Tuesday, June 16, 2015

5 Aplikasi Wajib untuk Edit Foto.
6/16/2015

5 Aplikasi Wajib untuk Edit Foto.


Sebagai perempuan masa kini, rasanya gadget menjadi sebuah benda penting dalam keseharian. Baik untuk mempermudah pekerjaan, melihat kegiatan seru teman-teman, hingga dipergunakan untuk membaca Quran dan mendalami agama.

Aplikasi yang wajib ada pada setiap gadget biasanya adalah Kamera. Setiap perempuan pasti senang menyimpan foto sebagai sebuah memori yang dapat dilihat kembali kapan saja. Lantas, sudahkah memaksimalkan aplikasi fotomu? Jangan hanya sekedar mengambil gambar, kemudian menyimpannya begitu saja, jadikan foto yang terekam menjadi lebih indah dan tentunya lebih artistik.

Jika kamu pengguna sosial media, tentunya aplikasi edit foto sudah tidak asing lagi. Melihat akun-akun para Instagrammer ternama terkadang membuat kita ikut berimajinasi ketika melihatnya. Walaupun itu hanya makanan atau pemandangan, tapi terasa begitu mengesankan. Kamu juga dapat seperti mereka. Sebab yang dibutuhkan hanyalah sebuah aplikasi dan proses komposisi.

Sebelum masuk kepada fase aplikasi, ada baiknya kamu memahami komposisi foto. Setiap foto sebaiknya memiliki 1 sampai 2 focus point, sebagai contoh foto dibawah ini. Kamu dapat memperlihatkan 2 kondisi yang akan diceritakan yaitu jalan dan gedung. Tapi sebaiknya tidak perlu menambahkan lagi. Tujuannya agar terlihat lebih fokus dan foto tampak clean.


Perhatikan kontras pada foto bila ingin terlihat menarik, kamu bisa membuat foto dengan komposisi setengah area adalah kosong dan setengah lagi adalah penuh. Atau setengah terang dan setengah gelap.


Apabila melakukan foto dengan banyak orang, maka kamu bisa memposisikan foto lebih ke kanan atau ke kiri, agar memiliki komposisi lebih menarik.


Foto dengan cahaya backlight akan menjadi sangat tricky. Tips dari saya, background harus  memiliki kontras yang menarik, misalnya cahaya matahari tenggelam, pepohonan, atau bisa saja area putih kosong. Tujuannya agar foto backlight memiliki komposisi yang jelas.


Terkadang kita bisa juga menemukan kondisi sebaliknya, yaitu cahaya berlebihan atau over expossure. Tips memaksimalkannya adalah dengan memposisikan diri menjauh dari ruangan mendekati arah matahari, sehingga hasilnya seperti ini. Seluruh ruangan menjadi hitam gelap.


Berikut adalah aplikasi edit foto favorit saya untuk gadget-mu.

1. VSCO
Aplikasi ini sudah memiliki advanced camera control seperti shutter speed, white balance hingga manual focus. Untuk mengedit fotonya pun disuguhi beragam filter menarik yang sangat menonjolkan karakter foto masa kini. Favorit saya adalah The Aesthetic Series dan Hypebeast X Vsco. Yang paling menyenangkan dari aplikasi ini, kita dapat melihat karya-karya foto creative people dari seluruh dunia yang menggunakan aplikasi VSCO.


2. Afterlight
Aplikasi ini hampir mirip dengan VSCO, tapi memiliki real 35mm film light leaks, dan filter lebih beragam. Saya gunakan aplikasi ini karena menyukai leaks yang disediakan. Selain itu menawarkan cara edit kontras foto yang berbeda dengan aplikasi VSCO.


3. Moldiv
Ini adalah aplikasi untuk Frame yang termudah dan terlengkap yang pernah saya gunakan. Tidak hanya itu, pengaturan untuk swap photo dan juga pemilihan foto tidak perlu repot bolak balik kembali pada halaman edit. Kita juga dapat sekaligus memasukan 9 foto yang ada pada galeri foto dengan hanya sekali klik. Pilihan frame juga beragam dari yang fixed width sampai bebas berkreasi ingin membentuk frame seperti miring ke kanan atau menyilang. Kolase frame juga dapat diubah background-nya.


4. FontCandy+
Ingin menambahkan teks pada foto tapi tidak ingin terlihat biasa? Atau ingin membuat poster semudah menggeser tombol-tombol edit tanpa perlu membuka Photoshop? Ini jawabannya. Favorit saya disini adalah kemampuan untuk masking. Dimana kita bisa membuat teks dari foto. Selain itu font yang ditawarkan juga bagus dan sesuai tren masa kini.


5. Instagram
Walaupun ini aplikasi sosial media, tapi saya suka sekali dengan fitur rotate yang mudah dan juga disertai Perspective Rotate, agar foto kita benar-benar memiliki garis horisontal atau vertikal yang presisi. Saya termasuk yang mempertimbangkan garis horisontal seimbang tidak miring. Tidak hanya itu, filter dan aplikasi editnya sangat user friendly dan simpel.


Semua aplikasi ini dapat diunduh untuk Android dan Apple Apps. Oh ya saat ini juga sedang tren warna-warna dominan putih, dan juga komposisi ektrim misalnya dengan memberikan area putih yang sangat banyak dibanding objek yang diambil. Selamat berkarya dan mencoba ya.


*Tulisan ini juga dipublikasikan pada blog.hijup.com 7 Juni 2015.

10 comments :

  1. Aaaahh.. Baru tau tuh yang FontCandy.. *langsung donlot*

    TFS ya Fifi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama-sama :)
      Selamat mencobaaa...

      Delete
  2. Sama! Sayapun penggemar VSCO. Rasarasanya foto saya yang biasa jadi bisa sedikit dramatis, hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pake VSCO serasa jadi photographer professional ya, hahahaha. Padahal cuma fotoin bocah. Seneng liat fotonya jadi kekinian xP

      Delete
  3. Nice info mba fifi, buat cewe kyaknya wajib nih punya aplikasinya, oo ya mba.. kalo afterlight ternyata berbayar ya..murah sih cuma 12.000 saja, tp akhirnya saya gak donlot yang afterlight, kalo saya cari yg gratisan biasanya.. Ogah rugi.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku perasaan lupa, bayar apa engga, hahaha, tapi so far oke, lumayan banyak pilihannya :)

      Delete
  4. Bermanfaat banget...langsung cobain satu-satu, deh. Makasih mba :)

    ReplyDelete