Tuesday, December 02, 2014

Kebun Binatang Ragunan
12/02/2014

Kebun Binatang Ragunan

"Rehat sejenak", 2014

Tidak banyak yang mengetahui Kebun Binatang Ragunan atau Ragunan Zoological Park di kala weekdays sangatlah sepi. Apabila kita melewati area ini pada Sabtu dan Minggu, akan terlihat banyak kendaraan antri dan parkir hingga keluar area Kebun Binatang Ragunan, belum lagi suasana di dalamnya yang padat. Namun cobalah mampir di hari kerja, sangat sepi sekali.

Kebun Binatang Ragunan dibuka pukul 8 pagi, luasnya 147 hektar. Biasanya banyak yang sedang berlari pagi disini, karena selain udara yang sejuk, track larinya pun cukup panjang. Tiket masuknya murah, hanya Rp. 4.500 per orang, dan parkir kendaraan roda empat Rp. 15.000. Kebun binatang di Jakarta pertama kalinya dibangun pada 1864 di Cikini, sudah lama sekali ya. Pada tahun 1949 setelah kemerdekaan, Kebun Binatang Cikini diresmikan. Namun akhirnya dianggap terlalu sempit, maka dibangunlah Kebun Binatang Ragunan yang diresmikan pada tahun 1966.

Area Kebun Binatang Ragunan sangat luas tetapi saat saya kemarin kesini, hanya menghampiri area depan yaitu Pelikan dan Gajah Sumatra. Karena mampir pun hanya untuk keperluan foto Casa Elana. Banyak spot yang dapat dikunjungi di dalam sini. Ada Children Zoo juga dan di tahun 2012 lalu, saya bersama Anne dan Hanna sempat menghampiri Schmutzer Primate Center. Children Zoo tiketnya hanya Rp. 2.500 per orang sementara Schmutzer Rp. 6.000. Di dalam Schmutzer kita bisa melihat berbagai primata dan disajikan dengan atmosfer yang cukup unik. Tempat ini didirikan pada 2002 yang merupakan pusat primata terbesar di dunia.

Mengajak anak-anak kesini menjadi hiburan tersendiri bagi mereka. Selain memperkenalkan hewan dengan menambah ilmu pengetahuan, juga memberikan udara Jakarta yang lebih sehat dengan pepohonan rimbun bertebaran disini, ada 50.000 pohon! Selamat mencoba ya.

12 comments :

  1. Mbak Fifi fotonya pakai kamera apa ya? Tajem banget gambarnya baguss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake camera Nikon, lensanya yang 50 mm dan bukaan f1/4 :)
      Thank you ya.

      Delete
  2. kaka,keren-keren banget deh fotonya! Aku suka.... kalo boleh tau pake kamera apa sih ka? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini camera Nikon, lensanya 50 mm f1/4 :)
      Terima kasih ya.

      Delete
  3. iyaaa banget kaaa kalo weekdays enak banget. dulu jaman kerja dicilandak, aku sering makan siang bungkus padang makannya disitu sama tmn2 kantor. jadi kaya piknik hahaha. lumayan buat refreshing. tapi sayang bgt sih sekarang binatangnya kurus2 dan smutzhernya jg yah jd rada ga kerawat yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Thal, Schmutzernya agak scary gitu sekarang, beda sama pertama baru buka, masih fresh banget. Kepengen ngerasain lari pagi disini kayaknya seru.

      Delete
  4. Enaknya kesana hari kerja kali yah.. waktu itu kesana weekend malah ga jd masuk krn di gatenya aja ud full abis.. nice pics.. kemana2 bwa SLR atau camera pocket yah Fi? bisa info spek n brandnya? kalo ga keberatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weekdays kosong melompong, masuk gatenya aja bingung kok sepi ga ada kehidupan hahaha.
      Ini camera SLR Nikon, iya sering dibawa-bawa meskipun berat. Kepikiran mau ganti mirrorless aja biar ringan. Btw thank you.

      Delete
  5. mbak fifi, mau tanya... biasanya fotonya diedit di komputer lagi pake program apakah? ada filter atau settingan tertentu kah? soalnya saya pakai nikon jg tapi hasilnya kok lebih ke natural light (kuning gitu) sedangkan foto mbak fifi lebih biru dan lebih tajam kontrasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Aku pake Photoshop lagi. Di adjust kebiruan. Bisa pake Color Balance atau ctrl+B. Dicoba aja ya.. Kalau tajam bisa di bikin Sharp lagi disitu. Kalau mau lebih mudah dari handphone aja pake VSCO Cam :)

      Delete
  6. Makasi info nya mbak Fifi.. mau dicoba ah, suka deh sama foto-fotonya :)

    ReplyDelete