Sentosa Island Singapore

Sunday, September 24, 2017

“Sweet Escape with The Alvianto’s”, 2017
(Lola 6 tahun | Lana 4 tahun)

Halo lagi Singapura, salah satu tempat favorit kita untuk sweet weekend escape. 3 bulan yang lalu kita baru dari sini dengan anak-anak, dan tentunya Singapura selalu menyenangkan. Jadi kemarin kita pun kesini lagi buat nyobain liburan dengan suasana lebih tenang di Sentosa Island, kalau orang biasanya dengar Singapura, identik dengan liburan di tengah kota yang sibuk, kali ini pengalaman yang baru. Artikel aku akan dibagi menjadi 3 bagian biar gampang bacanya, Akomodasi (Hotel), Tempat Bermain dan Tempat Makan.

Akomodasi di Sentosa

Tahun lalu kita menginap di Sofitel Sentosa, ini review-nya (LINK), dan tahun ini kita nyobain Amara Sanctuary Resort. Kalau suka suasana yang klasik dan atmosfer tenang, ini alasannya kenapa kamu bakalan suka sama resort ini.

Amara Sanctuary Resort Sentosa adalah luxury resort dengan Suites, Villas dan Mansions sebagai pilihan tempat menginapnya. Ga cuma enak banget buat nyantai, tapi bisa bikin pikiran kembali segar. Cuma beberapa menit doang loh dari tempat bermain di Sentosa.

Arsitektur resort-nya bangunan antik khas kolonial Singapura dicampur dengan gaya kontemporer, dilengkapi dengan tropical landscape. Jadi bakalan lihat banyak pohon pas buka jendela, asri banget, beda sama kalau buka jendela kamar hotel di tengah kota Singapura. Oh ya banyak burung merak juga berkeliaran disini.

Kamar kita The Verandah Suite, kamar luas dengan tempat tidur yang unik dan lega tentunya, ada ruang tamu yang nyaman, dan kamar mandi ber-bathtub plus besar karena terpisah jadi 3 bagian, shower room, toilet dan area bathtub, oh ya sama ada terasnya juga. Bener-bener deh relaks banget, apaagi pas berendam di bathtub setelah seharian cape main. Suara alam yang sunyi dan tenang, kayak lagi di pegunungan.

Maaf ya lupa deh fotoin bagian kamarnya yang cantik, soalnya keburu diberantakin anak-anak yang heboh loncat di kasur begitu kita check-in. Jadi sebagian aku pajang dari official photos website Amara ya.

Bermain di Sentosa

Hari Pertama kita di Sentosa Island, datengin atraksi yang serba gratis. Kita lihat Animal & Birds Encounter Show, semacam pertunjukan binatang, anak-anak seneng lihat ini. Terus nyobain naik jembatan gantung, lokasinya di Palawan Beach, yang katanya terkenal banget jadi tempat Instagramable.

Tips dari aku, jangan lupa bawa baju renang, supaya anak-anak bisa main di Palawan Pirate Ship, gratis! Waterpark ini lokasinya di Palawan Beach, dan abis itu mereka bisa juga berenang di pantainya. Disini ada 3 pantai Palawan, Siloso dan Tanjong Beach.

Terus dari situ kita ke event yang lagi diadain di Sentosa, namanya Sentosa Sandsation, banyak pahatan karya yang super tinggi dari pasir, yang dulu aku cuma bisa lihat di TV karena jarang ada event seperti ini.

Malam harinya kita nonton Merlion Magic Lights, bagus banget permainan cahayanya, mana pake hologram juga. Oh ya jangan lupa sebelum kesini cek jadwal event gratisan yang ada di Sentosa lewat website mereka www.sentosa.com. Banyak banget kok yang gratis-gratis buat kita lihat. Seru dan lumayan yaaa ga keluar uang, hahaha.

Hari Kedua, kita pakai 2-DAY FUN PASS, yang mana kita jadi punya tiket main di Universal Studio Singapore seharian, dan main di 20 atraksi di Sentosa pada hari lainnya. Boleh pilih kok mana yang mau dipake duluan harinya. Jauh lebih murah dan hemat banget!!

Kalau kamu belinya 2-DAY FUN PASS cuma seharga S$ 175 (dewasa) dan S$ 145 (anak-anak). Tapi kalau kamu beli tiket atraksinya satuan per tempat, jauuuuuuuh lebih mahal, totalnya bisa bayar S$ 483.90. Jadi si FUN PASS hemat sampai 60%. Secara ya ibu-ibu kan maunya yang lebih aman di budget dan milih saving the money. Biar bisa dipake buat belanja aja, hahaha. Kalau mau tahu lebih lanjut ada varian apa aja si FUN PASS disini ya (LINK).

Atraksi pertama yang kita datengin, S.E.A. Aquarium, tahu ga mereka punya panel kaca terbesar di dunia! Asliiiiii gede buanget! Jangan lupa cobain beli cotton candy yang glow in the dark, anak-anak pasti suka banget. Di dalam S.E.A Aquarium kita bisa lihat juga penyelam ngasih makan lumba-lumba. Intinya sih disini banyak banget yang bisa dilihat aquariumnya, karena emang gede tempatnya.

Abis dari aquarium, kita ke Trick Eye Museum Singapore, museum sekelas internasional ini ternyata sekarang udah 4D dan aku baru tahu kalau asalnya dari Korea. Oh ya sebelum masuk kesini sebaiknya download dulu Trick Eye Museum AR app (available for Apple iTunes Store & Google Play Store).

Jadi disini sudah pakai augmented reality technology, nah pas kamu foto-foto dan ngerekam dari handphone bisa bergerak semua gambarnya, serasa jadi hidup beneran. Bagus-bagus banget animasinya. Sampai ga mau ada yang kelewatan spot fotonya. Di foto aku ga ada, karena kemarin kebanyakan bikin video pake si apps-nya.

Destinasi atraksi ketiga yaitu MOSH! Kita sempet nyemil sebentar di café-nya, petugas disini ramah dan baik banget deh, ngejelasin tempat ini. Kalau bawa anak kecil pasti betah mereka. Jadi ini Singapore’s first interactive digital family edutainment park, yang didalamnya ada banyak kegiatan seni menggunakan teknologi multimedia dari Jepang.

Selesai di MOSH! Kita nyobain Skyline Luge Sentosa yang terkenal itu, yang antriannya pun panjang, hehe. Jadi atraksi ini ngasih 2 pengalaman unik - Skyride dan Luge! Skyride itu semacam kereta gantung terbuka, dimana kita bisa lihat pemandangan Sentosa dari ketinggian, serunya ya berasa banget angin-angin semilir secara bentuknya kebuka gitu, mirip buat orang naik ke bukit buat main ski.

Kalau Luge, semacam kendaraan unik yang bisa kita setirin, jadi track-nya 2.6 KM. Kenceeeeeeengggg! Kirain pelan gitu, tapi bener nih kata orang sekali aja ga cukup, pantesan ya orang pada bolak-balik naik lagi. Untungnya kita pake express pass jadi ga antri panjang. Seumur Lana yang masih 4 tahun udah bisa naik, karena orang tuanya yang nyetirin.

Kedua atraksi ini bisa langsung nyambung, tapi kalau mau istirahat dan jalan-jalan diatas bukit sesudah naik Skyline juga bisa, banyak tempat makan disana. Terus balik lagi kebawahnya tinggal naik Luge.

Kalau udah sore, waktu paling bagus buat nyobain Singapore Cable Car. Bisa lihat pemandangan Sentosa dari atas (versi lebih tinggi dari Skyride), indah banget. Anak-anak suka sekali.

Nah ini atraksi yang menurut kita juga seruuuu, Gogreen Segway namanya. Seharian liatin orang main ini di Sentosa jadi penasaran banget. Susah loh pas latihannya, karena musti tahu gimana mengkontrol badan kita buat maju mundur, tapi lama-lama bisa dan malah gampang pas dicobain, ketagihan lebih tepatnya, dan Lola juga uda bisa naik, mulai tinggi dari 110 cm.

Atraksi terakhir di Sentosa hari itu, alias atraksi ke 6 dari 20 atraksi yang ada!! (maklum bawa anak kecil banyak istirahatnya, kalau orang dewasa aja yang main, pasti bisa tuh mainin 20 permainan dalam sehari), kita nonton Wings of Time, award winning outdoor night show ini lokasi setnya di laut terbuka. Kita terpana banget lihatnya, bayangin aja ini penampilannya pake laser show, water display, fire effects dan musiknya spektakular. Magical experience!

Lelah banget deh seharian main, karena emang seru semua, kalau wishlist aku pengennya ke atraksi Madame Tussauds Singapore sama Sentosa 4D AdventureLand. Semoga ada kesempatan lagi main disana.

Hari Ketiga, adalah hari terakhir kita di Sentosa, tentunya main di Universal Studios Singapore yang selalu jadi pilihan semua orang saat ke Sentosa. Kalau mau lihat review lengkap dan pengalaman aku di USS, klik artikel aku yang ini ya [LINK].

Aku sudah tiga kali ke USS, tapi kali pertama buat menyewa stroller. Murah banget cuma S$ 20 aja buat nyewa stroller yang double. Lokasi sewanya persis di sebelah kanan pas kita masuk USS. Ga cuma itu ada juga penyewaan kursi dorong dan stroller bayi.

Makan di Sentosa

Ga perlu khawatir kalau mau makan yang halal disini. Disini Muslim Friendly kok, secara banyak orang Asia muslim maunya makanan khas Asia. Di hari kedua kita makan di Halal restaurants, Good Old Days and Streats Asian Café. Kalau cuma mau duduk di pinggir pantai sambil ngajak anak main pasir, bisa juga kamu mampir ke Coastes, buat beli jus seger.

Nih list restoran Halal kalau kamu lagi di Sentosa :
Bali Thai, Good Old Days, KFC, Krispy Kreme, Malaysian Food Street, Mattry Brown, McDonalds, PappaMia, Pezzo, Streats Asian Café, and Texas Chicken.

Oh ya di Universal Studios juga banyak kok Halal Resto. Cukup cari logo halal aja di depan pintunya, mereka pasang stiker. Ada Mel’s Drive In, Marty’s Casa Del Wild, Goldilocks, Friar’s, dan Oasis Spice Café.

Kita nyobain Oasis, Indian Food. Dulu pernah nyobain Mel’s Drive In (western food tapi halal). Porsi disini tuh besar-besar jadi kamu perlu yakin bakalan abis sendiri atau bisa makan bareng anak-anak.

Kalau cari musholla di Sentosa ada di Beach Station, Basement 1, Beach Station Car park, family lot no. 198. Ga ada petunjuknya sih, tapi bisa kok tanya staff di Sentosa yang ramah-ramah kalau kamu ga nemu. Di dalam USS lokasi musholla persis disebelah pintu masuk Battlestar Galactica roller coaster.

Banyak yang ga tahu gimana caranya ke Sentosa, gini nih :
•    Pakai MRT, bisa ambil North-East Line atau Circle Line. Turun di HarbourFront Station.
•    Dari situ kamu bisa pakai Sentosa Express, lokasinya di lantai 3 mall VivoCity Lobby L.
•    Beli tiket Sentosa Pass S$ 4, ini adalah tiket masuk transportasi ke pulai Sentosa jika pakai Sentosa Express.
•    Kereta pertama mulai jam 7 pagi & kereta terakhir jam 10 malam (sampai jam 12 malam Jumat - Minggu & Hari Libur).
•    Ada 4 pemberhentian, bisa turun di Sentosa Station, Waterfront Station, Imbiah Station atau Beach Station.

DISKON KHUSUS (buat yang baca artikel aku).

Panjang bangettttttt ya ulasannya, tapi emang setiap artikel aku biasanya panjang biar lengkap semua informasinya. Nih aku juga punya kabar bagus, aku kasih Diskon 10% buat beli FUN PASSES di store.sentosa.com.sg

Promo code : SENTOSADEAL17IND (pembelian harga promo berlaku hingga 31 Oktober 2017, setelah pembelian masa waktu penggunaan tidak lebih dari 3 bulan sejak tanggal pembelian).

Inget ya FUN PASS gunanya biar kita bisa menikmati banyak atraksi di Sentosa, dengan diskon yang besar dibanding beli satuan tiketnya. Kebayang dong 60% hemat. Jadi liburan selanjutnya, wajib cobain deh Sentosa harus ada dalam list kamu. Karena pasti belum banyak yang tahu kalau di dalam Sentosa banyak hal lain selain Universal Studios yang seru-seru.

Our last day, with Atita and her family, anak-anak udah kangen sekali sama Opi, selama disana mereka nempel terus sama Opi sampai dia direbutin Lola dan Lana.