Wednesday, November 04, 2015

Ciri Anak Pertama
11/04/2015

Ciri Anak Pertama

(Lola 4 tahun 2 bulan)

Usai browsing soal anak pertama, karena penasaran bagaimana caranya menghadapi anak sendiri, ternyata ini faktanya :
  1. Tangguh, secara mental terbiasa menghadapi masalah dan tantangan.
  2. Kreatif, karena biasanya anak pertama harus bisa mencari solusi sendiri, kalau biasanya adik kan tinggal tanya sama kakaknya.
  3. Sensitif, suka memikirkan pendapat orang, karena selalu diminta sebagai contoh teladan bagi adiknya.
  4. Bossy, soalnya punya adik bisa disuruh-suruh, hahaha.
  5. Lebih tidak nakal, karena peraturan dari orang tua lebih ketat di anak pertama dan berusaha menjaganya.
  6. Perfeksionis, sebab lagi-lagi selain hobinya mengatur, ingin yang terbaik, menaruh perhatian pada detail.
  7. Bercita-cita tinggi, bisa menyusun target dan mencapainya.
  8. Terorganisir, tidak suka sesuatu diluar kehendaknya.
Baca ini saya jadi ngerasa kok sama ya? Hahaha lah iya soalnya sama-sama anak pertama. Jadi beda banget menghadapi Lola dan Lana, karena watak anak pertama super kebalikan dengan anak bungsu. Kalau sudah tahu apa saja karakteristiknya, maka lebih mudah menyampaikan komunikasinya.

Lola dan Lana melakukan kesalahan. Mereka pernah menumpahkan air diatas laptop saya! Iyah LAPTOP. Mau nangis, kesel, sedih, marah, tapi ya Alhamdulillah saat itu layarnya tertutup jadi aman tidak masuk airnya. Walau nyaris saja membuat laptop ini melayang. Kemudian saya tegaskan kepada mereka untuk tidak melakukan hal itu lagi, eits yang keluar beda-beda reaksinya.

Lola serius meminta maaf dan bersungguh-sungguh mendengarkan saya. Dia merasa sangat bersalah kemudian tidak berani melakukan apapun. Lana? Cuek azah.......... Apa? Nuangin air ke laptop?? Iya iyaaa. (berlalu melupakannya begitu saja).

Padahal mereka sama-sama sudah paham konsep tidak baik, tidak boleh hingga larangan keras. Termasuk konsep jika salah dan meminta maaf. Dengan demikian maka saya pun perlu menambahkan ilmu Parenting dalam menghadapi 2 anak yang berbeda.

Karakteristik anak sulung dan bungsu ini memang cukup membantu dalam berkomunikasi, yang sulit itu saya sebagai anak sulung juga, jadi suka tidak merasakan kesalahan sendiri, pas giliran ngasih tahu anak jadi agak kagok. Namun semoga berguna cara mengetahui ciri-ciri watak anak pertama ini. Supaya tidak salah mengambil tindakan dan pendekatan.

PS :
Lola lagi pake lipstain.

4 comments :

  1. Wahaha. Saya tadi agak curiga sama warna bibirnya, ternyata emang pake lipstain yaa. Pake lipstain apa tuh mba Fifi? jadi iseng nanya deh kan. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa, ini pake Colorpop warnanya Beeper :)

      Delete