Thursday, July 14, 2016

Museum Angkut Batu Malang
7/14/2016

Museum Angkut Batu Malang

"Belajar sejarah moda transportasi yang super seru", 2016
(Lola 4 tahun 10 bulan | Lana 2 tahun 10 bulan)

Kata orang kalau jalan-jalan ke Malang ga afdol jika belum main ke Museum Angkut. Tiket masuk kesini murah, cuma Rp. 60.000 di weekend dan Rp. 80.000 di weekday. Dengan harga segitu bisa melihat koleksi moda transportasi yang sangat lengkap dan bagus.

Museum Angkut adalah tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi, dan baru beroperasi 2 tahun. Museum ini dibangun sebagai tanda apresiasi untuk perkembangan dunia transportasi nusantara dan dunia. Luas banget, 3,7 hektar! Selain luas, menurut saya detail sekali penataan semua eksterior serta interior.

Disini dibagi beberapa area :
Zona Edukasi
Ini adalah area pertama sesudah pintu masuk. Saya pikir museum angkut ini hanya ruang pameran saja, eh ternyata ada banyak areanya. Kalau disini isinya tentang sejarah transportasi, dan perkembangannya hingga saat ini. Mulai dari kereta kuda kerjaaan yang antik, sampai mobil-mobil mewah pertama di dunia.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia
Suasananya mirip di pelabuhan Sunda Kelapa. Banyak nilai historisnya karena disini karena menceritakan perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia pada masa Hindia-Belanda. Lucu deh ada replika toko kelontong jaman dulu, dll. Banyak spot foto buat gaya lucu-lucuan disini.

Zona Jepang
Secara Jepang terkenal akan moda transportasinya maka disini kita bisa melihat sejarah kendaraan seperti merk Honda, Suzuki, Kawasaki dan masih banyak lagi.

Zona Gangster & Broadway
Berasa lagi masuk film gangster dan broadway. Ada paradenya juga, mereka naik mobil dengan pakaian gangster dan selebritis. Suasananya mirip seperti di Universal Studios. Banyak juga yang memakai kostum ala gangster dan kita bisa foto bareng sama mereka.

Zona Uni Eropa
Zona Eropa sendiri dibagi menjadi beberapa area yaitu Inggris, Jerman, Italia dan Perancis. Di area Inggris, ada mobil yang digunakan oleh ratu Inggris. Anak kecil juga bisa naik mobil listrik disini dan mengelilingi istana. Kerennya lagi ada taman bunga yang berada di depan replika Buckingham Palace. Kalau foto disini ga berasa kayak di Malang karena beda banget. Spot area Jerman, Italia dan Perancis juga seru, banyak sekali tempat foto keren di dalam sini. Ada replika landmark seperti Menara Eiffel, Menara Pisa dan Tembok Berlin. Buat foto prewed atau pascawed cocok banget, hihihi.

Zona Hollywood
Ceritanya lebih ke moda transportasi yang berbau film box office. Ada mobil James Bond, Batman, Scooby Doo, dll. Bahkan ada patung Hulk raksasa berwarna hijau ini terbuat dari onderdil mobil dan motor bekas.

Jam buka Museum Angkut setiap hari, mulai dari 12.00 - 20.00. Kalau lapar ada Pasar Apung disini. Konsepnya seperti di Kalimantan, jualannya beneran di perahu. Oh ya kemarin sempet ngobrol sama petugasnya, kalau mobil disini 90% masih bisa menyala, hebat yaaa. Memang terawat dan mulus banget sih. Jauh dari kesan ga keren. Buat yang perempuan dan ga terlalu ngerti soal mobil, pasti tetep seneng kesini karena emang seru dan instagramable banget.

2 comments :

  1. Salam kenal mbak, duh pass banget ngambil fotonya,aku jd termotivasi bikin blog travelling bareng anak anakku...top bgt mbak fifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo makasih ya udah baca.. Hihi seru bikin blog travelling, kalau udah beberapa tahun bisa lihat tulisan lama pas mereka masih lebih kecil, rasanya priceless...

      Delete