Blogging Tips : Layout

Tuesday, May 19, 2015

Ini adalah cuplikan wawancara saya mengenai Tips Blogging oleh LivingLoving.net. Terima kasih Nike dan Miranti. Mereka ini memiliki website dimana isinya seputar hal-hal super kreatif. Saya suka sekali melihat hasil-hasilnya yang sangat keren. Jadi kangen jaman kita ngantor bareng dulu ya, lantai 16 tercinta yang penuh dengan keseruan. Berikut hasilnya, yang saya copy paste dari website mereka.

LL : Ada tips bagaimana untuk menyesuaikan tema layout dengan konten blog?
Fifi : Blog atau website perlu menyesuaikan tema antara isi dan layout. Sebagai contoh blog the-alvianto.com berisi informasi untuk ibu yang biasanya tidak memiliki banyak waktu saat membuka sebuah website. Sehingga layout harus dibuat user friendly dan tentunya memiliki interface yang mampu menampilkan seluruh informasi dalam waktu singkat.

Selain itu post artikelnya banyak berupa teks, maka perlu memilih font yang mudah dibaca disertai jarak antar huruf yang cukup lebar agar mata tidak mudah lelah saat membacanya. Namun kalau blog-nya lebih fokus kepada fotografi dan tak terlalu banyak teks, maka membutuhkan layout dengan tampilan pixel maksimal melebihi lebar 500 pixel.

LL : Boleh kasih tips bagaimana memilih color palette untuk layout blog?
Fifi : Color pallete dapat disesuaikan dengan karakter diri atau warna favorit. Namun ada baiknya mengikuti tren yang sedang digemari. Saat ini lebih banyak yang menyukai warna monochrome atau plain putih. Hindari color pallete melebih 4 kombinasi warna. Kita juga bisa menyesuaikan pallete agar bagus kombinasinya menggunakan color generator yang banyak tersedia di internet.

LL : Apa saja hal penting yang sebaiknya ada di sidebar blog berdasarkan skala prioritas?
Fifi : Sidebar penting tapi jangan sampai  menampilkan yang kurang penting. Bagi saya foto diri atau Profile ID adalah poin utama agar pembaca merasa lebih mengenali sosok yang menuliskan artikel, merasa saling tahu atau kedepannya bisa betul-betul berkenalan di dunia nyata. Tidak ada salahnya menampilkan sosok penulis dalam foto sederhana.

Kemudian tuliskan sedikit penjelasan mengenai website kita. Karena tidak semua orang berinisiatif membuka halaman About. Lalu taruh social media link yang kita miliki, agar memudahkan pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang website tersebut.

Sisanya menurut saya hanya opsi, saya senang memasukan jumlah pageviews yang bertujuan:
1. Membuat pembaca yakin bahwa ini bukan website asal, artinya sudah banyak dikunjungi netizen. 2. Monetize, dimana website tersebut bisa menjadi lahan bagi advertiser. Kita juga dapat menaruh contact email pada sidebar atau message box bagi yang ingin bertanya kepada kita.

LL : Jenis dan ukuran font apa yang sebaiknya digunakan sehingga tidak menyusahkan untuk dibaca?
Fifi : Favorit saya tetap Din Pro walau tidak memakainya pada website. Intinya gunakan font tipe Sans Serif (tanpa kait) agar terlihat lebih modern.

LL : Apa saja tips supaya masing-masing elemen pada layout blog saling berkesinambungan?
Fifi : Kesinambungan itu menurut saya pada cara kerja website, harus user friendly sehingga apapun isinya tetap enak untuk dibaca dan mudah dalam menelusuri website tersebut. Semakin simpel semakin baik.

LL : Jika meminta bantuan web designer untuk customise layout blog kita, kira-kira berapa biaya yang diperlukan?
Fifi : Saat ini banyak layanan mandiri untuk pembelian layout profesional, tanpa perlu menyewa web designer lagi. Silahkan coba website Envato, banyak pilihan layout professional yang dapat kita custom. Harganya variatif, biasanya diatas $20-$50.

LL : Kalau kita ingin mengubah layout sendiri, software atau program apa yang sebaiknya kita pelajari agar bisa menguliknya?
Fifi : Website menggunakan metode dengan HTML Code, yang sebetulnya tidak membutuhkan software khusus, cukup belajar dari Google bagaimana cara memahami dasar-dasar kode HTML. Intinya jika sudah paham maka akan mengerti bagaimana mengoperasikannya. Saya belajar otodidak dan banyak membaca tutorial di internet mengenai cara membuat website. Namun kebetulan saya memang jatuh cinta pada multimedia dan mengambil jurusan ini saat kuliah.

LL : Saat ini banyak blog yang memilih tampilan minimalis dengan latar putih, misalnya Living Loving, The Alvianto, atau punya teman kami, Lucedale, Hello Sunshine, dan The Dusty Sneakers. Kalau menurut Fifi apa kelebihan layout minimalis seperti ini?
Fifi : Kelebihan layout minimalis maka seluruh artikel kita akan terlihat jelas dan lebih stands out. Selain itu pembaca lebih fokus pada konten. Saya sendiri awalnya tidak menyediakan lahan Ad Banner pada side bar namun akhirnya mencoba, sekedar ingin mengetahui seberapa efektifnya Google Ads pada website saya. Tapi lahan putih minimalis tentunya lebih terkesan rapi dan bersih yang harapannya mencerminkan karakter pemilik, dimana isi website juga tertata rapih.

Tips terakhir. Jangan lupa buatlah Index pada website agar pembaca mudah menelusuri website dan mencari artikel tertentu. Selain itu ini ibarat timeline, kita akan mengetahui berapa banyak post kita perbulan, sehingga lebih mudah dilihat.

LL : Terimakasih Fifi sudah mau berbagi seputar pengalaman mengulik layout blog. Bagaimana dengan kalian? Layout seperti apa yang bisa bikin kalian betah membaca sebuah blog?

Your most welcome creative mamas, good luck ya dengan Living Loving dan juga workshop-workshop serunya. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Tips blogging yg bermanfaat banget mbaaa.
    AKu suka layout blog ini. Yang bersih enak di mata.
    Tapii, aku sendiri masih acakadut banget untuk nge-layout blog sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bermanfaat :)
      Semoga makin mahir ya ngutak-ngatiknya...

      Delete
  2. Wah seru banget Mba, thanks untuk tipsnya :)

    ReplyDelete