Monday, July 18, 2016

First Day of School 2016
7/18/2016

First Day of School 2016

"Selamat sekolah ya", 2016
(Lola 4 tahun 10 bulan | Lana 2 tahun 10)

Yeayyyy akhirnya Lana sekolah juga. Kali ini saya sekolahin Lana dengan sekolah berbasis bahasa Inggris dan berbeda dengan sekolah kakaknya. Hari pertama Lana sudah bisa mandiri tanpa nyariin saya, dan hari kedua sudah bisa ditinggal.

Yang saya suka dari sekolah Lana selalu ada weekly report, dan di week 1, berikut isinya :

"Topic : FACE and SENSES
This week, Alana enjoyed our Drama Play ("At the Beauty Salon") so much. She likes to pretend to be a hairdresser. She likes our story time. She gave her attention when teacher read story about "Princess and the Frog".

For art and craft, she made the "ear muffs" independently by sticking some cotton balls and painting it with some colorful paint. Great job!

However, she still needs some encouragement to speak more in English and involve more in our group class discussion."

Senang bisa melihat progress dia di kelas. Semenjak masuk sekolah dengan penggunaan bahasa Inggris, mau tidak mau saya pun berbicara sehari-hari dengan bahasa itu. Untung Lana termasuk yang mahir berbahasa, mengingat usia 1 tahun sudah lancar ngomong.

Untuk kakak Lola sendiri, sekarang dia sudah tahu konsep Allah adalah Tuhannya dan apa saja yang diajarkan di dalam agama Islam, termasuk mengerti sebab akibat lebih dalam lagi. Seperti misalnya apa yang menyebabkan seseorang bisa sakit demam berdarah.

Semenjak mereka masuk sekolah pun jadwal pagi saya LUAR BIASA HEBOH!. Bayangkan Lola masuk 7.20 dan Lana 8.00 kemudian jemput lagi bergantian. Belum saya kalau pagi kekeuh harus gambar alis dulu biar tetep paripurna, hahahaha. Seringkali saya pulang lagi ke rumah atau nongkrong sama buibu di sekolah. Yang pasti setiap hari jadwal saya padat mulai dari pagi sampai sebelum jam makan siang. Parkiran sekolah juga termasuk salah satu ujian saya tiap hari karena penuh terus.

Lalu apa yang bikin saya begitu senang dengan akhirnya mereka berdua masuk sekolah lagi? Bisa me time barang sejenak tentunya, hahaha. Untung sekarang belum ada PR, coba kalau udah SD, kayaknya kegiatan saya jadi ibu-ibu makin lengkap aja. Ternyata anak sekolah itu makin gede makin banyak ya tantangannya namun mereka juga makin nambah ilmunya.

10 comments :

  1. Halo, kalau boleh tau lana sekolah berbasis inggris tp tetap sekolah yg berbasis agama gt kah? Atau yg pure inggris dan pelajaran agama hanya 1 minggu 1x? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba..

      Ada pelajaran agamanya seminggu sekali setiap hari Jumat. Cuma emang bedanya sama sekolah Islam, beda bangettt. Dari kebiasaan dan tata cara kegiatan yang dilakuin. Tinggal balik lagi gimaana kitanya di rumah, hehe.. Lola soalnya udah banyak tahu tentang agama karena dari mulai belajar sampai pulang metodenya Islami banget. Beda sama Lana, lebih fokus di kegiatan non religius kalau di sekolah. Ada eskul Iqro juga tapinya disana.

      Delete
  2. Mbak boleh tau pertimbangannya apa memilih beda konsep sekolah untuk si sulung (Islami) dan si bungsu (Non Islamic Bilingual School)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kakaknya sama adeknya beda kepribadian banget mba. Jadi ibunya juga kasih pertimbangan yang beda. Nah kalau pemilihan Islami karena sebenernya aku memang prefer sekolah Islam, tapi berhubung Lana butuh pendidikan yang lebih ke sensory dan juga montessori, jadi mau ga mau dimasukin non islamic billingual. Lana juga fasih banget dalam urusan bahasa dari bayi, makanya nyobain pake full bahasa inggris. Tapi secara kepuasan mah sama aja mba. Tinggal lihat gimana kecenderungan anaknya aja.. Semoga membantu ya jawabannya..

      Delete
  3. Hai Mba Fifi..
    Salam kenal :)
    Kalau boleh tau si kakak dan si bungsu sekolahnya dimana kah?
    Anak saya saat ini masih kindergarten di sekolah berbasis montessori. So far memang anaknya enjoy sekali sekolah disana, dari sisi metode pengajarannya, dan anaknya jadi terbiasa berbahasa inggris :)
    Tapi mulai galau untuk sekolah SDnya nanti, kepikiran untuk memasukkan ke sekolah yg berbasis islami agar lebih menanamkan konsep agama sejak dini. Tapi pingin juga yang metodenya ga jauh2 beda ama sekolahnya sekarang karna takut anaknya kaget kalau nanti metode pengajarannya berubah drastis..Jadi mungkin mba fifi bisa kasih saran sekolah yang kira2 bisa mengakomodir itu :)

    Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Untuk saat ini kakaknya di Fitria dan adiknya di Kidea mbak...
      SD belum survey nih, masih galau hahaha... Tapi maunya SD Islam..

      Delete
  4. Boleh tau nggak mba sekolahnya dimana yang bungsu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang adiknya di Kidea mba.. Full bahasa Inggris dan masuk setiap hari untuk playgroup..

      Delete
  5. Halo mba fifi, salam kenal. Mba boleh tau ini sekolah dimana?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakaknya di Fitria dan adikya di Kidea mba.. Beda metode dan cara belajarnya...

      Delete