Friday, June 26, 2015

Bermain Dengan Kamera
6/26/2015

Bermain Dengan Kamera

"Good morning, my curly cuddly girl", 2015
(Lana 1 tahun, 10 bulan)

Pagi ini saya dikejutkan oleh Lana yang tidak seperti biasanya, dia mau diabadikan oleh kamera tanpa saya minta. Bangun tidur melihat ibunya sedang sibuk mengutak-atik kamera, lalu dia turun dari tempat tidur untuk mengambil bonekanya, dan berpose.

Saya baru saja berpindah aliran dari Nikon menjadi Fuji, sehingga masih banyak beradaptasi. 6 tahun terbiasa memakai Nikon DSLR membuat saya sangat canggung dengan pengoperasian Fuji Mirrorless. Namun sejauh ini puas, walaupun secara speed pengoperasian, mirrorless cenderung lamban. Jika dibandingkan antara DSLR dan mirrorless, keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Semakin banyak pilihan untuk kamera jenis mirrorless, saran saya jika belum terbiasa jangan membeli tipe yang high end, karena cenderung lebih rumit. Saya juga menyarankan untuk selalu mencoba terlebih dahulu sebelum membeli, dalam artian dapat mencoba milik teman atau jika di toko yang menjualnya ada display, bisa benar-benar merasakan pengalaman mengambil gambar dari berbagai cara, agar tahu kebutuhan kita seperti apa. Jika lebih tertarik dengan DSLR, sebaiknya gunakan tipe yang pemula, karena selain mudah biasanya jauh lebih ringan berat kameranya.

Pemilihan lensa juga beragam, saya senang sekali dengan Prime Lens, karena bukaannya (aperture) besar, dan juga lensa lebih ringan. Satu hal lagi kelebihan prime lens, adalah bokeh dan blur yang banyak. Membuat sebuah objek tampak lebih fokus. Ukuran 50 mm dan 35 mm paling mudah digunakan sehari-hari.

Memotret anak bukan perkara mudah bagi saya. Mereka selalu berlarian kesana kemari dan sering kali kabur saat melihat saya menggunakan kamera. Oleh karenanya saya selalu berusaha membuat kondisi seolah-olah sedang tidak memotret. Ketika mempublikasikan sebuah foto sesungguhnya dibalik itu ada puluhan jepretan yang gagal, bahkan sering kali gagal semua, hahaha.

Biasanya pada kamera terdapat setting khusus Sport, dimana kita dapat mengambil gambar yang bergerak cepat tanpa menyebabkan hasil foto terlihat goyang dan tidak fokus. Ini cukup ampuh digunakan saat sedang memotret anak-anak.

Oh ya saya berencana menjual lensa saya yang AF-S Nikkor 50 mm f.1/4 G. Jika ada yang berminat, nanti saya akan publikasikan iklannya. Oh ya dan jangan lupa juga mengikuti Ramadhan Photo Competition. Cukup foto dengan anak/orang tua/suami/teman, atau mungkin mau ootd juga tidak apa-apa. Caranya cukup cek artikel blog sebelumnya ya. Mudah sekali kok, hadiahnya tas senilai Rp. 1,300,000 dan ada 2 buah sehingga totalnya 2,600,000. Yuk segera, mumpung ini sudah weekend, bisa foto-foto dengan leluasa.

"Hello Dino", 2015
(Lola 3 tahun, 10 bulan)

10 comments :

  1. Semoga Kak Fifi bakalan share tentang tips menggunakan mirrorless Fuji, saya juga baru jadi pengguna Fuji, masih belum terbiasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa sama nihhh. Jadi aku beli bisa kasih tips. Masih ngulik banget... Nampak lebih rumit dari SLR, hahaha.

      Delete
  2. mba.. klo boleh tau itu foto lola bareng sama dino lokasinya dimana? ponakan saya suka banget sama dino, pengen rasanya ngajak ke situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ada di Mall of Indonesia juga mbak, tapi aku di Grand Galaxy Park, karena deket dari rumah. Kalau suka dino pasti seneng, karena bisa gerak-gerak kayak robot gitu..

      Delete
  3. Halo Kak Fifi. Fujifilm memang bikin mupeng, aku pun tergiur untuk beralih, kayaknya lebih enteng juga huhuhu. Ohya aku berminat kalo Kak Fifi jadi berencana ngejual lensa AF-S Nikkor 50 mm f.1/4 G, ditunggu iklannya ya kak Fi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaaa ditunggu ya iklannya, hahaha. Akunya nih yang belum ada waktu buat bikin posternya, hahahaha. Btw Fuji enak tapi harganya yang kurang enak kata aku, cenderung mahal buat lensa dll. Sama kekurangannya pengoperasiannya ga secepet SLR.

      Delete
  4. Mbak fifi, aku selalu suka sama warna foto2 nya enak diliat, ini di edit lagi melalui komputer ya? Di bikin warna apa sih? Sukaaaa banget liatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo juga, terima kasih yaaa.

      Iyaa ini di edit lagi di computer, cuma di tambahin warna Photo Filter Blue aja di Photoshop, udah ada tombolnya langsung kok :)

      Delete
  5. Hai mba fivi, boleh tau pake kamera fuji type apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake Fuji XM 1 lensanya yang 35 mm f.1/4 :)

      Delete