Tuesday, July 12, 2016

Jatim Park 2 Batu Malang
7/12/2016

Jatim Park 2 Batu Malang

"Batu Malang Trip - Jatim Park 2", 2016
(Lola 4 tahun 10 bulan | Lana 2 tahun 10 bulan)

Akhirnya terbit juga madingnya, hehe. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan update blog karena semenjak pulang dari Lebaran saya kembali nannyless, jadi ya otomatis cuma punya waktu lebih sedikit untuk bisa bikin artikel blog yang panjang.

Sedikit cerita, jadi trip to Malang ini sesungguhnya adalah dadakan. Ceritanya pas lebaran, Om saya nanyain mau ga ke Malang & Surabaya karena sepupu saya sakit, jadilah keluarga kami replacement-nya. Awalnya mikir, baru lebaran harus ngeluarin dana lagi (secara ya Idul Fitri itu selalu dihiasi dengan banyaknya dana yang keluar), tapi akhirnya kita iyakan karena mengingat pegeluarannya pun nanti tidak full, jadi hayuk berangkat.

Bayangin aja hari Lebaran di Bandung lalu langsung pulang ke Jakarta dan lusa kembali lagi ke Bandung karena memang kita semua berangkat naik kereta rame-rame dari sana. Perjalanannya yaaaaa 15 JAM AJUAH! Naik kereta selama itu sesungguhnya membuat saya tidak sanggup lagi mengulangi perjalanan yang sama karena pegalnya minta ampun, dan kereta sering berhenti sementara disaat saya sudah terlelap pun jadi terbangun lagi. Untungnya pulang dari Surabaya naik pesawat Garuda, perbedaannya sejam vs. 15 jam. Dan saya juga baru sekali menginjakan kaki di bandara Bandung, kecil sekali airport-nya baru keluar pintu udah jalan raya.

Jadi di Malang itu kami menginap di kotanya, bukan di Batu. Saran saya jika mau ke Jatim Park 2, menginap di sekitaran sana saja atau sekalian di Pohon Inn Hotel, itu yang di foto ada gedung semacam pohon tua. Perjalanan dari Kota Malang ke Batu itu cukup lama dan jauh sehingga akan melelahkan jika ternyata macet. Maklum kemarin liburan lebaran jadi padat, tapi untung di dalamnya lengang,

Di Jatim Park harga tiketnya bervariasi, ada yang masuk per tempat ada juga yang all-in-one alias terusan. Di area Jatim Park 2 ini ada Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park dan Pohon Inn Hotel. Kemarin kami masuk ke semua tempat.

Tiket Batu Secret Zoo & Museum Satwa Rp. 75.000 (weekday) dan Rp. 105.000 (weekend). Tiket Eco Green Park Rp. 40.000 (weekday) dan Rp. 60.000 (weekend). Tapi kami semua membeli tiket PAKET SAKTI Rp. 300.000 dimana bisa dipakai di semua tempat yaitu Jatim Park 2 (Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park), Jatim Park 1, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Museum Tubuh, dan Perdator Fun Park.

Alasan membeli ini karena selain hemat, bisa dipakai selama 2 hari. namun sayang ternyata tidak semua bisa kita uber. Kenapa? Karena Jatim Park 2 itu GEEEDEEEEEE! Termasuk beberapa tempat lainnya, jadi ya waktunya kurang dan kami juga kelelahan.

Oke mari masuk ke review-nya ya :
1. Batu Secret Zoo
Oh I LOVE THIS PLACE. Saya ga nyangka akan menemukan kebun binatang seindah ini dan tentunya bersih, nyaman, modern dan tidak bau. Saya berasa seperti sedang ada di Singapura yang clean freak. Semua binatangnya terlihat sehat dan disayang. Suasana didalamnya juga cukup atraktif untuk ukuran kebun binatang. Kandangnya juga ga sekedar kandang hewan, malah ada yang dibuat seperti playground anak TK.

Selain lengkapnya koleksi satwa, situasi di dalamnya juga informatif untuk dilihat, jadi beneran liburan yang super edukatif buat bawa anak-anak. Salah satu favorit saya adalah Flamingos, baru kali ini saya melihat keindahan hewan flamingo yang berwarna pink kemerahan secara langsung. Too beautiful. Kebun binatang Secret Zoo sudah bertaraf internasional, jadi jangan kaget kalau sampai sana terkagum-kagum.

Arenya ada Savannah, African Village, Eagles, Fantasy Land, River Adventure, Feeding Birds dan Mancing Harimau.

2. Eco Green Park
Awalnya saya kirain ya taman burung doang, ehhhh ga taunya ini taman pengetahuan terluas dan terlengkap, bayangin aja butuh waktu 2,5 jam buat jalan kaki didalam sini, padahal saya udah ngebut loh jalannya, hehe.

Didalam ada wahana Flaminggo, Insectarium, Walking Birds, Music Plaza, Jungle Adventure (ini naik mobil jip terus nembakin pemburu, jadinya permainan interaktif), Silase dan Hey, World of Pheasant, Pengolahan Sampah dan Biogas, Hidroponik Strawberry dan Jamur, Carnivora Garden, Rumah Terbalik, Water Outbound, Horticulutur Trap, Angry Birds, Monumental Candi-Candi, Basmi Hama, Science Center, Dome Multimedia, Cinema 3D dan Eco Journey.

Area burung dan unggas ada World of Parrots, Bird of Paradise, Duck Kingdom, Owl, Elang & Rangkok, Parkit Dunia, Bird Gallery, White Peacock, dan Pasar Burung.

Makanya jadi 2,5 jam jalan kaki, dan pantesan banyak penyewaan e-bike alias mirip scooter yang penyewaannya Rp. 100.000/3 jam. Selama itu waktu yang dibutuhin untuk muterin semua yang ada disini sampai puas. Tapi ya jujur lebih baik pake e-bike sama anak-anak daripada dorong stroller.

3. Museum Satwa
One word can describe the place, EPIC!! Saya bengong dan ternganga melihat koleksinya dan semua diorama hewannya sebagian besar asli dan baguuuuusss bangetttt. Setahu saya mengawetkan hewan itu sulit, dan kemarin semua pergerakan hewannya dibuat sangat natural, padahal membentuk otot hewan yang sudah mati itu susah sekali.

Saya pikir cukuplah dikagetkan dengan ke EPIC-an bentuknya di awal masuk, eh ternyata kok ternyata museumnya gedeeeee bangettt. Saya bingung, ini koleksi hewan sebanyak ini kok bisa ya dikumpulin. Dari yang segede dinosaurus sampai sekecil serangga ada semua. Udah gitu tempatnya juga bagus. Diorama serangga aja ada yang dibuat bergerak, into details sekali.

Kemarin saya cuma sempat lihat sekilas, karena udah mau tutup jadi jalanya terburu-buru. Ah nyesel banget deh tau gitu pas istirahat ga kelamaan leyeh-leyeh biar bisa lebih lama disini. Buat kita yang ga pernah lihat binatang langsung apalagi yang udah punah, di museum satwa ini bisa menyalurkan hasrat penasaran itu. Dijamin senyum-senyum seneng lihatnya.

Nah itu dia review 3 tempat di dalam Jatim Park 2. Enaknya datang dari jam buka sampai mau tutup jadinya puas mau lihat semuanya. Semua tempat stroller friendly tapi ya enakan sewa e-bike. Kalau mau makan juga banyak pilihan dan muraaaah banget. Mungkin harga Malang dan Jakarta cukup jauh, jadi puas bisa jajan banyak pun.

Di kota Malang, ada salah satu resto khas yang wajib dikunjungi, namanya Inggil. Restonya vintage ala Jawa. Tempatnya selalu penuh jadi lebih baik reservasi. Makanannya enak-enak padahal saya tipe tidak suka makanan khas Jawa, tapi kemarin enak semua. Disini juga ada pertunjukan tarian khas Jawa.

Bagi yang mau ke Malang, diatur ya jadwal tripnya, karena sesudah ini saya mau bahas Museum Angkut. Jadi perjalanan ke Malang itu memang ga akan cukup kalau cuma sebentar. Kesimpulannya buat Jatim Park 2, AWESOME PLACE! Bangga deh Indonesia punya tempat seperti ini cuma sayang jauh yaa, kan mahal di ongkos kalau gitu.

PS :
Jika mau lihat foto dan wahana lengkap, coba cek ke website resminya aja. Kemarin saya keasyikan lihat sana sini sampe lupa foto-foto yang banyak.


2 comments :

  1. kalau saya minimal sehari di satu tempat supaya puas, apalagi jauh dan macet pas liburan Natal-Tahun Baru. Yang saya suka juga ada kolam renang di dalam Batu Secret Zoo dan tempat mainan khusus anak balita (wajib pakai kaos kaki). Souvenir di tokonya juga bagus-bagus dan berkualitas. Thanks for sharing mom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr harusnya sehari 1 tempat aja. Iya kualitas tempat di Batu Secret Zoo bagus yaaaa, masih ga nyangka ini ada di Indonesia bahkan di Malang. Sama-sama... Semoga bermanfaat..

      Delete