usia 2 atau 3 tahun dimana anak sering menentang apa yang diminta oleh orang tua dan penuh dengan banyak alasan untuk tidak menuruti orang tua.

Hasil analisa saya dari berbagai sumber website, menyimpulkan ciri-ciri anak usia 1 tahun yang sudah dilakukan oleh Lana adalah :

1. Meniru tingkah laku orang dewasa disekitarnya.
Biasanya Lana senang meniru saya saat sedang menelpon, dia ikut menggunakan telpon mainan. Atau saat ayahnya sedang sholat dia akan bilang "Awohh.. awoh.. (Allahu akbar - takbir)".

2. Memahami kata-kata dan ide dengan lebih baik.
Lana paling mahir memahami kata makan lalu dia respon dengan "Mam..", dan main dengan respon "Yuk..".

3. Melakukan eksperimen dengan benda-benda di sekitarnya.
Biasanya Lana melakukan eksperimen dengan semua benda bekas atau paling sering dengan botol bekas. Mulai dari digigit, dijilat, dilempar, dibanting sampe dimasukin ke tempat sampah terus ambil lagi.

4. Mengenali kepemilikan barang.
Lana selalu tahu yang mana sepatunya. Jadi setiap diajak keluar rumah dia bisa memilih sepatunya di rak, tanpa tertukar dengan milik sang kakak.

5. Mampu menunjukkan serta menyebutkan nama-nama benda dan gambar. 
Sepertinya Lana paling hafal dengan pesawat yang sering melintas di langit. Hmm dan bola, dimana semua yang berbentuk bulat adalah "Bol.." ucapnya.

6. Mengucapkan beberapa kata bersamaan.
"Pa tu? (Apa itu?)", adalah yang paling sering diucapkan bersamaan. Oh ya dan "Mi endong (minta gendong)", dan terpanjang adalah "Mo bobo di atas", yang mana sesungguhnya semua ini lebih cenderung terdengar seperti bahasa planet.

7. Umur 1 tahun belajar minum dengan cangkir.
Untuk yang satu ini Lana sudah bisa minum dari cangkir.

8. Mulai bisa makan sendiri. 
Trik makan sendiri biasanya memang dilakukan saat Lana lagi susah makan, jadi membiarkan dia sendiri yang mengambil dari piring. Duh jangan tanya ya seperti apa berantakannya, memang parah melihat nasi bertebaran dimana-mana.

9. Mengikuti perintah sederhana dan membantu menyelesaikan tugas sederhana.
Hahaha, ya saya paling sering nyuruh Lana untuk buang barang ke tempat sampah (dasar ibunya aja malas beranjak).

10. Mencorat-coret saat diberikan krayon atau pensil.
Sepertinya semua anak kecil saat dikasih pensil sudah pasti mencorat-coret.

11. Menikmati saat dibacakan kisah dongeng atau diajak bernyanyi lagu sederhana.
Hmm.. Dia jika dinyanyikan malah joged. Tidak tahu nikmat apa tidak, karena suara saya kan pas-pasan kalau disuruh menyanyi, hahaha.

12. Menumpuk benda.
Yup sudah bisa namun tidak konsisten. Antara menumpuk dengan dibanting saja lalu bisa tertumpuk.

13. Berjalan.
Dari 10 bulan, Lana sudah berjalan jadi sekarang sudah berlari sangat kencang, berjalan mundur, menaiki anak tangga dan tentunya bermain petak umpet.

14. Melempar dan menendang bola untuk mengajak bermain.
Ini setiap hari dilakukan, jadi kita yang cukup kewalahan menghadapi dia yang terlalu semangat.

15. Cemburu.
Waaaahhh kalau ini tidak usah ditanyakan seperti apa. Cemburu tingkat tinggi kalau Lana. Sepertinya belum pernah melihat dia tidak cemburu dan tidak merengek, kalau saya sedang bermain dengan kakaknya.

Nah fase awal usia 1 tahun ini, menurut saya sudah cukup menyadarkan betapa pentingnya peranan ibu untuk selalu membimbing anak, karena di usia ini mereka mempelajari banyak hal namun masih dengan mengira-ngira, kadang antusias, kadang langsung pesimis. Mulai usia 2 dan 3 tahun, menurut saya anak lebih mudah dilepas untuk berkeksplorasi dan cenderung menjadi mandiri.

Senang rasanya ketika milestone yang dilewati dapat berjalan sesuai dengan waktu pertumbuhannya Lana. She's a fast learner. Lebih cepat dari kakaknya Lola.

0 comments :

Post a Comment