Tips Survive Tanpa Asisten Rumah Tangga

Tuesday, September 05, 2017

"Ga ada mba, ga pake baby sitter? No worry, it's not that scary", 2017
(Lana 4 tahun)

Mungkin belum banyak yang tahu kalau aku udah ga pakai helper (alias asisten rumah tangga), yang sekarang sudah lewat dari 2 tahun. Sempet kok pake lagi setelah mbak aku pulkam dan baby sitter-nya anak-anak (yang udah kerja 3 tahun di kita) dia akhirnya menikah. Nah aku menggunakan jasa ART lagi tapi sebentaaaarrrr banget 2 bulan doang. The rest it's just US, me and my husband.

Jadi kalau ditanya apa sih tipsnya? Gampang banget. Simplify your daily tasks. No helper, no nanny, no worry. I survived and still going strong. Pertanyaan tiap ketemu ibu-ibu selalu nanyain kok ga cape? Kok bisa? Ya bisa kan selama kita stick to the plan, ya ga bakalan amburadul kok hidup, hehehe. Apalagi aku juga banyak urusan, kerjaan dan masih sibuk antar jemput anak sendiri.


Ga cuma itu kan gimana bagi waktunya kalau mau me time, ketemu temen, dan hal lainnya, keburu sibuk sendiri sama urusan domestik, padahal yaaaaa, duh urusan domestik sih kelar kali 2-3 jam doang sehari. Ini ya tips dari aku :

Urusan pertama, cucian baju itu biasanya aku cuci pagi pas mau antar anak sekolah (selesainya berarti pas aku udah balik ke rumah lagi), atau malam sebelum tidur (jadi besok pagi udah kering). Ini ga ganggu aktifitas aku sama sekali, lagian kan tinggal masukin mesin cuci. Inget ya kalau masukin cucian setengahnya dari tabung mesin cuci biar bersih nyucinya.

Kalau jemur baju, ga suka dilipat di jemuran, biasanya aku gantung di hanger pakai gantungan baju, supaya kalau pas dijemur bajunya ga kusut, dan kalau mau nyetrika gampang tinggal dorong aja hanger-nya ke ruangan setrika, biar ga cape lagi angkut dari jemuran trus ditumpuk di keranjang malah makin kusut. Kalau mau ekstra, misalnya ada baju yang bahannya super kusut, kamu semprotin cairan pelicin baju yang untuk nyetrika saat masih basah. Nanti pas kering bajunya lebih lemes jadi ga kaku.


Urusan kedua, berhubung selama ini aku yang laundry dan setrika sendiri, pakai DOWNY Softener itu hukumnya WAJIB!!! Beneran, aku udah hafal banget seluk beluknya nyuci baik dengan dan tanpa softener, duh bisa-bisa nanti pas nyetrikanya jadi lebih lama dan boros listrik. Soalnya susah ga licin-licin. Makanya itu gunanya softener, mempermudah pekerjaan dan bikin baju aku harum tahan lama.

Dulu sering banget preloved baju bayi, mostly yang beli selalu komen kok wangi banget sih. Padahal udah 1-2 tahun ada di container, Eitsss pada ga tahu aku pake Downy udah mau 5 tahun. Real story and real experiences. Emang bisa awet wanginya selama itu.


Urusan ketiga, bersih-bersih bagi tugas sama suami, yup udah ga jamannya lagi lelaki gengsi urusan domestik, di negara bule juga kebanyakan laki yang berurusan sama ini. Di Indonesia aja yang suka pada gengsi. Biasanya kita bersih-bersih 2 hari sekali, sapu pel. Jangan terlalu idealis, kalau rumahnya masih rapih, ya ga perlu sering beberes.

Urusan keempat, masak selalu yang simpel, kalau males ya order online atau ke mall, dan cucian piring DILARANG ditumpuk. Di rumah kita, cucian piring harus segera dicuci seketika saat itu juga. Jadi ditinggal setengah jam juga udah kering masukin lemari lagi. Ga ada tuh pemandangan piring kotor numpuk. Seumur-umur tinggal disini, wash basin alias tempat cuci piring kita lebih sering kosong.

Urusan kelima, gunain metode Marie Kondo (cari tahu sendiri ya), jadi kita hanya menyimpan barang that sparks the joy in our house, sisanya pasti kita sumbangin tiap bulan secara rutin. Semua mainan dan barang tersimpan rapih sesuai kotak penyimpanan, jadi anak-anak juga udah ngerti mainan ga diawur-awur, cuma bisa pilih perkotak lalu mereka beresin dulu sebelum ganti mainan lain.

Urusan keenam, Be Happy, cari deh celahnya atau nilai plusnya kalau kamu ga pakai asisten, tiap orang pasti punya alasan beda-beda. Dan setelah kita nemu, malah sejak itu kita ngerasa lebih nyaman begini. Sekarang mau punya Mbak 3 di rumah juga bisa aja ngegajinya, but there’s more than that for us. Jadi kamu juga perlu tahu sekiranya mana yang lebih bahagia, dengan atau tanpa Mbak dirumah.

Kita lebih bahagia bisa menghindari denger gosipan atau berita ga baik tentang tetangga yang diceritain ART, dan lebih enak aja hidup dengan menjaga privasi kita sendiri. Orang itu bisa mudah bergosip padahal kenyataannya berbeda. Apalagi lingkungan rumah kan cluster, beneran ga ada pagar cuma ada gerbang pak satpam, makin mudah untuk para ART bergosip tentang majikan, hehehe. Beda banget sama rumah mama aku yang rata-rata ya pagar tinggi, para Mbak ga ada yang main keluar rumah.

Urusan ketujuh, setiap keluar rumah, pastiin kamu merasa tidak meninggalkan rumah berantakan. Kalau pulang kamu liat rumah kacau balau yang ada ga mood beberes karena udah cape dan ga bisa mikir. Bawaannya mau tidur aja. Makanya furniture rumah kita minimalis biar minimal juga beberesnya.

Urusan kedelapan, time management harus jadi prioritas, kalau kamu belum bisa bagi waktunya ya yang ada susah jalaninnya. Kalau anak-anak sudah bisa mandiri, aku akan meminta mereka melakukan urusan mereka sendiri. Misalnya bangun tidur ya mandi sendiri, pakai baju sendiri, kalau makan ya makan sendiri, biasanya aku cuma nyuapin Lana, karena kadang dia suka males nyuap sendiri. Intinya libatin anak untuk ga manja, karena sebenernya mereka udah bisa tanpa dibantu. Kecuali kalau lagi males, ya gpp kita yang bantuin, namanya juga masih kecil.

So no helper, save lebih banyak tabungan yang bisa kamu pake liburan atau belanja yang kamu pengen. Kayak Downy yang bisa nge-save listrik lebih hemat karena ga bakalan bikin kamu nyetrika lama-lama. Sehari aku cuma butuh 15 menit aja persesi buat nyetrika, dan yup semua baju selalu dicuci setiap hari.


Gimana? Siap ga hidup tanpa helper? Siap dong. Semakin simpel hidup kamu semakin kamu ga ketergantungan kok. Nih baju model gini aja ga bakalan kusut kalau kamu cucinya pakai softener. Plus lembut, wangi dan bye-bye ekstra tenaga buat nyetrika.


  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Fifi, saya mo tanya...

    Kalo ada acara yang mengharuskan tidak membawa anak sedangkan suami sedang kerja, anak2 dengan siapa dititip?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku punya dua opsi, titip ke mama aku atau sering titip di Day Care kalau mama lagi ada urusan. Coba cari day care deket rumah aja, biasanya ada yang per 6 jam atau setengah hari kok :)

      Delete
  2. Hi mba fifi, salam kenal..baca ini bikin mood bagus karna ini sama persis yang saya alami. Males punya asisten salah satunya karna suka risih kalo ada orang asing dirumah �� thankyou tips nya mba

    ReplyDelete
  3. Mba, maaf, kalau jilbab dicuci di mesin cuci juga? Baju putih? Kalau saya, kurang pede kalau baju putih dicuci di mesin. Seringnya masih kotor. Kasih tips, mbaa

    ReplyDelete