Friday, July 10, 2015

Hari Pertama Sekolah Playgroup
7/10/2015

Hari Pertama Sekolah Playgroup

"Selamat bersekolah Lola", 2015
(Lola 3 tahun 11 bulan)

Alhamdulillah, setelah 2 tahun ajaran lalu Lola bersekolah playgroup di Mutiara Indonesia International School, kini Lola menemukan sekolah playgroup baru (Lola mengulang kembali Kelompok Bermain, agar saat masuk SD umurnya mencukupi hampir 7 tahun). Senang sekali dapat melihat dia sangat antusias, tapi yang membuat saya jauuuuuh lebih senang adalah variasi kegiatan yang dilakukan di sekolah baru ini jauh lebih menarik dan seru. Karena di sekolah lama menurut saya tidak ada yang menarik sama sekali, bahkan 2 tahun disana tidak ada performance akhir tahun, padahal itu yang saya tunggu. Begitu masa orientasi disini, ternyata sangat berbeda dan akhirnya saya pun lega menemukan sekolah Islam yang in shaa Allah dapat menjadikan Lola anak sholehah. Bahkan kemarin pun sudah ada agenda bertemu pak Pos Indonesia, untuk mengirimkan kartu lebaran dengan isi yang dibuat oleh anak-anak dan ditempelkan perangko bergambar sekolahnya.

Jadi bersekolah dimana kah Lola? Kali ini saya tidak akan menyebutkan nama sekolah, karena saya merasa perlu ada perhatian lebih terhadap pengawasan dan penjagaan disana, sehingga saya memilih lebih waspada, meskipun saya yang menunggu Lola di sekolah. Di sekolah lama, peraturan cukup ketat dalam mensortir para penjemput atau orang yang tidak biasa masuk sekolah tersebut, belum lagi terdapat 2 layer pintu masuk yang dijaga ketat oleh sekitar 5 security. Sehingga sulit untuk orang asing dapat masuk ke area sekolah begitu saja.

Sekolah yang saya pilihkan kali ini adalah Playgroup Islam. Dimana yang membuat saya kaget dan antusias pada hari pertama bersekolah, anak-anak bermain di berbagai sentra, seperti sentra memasak, sentra bahan alam, sentra musik dan drama, sentra seni, dan lainnya. Kemudian mereka juga diajarkan untuk menghafalkan beberapa doa. Pada minggu kedua, anak-anak diminta menggunakan pakaian muslim pada saat bersekolah karena bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah contoh kegiatan sekolah dalam sehari :
07.30 - 08.00
Kegiatan Pagi
Absensi - Diajarkan menulis nama sendiri dan ditanyakan siapa pengantarnya.
Netralisir Emosi - Ditanyakan oleh guru bagaimana perasaan anak-anak pagi itu.
Morning Activity - Motorik halus dan kasar.

08.00 - 08.20
Kegiatan Berbaris
Membaca Ikrar, Membaca Mutiara Hikmah, Materi Keagamaan, Menari.

08.20 - 08.30
Persiapan Masuk Kelas
Toilet Training.
Drinking Time.
Password Masuk Ruangan - Menyebutkan kata pada flashcard yang ditampilkan.

08.30 - 08.50
Materi Pagi
Membaca Qs. Al Fatihah.
Membaca Doa Kedua Orang Tua.
Menyebutkan Sifat Allah.
Sharing Stories & Experience.
Gerakan Sholat.
Menyebutkan Urutan Bilangan Angka.
Mengenal Angka, Huruf, Warna, Bentuk, Posisi, Ukuran.
Diskusi Tema Harian.
Lagu Tema/Tepuk Anak Sholeh.
Short Expresssion.
English Song.
Vocabulary.
Buku Cerita.
Pendidikan Karakter.
Mengenal dan Menyebutkan Identitas Diri.

08.50 - 09.50
Kegiatan Inti
Bahasa - Misalnya berjalan di huruf A.
Math - Misalnya berjalan di angka 1.
Seni - Meremas bentuk O.

09.50 - 10.20
Pendidikan Makanan (Catering dari Sekolah Setiap Hari).
Mengantri Cuci Tangan.
Doa Sebelum Makan.
Pengenalan Isi Menu Makanan dan Fungsinya.
Mensyukuri Nikmat Allah.
Sikat Gigi.

10.20 - 10.30
Evaluasi
Berdoa Pulang - Qs. Al Ashr, Doa Keluar Ruangan, Doa Naik Kendaraan, Doa Penutup.
*untuk TK dilanjutkan dengan Iqro, Wudhu dan Sholat Dzhur berjamaah.

Ini adalah agenda hariannya. Karena Lola masih playgroup maka masuknya masih 3 kali seminggu. Adapun peraturan sekolah dalam penjemputan, tidak diperkenankan telat lebih dari 30 menit, atau akan dikenakan denda Rp. 25.000/jam.

Salah satu hal yang cukup membuat saya juga senang, adalah perbandingan muridnya yang banyak. Di sekolah lama hanya 8 anak (1 angkatan Kelompok Bermain) dan 1 guru. Sekarang ada 42 anak lalu dibagi menjadi 4 kelas. Sehingga Lola dapat berkenalan dengan banyak teman baru. Satu kelas pun terdapat ada 2 guru.

Semoga sekolah sekarang dapat menjadikan Lola lebih pintar dan kreatif. Sekolah ini juga menerima murid yang membutuhkan perhatian khusus, namun akan diminta untuk menyediakan shadow teacher. Oh ya untuk daftar masuk sekolah ini, sejak akhir tahun sudah full booked, sehingga perlu dari awal tahun ajaran jika ingin mendaftar untuk tahun ajaran depan.

6 comments :

  1. Halo mba Fifi. Menarik sekali PAUD Lola. Kebetulan saya juga tinggal di Bintara, Bekasi. Boleh tau kah ini dimana? Makasih mba Fifi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak, kita ngobrol di email aja yaaa, fromfifi(at)gmail(dot)com mbak email aku :)

      Delete
  2. Hai mbak fifi,
    Boleh sharing info mbak ini pre-schoolmya dmn ya? Aku lg cari sekolah buat anakku di deerah bekasi. Dan info yg mbak fifi share di blog ini pas banget sm yg aku cari buat preschool-nya anakku.

    ReplyDelete
  3. Assalamualikum mbak fifi. Menarik sekali baca blog-nya. Boleh tau sekolahnya ini dimana yah? :)

    ReplyDelete