lo(la)na by Fifi Alvianto
2011 - 2013

All rights reserved

More info contact :

fromfifi [at] gmail [dot] com
Tuesday, February 22, 2011

Trimester Pertama (1-3 bulan)

Kandungan saya sekarang di usia 13 minggu. Mau bercerita sedikit tentang pengalaman hamil saya sejak pertama kali tahu test pack itu bisa bergaris merah dua, secara ya beberapa kali test drive hasilnya tetap saja satu (kehamilan pertama, tahu hamil setelah keguguran).

Saya ingat waktu itu baru telat haid sekitar 2 hari. Rasanya deg-degan berat, karena jadwal haid saya tidak pernah telat. Ditunggu sambil mikir, "Aduh beli test pack ga ya?". Akhirnya telat 4 hari haid saya langsung tes, eh pas liat hasilnya sih dua garis, tapi garis yang satu lagi tipiiiissss banget, "Rusak ga nih test pack??", dengan rasa penasaran tinggi, besoknya langsung beli 2 test pack lagi. Berhubung hasilnya ga beda jauh, akhirnya memutuskan untuk ke obgyn, eh tapi ternyata lagi ada libur nasional pas Sabtu itu, dan Minggu ga ada obgyn yang buka, yiuukk. Perasaan menggantung itu ga enak banget, bikin ga tenang.

Oke, Senin saya akhirnya berkesempatan ke obgyn. Sampai sana, dokternya cuma bilang,

"Mana nih ga ada kantong rahimnya", glupp!!! (saya pun menelan ludah banyak-banyak).

"Jadi saya hamil apa engga nih dok?", makin ga tenang dah.

"Mungkin masih penebalan rahim, kita cek 2 minggu lagi, soalnya takut hamil diluar kandungan", ah horror deh nih dokter.

Akhirnya cuma dikasih Duphaston (obat penguat kandungan), Folat, dan Vitamin oh plus obat batuk, karena saya lagi batuk parah waktu itu.

Menunggu seminggu kemudian, lalu terjadilah flek, kecil sih tapi asli bikin panik. Jadilah saya pergi ke obgyn lain dengan RS berbeda. Sampai disana dokternya lebih horror lagi,

"Iya saya belum lihat ada kantung rahimnya, dan disini kok banyak cairan", sambil ngubek-ngubek dengan USG transvaginal.

"Gini, di test lab saja, mengecek kekentalan darah, bla bla bla.. (panjang deh penjelasannya)", kata dokternya sambil nerangin kenapa kantungnya belum ada.

In the end hasil test saya semua normal dan baik-baik saja.

--------

Berhubung kurang sreg dengan kedua obgyn saya sbelumnya (sekedar info, saya sudah 4 kali ganti obgyn), akhirnya pindah RS dan mencari obgyn baru. Bertemulah saya dengan dr.Diah Sartika Sari, SPOG di Kemang Medical Care. Pertama dateng saya lupa di kehamilan berapa minggu, kalau ga salah 8 atau 9 minggu. Terus first impression sama RS-nya, bagus yah interiornya, hahaha. Anyway intinya saya suka sama total keseluruhan RS-nya, nyaman sekali.

Pas masuk ke ruangan, saya diperiksa dua kali, pake USG biasa yang di perut dan hasilnya ga terlihat apa-apa, yak lagi-lagi saya ga tenang, dan akhirnya pakai USG Transvaginal, wow kantung rahimnya muncul meskipun belum terlihat ada janin, Alhamdulillah. So far konsultasi dengan dr. Diah itu enaaaakkk, selain bisa ngobrol lama, dia komunikatif sekali, saya sampe berasa kehabisan pertanyaan, dan dia tetep sambil ngejelasin juga ngasih tips-tips oke, bagusnya lagi RS KMC tidak sembarangan kasih obat-obatan (ada audit resep katanya). Bu dokter bilang, 4 minggu lagi disuruh kontrol.

--------

Kunjungan kedua saya ke dr. Diah, adalah momen paling mengharukan. Pas di USG, saya melihat gerak-gerik mahluk mungil, calon tangannya seperti melambai-lambai kepada saya dan suami. Nangissssss deh tuh disitu, selain terharu, saya pun ga pernah menyangka akan seperti itu yang saya lihat. Lalu dokter memperdengarkan jantungnya, dan lagi-lagi speechless berat. Detaknya cepat sekali, bunyinya kencang, diselingi calon tangannya yang terus bergerak.

Proses mual, muntah, ga enak badan, meriang, kembung, lemes dan segala yang berat saat kehamilan seperti terlupakan rasanya, terbayar oleh pemandangan itu. Dr. Diah juga baik, hasil foto USG tidak dikenakan charge, hehe kan lumayan.

Sekarang saya menanti kunjungan ketiga untuk kontrol. Sangat antusias tapi perjalanan semakin berat. Saya harus akui muntah-muntah saat hamil cukup membuat depresi. Untung saja saya selalu lapar, jadi asupan makanannya juga banyak. Belum lagi mual yang datang dengan mudah, suami baru pulang kantor aja saya mual, dia sedang tidur pun saya mual, bahkan saya tidur menghadap kekanan saja pakai mual. Sungguh saya tidak mengerti proses ini tapi dokter bilang mual itu pertanda janin sehat.

Baiklah, sekian proses trimester pertama saya. Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada saya selama trimester 1 :

1.
Drama kulit.
Kulit saya sangat berminyak, namun semenjak hamil berubah menjadi sangat kering bahkan hingga mengelupas setiap hari, tidak sampai disitu, kulit pun menjadi berjerawat kecil-kecil tapi seluruh wajah. Solusi : mengganti sabun muka dengan Sebamed. Hasil memuaskan, kulit jadi sehat.

2.
Lapar tapi perut harus kompromi.
Pada bulan ke 2, saya tidak sanggup makan banyak sekaligus karena efeknya kembung yang menyakitkan. Solusi : makan porsi kecil tiap 4 jam dan tidak minum air saat sedang makan, minumnya sebelum atau sesudah.
Pada bulan ke 3, porsi makan saya seperti monster, bisa melahap semuanya tapi perut masih kelaparan. Solusi : menyediakan segala jenis cemilan. Dari mulai kue sampe apa pun yang bisa dimakan harus ada disamping tempat tidur. Khususnya tengah malam pasti terbangun karena lapar.

3.
Mual.
Ini hal biasa, tapi paling sulit buat saya. Solusi : menghindari keramaian, tidak pakai parfum atau apa pun yang terlalu wangi, tidak boleh dalam kondisi lapar karena memicu mual.

4.
Muntah.
Biasa terjadi bila makanan terlalu berbumbu. Sebaiknya muntah jangan ditahan karena semakin lama rasanya semakin kuat. Biasanya kalau sudah ada perasaan mau muntah saya hanya memuntahkan saat mau mandi, karena biar sekalian mandi. Solusi : jangan makan terlalu kenyang, itu selalu memicu keinginan muntah.

5.
Sulit tidur.
Hahaha kalau ini saya ga tau solusinya apa. Sampai sekarang sulit tidur itu masih terjadi. Jam tidur mulai 1 pagi, subuh bangun dan kembali tidur sampai jam 10 pagi. Keliatannya aja lama, tapi tidur ga pernah nyenyak karena selalu terbangun, dan mengalami mimpi-mimpi absurd. Hal ini semuanya wajar saat hamil.

6.
Celana tidak ada yang muat.
Solusi : mencoba belly belt dari Mothercare. Ini rekomendasi teman saya, tapi berhubung masih bisa dipaksakan baju lamanya, jadi saya belum beli dan kebetulan saya jarang keluar rumah juga.

7.
Mood naik turun semacam rollercoaster ride.
Percayalah hormon hamil itu membuat saya lebih mudah emosi, saya lupa hormon apa yg berperan tapi jangan heran melihat ibu hamil sering ngedumel haha karena itu hal yang sangat biasa. Solusi : Jaga perasaan ibu hamil baik-baik, hehehe.

Sekian pengalaman hamil muda saya, memang tidaklah mudah menjalaninya, tapi itu dia perjuangan jadi ibu, seperti kata pepatah antara hidup dan mati rasanya. Gudluck untuk semua para ibu muda yang menjalani trimester pertamanya :)

55 comments:

  1. wah pengalaman mba sama banget yg aqu rasain saat ini, seminggu yg lalu aqu juga seperti itu ceritanya dan obatnya pun sama, tp stlh 2 hr minum duphaston dadaqu berdebar2,dokterqu minta dosisnya dikurangi, tp gk aqu terusin minumnya, takut berdebar2 lg dadanya.makasih ya mba infonya, jd gk ngerasa sendiri soalnya sempet was2 bgt.

    ReplyDelete
  2. Halo Dewi
    Hihi aku merasakan persiiiissss apa yang dirimu rasakan, intinya selama 5- 8 minggu janin belum terlihat bagi sebagian orang, jadi mau ga mau memang harus ditunggu. Selama itu yang aku lakuin cuma istirahat dan tidur hehe. Ditunggu saja ya, semoga nanti terlihat pas USG.

    ReplyDelete
  3. mba fifi, salam kenal :D
    blognya bagus, foto2nya bagus, ah semuanya bagus... sy suka dari yang mulai hijab scarf eh ternyata ada blog ini skrg, tapi biasanya silent reader hihi. Gatel pengen komen soalnya pas liat ternyata obgyn-nya sama. Ah TOP bgt deh dokter diah, mau di konsultasiin via bbm. Gak salah pilih dokter deh mba :D
    semoga sehat2 ibu dan baby inside :)

    ReplyDelete
  4. Halo Ayu
    Hehe trima kasih sudah main2 kesini, iyah dr. Diah itu obgyn paling enak setelah gonta-ganti, dan the best-nya lg dia malah nawarin, mau tukeran pin BB ga? huehehe ga nyangka. Aminnnn semoga dilancarkan terus :)

    ReplyDelete
  5. Mba Fifi... long time not checking, ternyata ada blog baru...mba, i dont know if you still remember me, aku pernah minta di editin foto prewed ku dulu :)
    Sekarang aku jg hamil tapi masih 2 months... senangnya denger mba fifi jg hamil..sehat terus ya mba sampe due date!

    ReplyDelete
  6. Halooo Bonnie, masih inget tentunya, melihat header blogmu, langsung tau foto prewed yang mana hehe. Wah selamat juga ya, semoga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  7. LOL...jadi maluuu, aku link ya mba' blog mu :)

    ReplyDelete
  8. halo mb fifi,, aku suka bgt baca blognya mb fifi.. informatif sekali.. alhamdulillah aku jg lg hamil muda mb, hamil 5 minggu jalan 6 minggu.. aku skrg ga berani lg pake krim muka dan facial wash tempat aku dulu perawatan sebelum hamil.. dan skrg kulit mukaku jg kering bgt mb.. aku mau nanya, mb fifi pake sabun muka sebamed yg jenis apa? trs utk moisturizernya mb fifi pake apa selama kehamilan selama ini yg aman pastinya? aku pengen coba juga mb, siapa tau cocok..

    semoga kehamilan mb fifi lancar ya sampe lahiran.. aamiin.. smangat mb :)

    ReplyDelete
  9. Sebenernya kering itu cuma saat semester pertama aja (klo aku ya), nah berhubung semua sabun muka ga cocok pas hamil, trs aku pake sebamed sabun batang yang hijau Rp. 50.000. Hasilnya memuaskan banget. Nah klo krim aku ga pakein apa-apa, soalnya semenjak pake sebamed itu ga kering lagi.

    Silahkan loh dicoba :)

    ReplyDelete
  10. Hai mbak,
    saya mau bertanya
    berapa biaya periksa di KMC?
    Plus USG biasa (2D)
    kebetulan saya mencari Dokter wanita juga
    Thanks for the info :D

    ReplyDelete
  11. Dari pertama hamil, kalau kontrol ke KMC abisnya Rp 315.000 tp sekarang udah naik jadi Rp 324.000 itu untuk kontrol dokter sama USG, kalau obat biasanya beli di apotik deket rumah aja. Tp obatnya juga murah cuma folat dan calcium ga pernah sampe 50 ribu.

    ReplyDelete
  12. aslm mba fifi...
    whuaaa pengalaman hamil mudanya sama,, ak skrg lg hamil trisemester pertama,, awal2 periksa ke dokter obgyn juga katanya suspect KET (hamil diluar kandungan) karena pas USG transvaginal, byk cairan dan belum terlihat kantung hamilnya :(, alhamdulillah keliatannya pas umur 5 minggu,, hehehe mba mauu tips nya spy fikiran qt tetep positif, krn jujur aja, saya agak2 depresi skrg, krn byk diem dirumah dan mual&muntahnya agak2 parah,,, makasih,,,

    ReplyDelete
  13. Waalaikumsalam, wah sama kayak aku tuh pertama hamil stress karena muntah mual dan serba ga enak mau ngapain aja. Tapi ya dijalanin aja, mikirnya semua hal ga enak itu kan akhirnya akan membuahkan hasil yang membahagiakan. Tetep semangat, cari kesibukan aja, jadi ga terlalu kerasa kok mual muntahnya.

    ReplyDelete
  14. Akhirnya dapet kawan yg senasib, sekarang kehamilan ke-7, hidup 2, abortus spontan 2, kuretase 2, hhmmmm, gmn ngg deg2an, sampai telat 2 minggu, si dokter ngubek2 miss V sampai 15 mnt, msh ngg dpt2 tu kantong. semoga happy ending ky mb fifi.i wish...thanks a lot :)

    ReplyDelete
  15. mbak pake sebamed yang apa? balas yah ^^

    ReplyDelete
  16. @Nila wooww cerita kehamilanmu membuat aku terharu... Semangat yaa, dan sehat selalu di kehamilannya :)

    @As Sebamed yg depannya warna hijau pink, lupa type apa, pokoknya bukan yg utk acne atau baby, sebamed yg biasa.

    ReplyDelete
  17. dear mba fifi,

    blog nya bagus bgt mba. aku bener2 terharu bacanya karena saat ini aku sedang mengalami hal yg sama seperti mba di trisemester pertama, sudah cek ke dokter & transvaginal tapi belum terlihat apa2. drop banget mba & akhirnya disuruh dok utk cek lab ambil darah. hari ini aku mau kontrol lagi ke dok nya & semoga aja kantung rahim sdh bisa terlihat. aku jadi semangat sehabis membaca blog mba fifi ini. mud2an Allah SWT memberikan hasil yang terbaik utk aku & suamiku karena jujur aja mba aku sempet drop pada saat transvaginal & dokternya bilang belum terlihat apa2.

    ReplyDelete
  18. Waa maaf br dibalas, gmna uda ada kabar baiknya kah? Didoain yg terbaik yah.. Rejeki anak itu memang sesuatu yg ga akan pernah ketebak jd cuma bisa Bismillah :)

    ReplyDelete
  19. Hy mb fifi dan calon bunda lainy.
    Aku jg lg H2C nih,bulan ini aku udah telat 5hari.td pgi iseng tes pke TP tapi hasilny negatife :(,sebenerny usia pernikan ku baru jalan 3bln.tp udah ngebet bgt rasany mau punya baby*hehe
    Yg aku rasain skrg itu cepet bgt cape,mood naik turun,jd males bgt bwat ngapa2in,perut bagian bwah suka nyeri(kram),klo dliat dr tanda2ny aku hamil ap gk si?blom ngertii :(

    ReplyDelete
  20. Waaaa baru juga 3 bulan, dibawa santai aja meskipun pasti pengennya hamil. Tp ga langsung hamil udah nikah itu jauh lebih enak kalau kata aku, karena begitu punya anak cape banget.

    ReplyDelete
  21. Hello Mba fifi..
    Waktu mba ada flek coklat itu jumlahnya sedikit atau seperti keputihan banyak ya? Soalnya saya sudah telat 2 minggu, test pack positif, walau garis yang satunya lebih samar. Tapi 2 hari belakangan ini saya ada keputihan coklat yang jumlahnya cukup banyak.. Jadi deg2an, dan lagi saya belum bisa periksa ke dokter karena weekend disini libur.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum Mba Fifi,

    Salam kenal yah. Saya juga tadi malam periksa di Dr. Diah KMC, perhitungan udh 8 minggu 3 hari tp beby nya blm ada detak, dr diah blg 2 minggu lagi. Pertama cek perut trs transvaginal krn cm ada kantong rahimnya yg besar,dan janinnya ktnya ukurannya 6 minggu. Jd deg2an..mudah2an bs berkembang yah. Tipsnya apa mba fifi slama menunggu control brikutnya? aku msh krj ga istirahat total ky mba. Makasih yah.

    ReplyDelete
  23. @Anonymous
    Waktu itu ga ada keputihan, justru keputihan itu menjelang melahirkan. Klo flek sedikit banget cuma diameter 1 cm. Smoga kabar baik ya...

    ReplyDelete
  24. @Denissite
    Waaa kangen sama dokter Diah deh...
    Sama kokkk aku juga waktu itu gitu, yang penting dibawa santai, kalau stress takut keguguran :) Caio semangattt..

    ReplyDelete
  25. halo mbak...itu foto anaknya ya. Cantik sekali. Ketemu blog ini bikin semangat. saya lagi mencoba punya anak kedua. Jadi inget kehamilan pertama positif tapi satu garis terang satu samar. Pas kontrol ke dokter, dari perawat sd dokternya bilang itu ga hamil. Shock, lemes, & ga terima ama pernyataan tsb. Untung ganti dokter, alhamdulillah sekarang putra pertama udah 14 bln.

    usaha mau kasih adik, kehamilan kedua ternyata BO di usia kehamilan 9 weeks & harus kuret. Sedihh banget. Pulihin mental ada 1 blnn, lalu awal bulan kemaren iseng tes pas telat 5 hari positif tapi garis satunya samar. Sayang hari ke-6 telat keguguran spontan. Mau usaha lagi jadi agak2 ngedrop, takut keulang gagal lagi. Tapi baca blog Mbak Fifi jujur bikin semangat. tetep nulis hal2 positif seperti ini ya mbak..bermanfaat banget buat kita2 yang usaha punya anak

    ReplyDelete
  26. Hehe trima kasiiih ya ....
    Iya semoga blog ini bisa memberi semangat dan manfaat untuk yg baca :)
    Ayooo jangan takut coba lagi, kesempatannya kan masih banyak, cuma tinggal nunggu waktunya aja dari Yang Di Atas :)

    ReplyDelete
  27. Iya MbaFifi, rencananya tgl 30 saya menemui dokter Diah lg, apa mba Fifi mau titip salam? Mohon doa yah mba, apapun itu aku udh pasrah hanya bs doa dan usaha.

    ReplyDelete
  28. Waaaa telat bales pdhl mau bilang titip salam, kangeeen sama dr. diah :) Smoga yang terbaik ya..

    ReplyDelete
  29. mba fifi...thx ya blognya....jadi semangat....sekarang saya jadi lebih ringan ngejalanin hari dimana celaana saya udah pada nggak muat n ketergantungan imvomit...obat anti mual, karna kalo kerja biar mual n muntahnya nggak heboh.... hehehe

    ReplyDelete
  30. Sama2 :) Tetep semangaaatt, aku juga dulu mualnya heboh bangettt.

    ReplyDelete
  31. cobain sebamed ahhh.. makasih infonya yaa.. :)

    ReplyDelete
  32. USG tansVagina diapain aja mbak fifi?
    aku telat mens 8 hari n udah test pack hasilnya positif,mau ke obgyn tapi serem klo trans v nya sakit
    bales ya
    thanx

    ReplyDelete
  33. Engga sakit kok geli aja hahaha..

    ReplyDelete
  34. ini sama banget.. baru aja tadi abs ke obgyn pas USG dr perut kata dokternya ada sptnya kantongnya tp masih keciiiilll bgt jd blm bs diukur.. akhirnya karna penasara eike minta trans v (karna katanya kalo transv lbh jelas) eh trnyata malah ga keliatan karna kantongnya jalan2... sama dokter ga dikasih apa2, tp disuruh balik lagi minggu dpn... deg deg an...

    bismillahirrohmanirrohimm...

    doain yaa mudah2an mg dpn ud kelihatan..

    oia ak br telat 6 hari sii dari siklusku yg 25 hari..

    jadi kalo dr sklus umum 30 hari br telat 1 hari kata dokternya si smuanya wajar...

    ReplyDelete
  35. Amiiiiinn, ditunggu kabar bahagianya..

    ReplyDelete
  36. Sore mba fifi,denger ceritanya sama banget yang aq alamin skr ini. Aq udah telat 2 minggu di test pack sampe 2 kali dan hasilnya positif waktu hari jumat dan baru ketemu dokter hari senin setelah di usg ternyata kantung rahim sudah terlihat dan besar kata dokter tetapi janin blm terlihat sempet drop bgt,dan malah skr timbul flek dah harus bedrest :-( minta sarannya dong mba fifi

    ReplyDelete
  37. Mbak fifi salam kenal yaa.. lagi ngalamin deg"an kyk mbak dulu juga, udah telat 13hari, TP 2x Alhamdulillah + semua, tapi pas di USG TransV blm kliatan kantong rahimnya, br terjadi penebalan saja dan sdh tebal banget. disaranin tes lab, tp masih deg"an khawatir gak sesuai harapan.. :(

    ReplyDelete
  38. ass mbak... aq baru telat 6 hari dan waktu telat 4 hari aq test pack, ada 2 garis yg satu samar yg satu terang...
    rasa deg2an krn 8 bulan menikah baru kali ini aq nyoba tes pack dan dapet 2 garis...
    masih galau ne mbak,,, krn mau ke dokter kt saudara aq nanti aja nunggu 1 bulan lagi... mana muka ku sekarang banyak jerawat batu...
    kira2 boleh gak ya mbak aq ke dokter muka utk ngobatin jerawat ini..

    ReplyDelete
  39. Setahu aku jerawat itu obatnya ga boleh dipakai pas hamil, jadi lebih baik terapi pake yang alami. Karena bahan obat jerawat bahaya bagi janin.

    ReplyDelete
  40. mbk saya hamil 9 minggu tp blm kelihatan janinnya,dan seminggu ini aku ngeflek trz akhrnya aku bed rest total, aku jd khwtr knp janin ku blm terlihat padahal usia kandungan ku sdh 9 minggu

    ReplyDelete
  41. hae mba :)
    browsing2 malah kesini :) salam kenal ya
    ini aku juga udah 4w..anak ke-2 sih tapi belum keliatan pas usg semoga dua minggu lagi keliatan..doain ya

    ReplyDelete
  42. Hai mbk,salam kenal..
    Seminggu lalu aq tp dan alhmdlh positif..seneng bngt,tp pas konsul k dokter katany di rahim
    Blm terlihat..dan d khawatirkn terjd hamil d luar kandungn..karna ada cairany..hancur rasany..
    Tp 2 minggu lh d suruh kontrol lg..deg2an bngettt..minta solusiny dong mbk..apa yg hrus aq lalukn skrg?sedngkn perut ni rasany nyeri d bag.kanan..

    ReplyDelete
  43. Amiinn, tetep semangat, kalau rejeki anak pasti ada jalannya, kita tinggal pasrah dan banyak berdoa :)

    ReplyDelete
  44. Hai mbk slm kenal..
    Aku skr hamil usia 7bln..dr awal kehamilan sampe terakhir bln ke6 kmren aku pake dr.diah di KMC.mmg dr.diah enak bgt..aku pernah cb dokter laen tp ga dpt feel lyk dokter diah..ramah..n keibuan..tp sayang ini aku pndh rmh dibogor n akhirnya cari doktwr laen..skr aku periksa di RS hermina pake dr.roslina..moga cpt dpt feel nya deh ma dokter roslina..kalo ada yg pake dr.roslina di RS hermina di share ya pengalamannya..thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kangen deh sama dr Diah. Tapi sekarang sama dr Wulan di Hermina juga mirip sama dia, jadi seneng nemuin yang sama :)

      Delete
  45. Assalamu Alaikum mba Fifi,,
    Malam2 googling cari tahu ttg hamil pertama ketemu blognya ..Sesuatu bgt Alhamdulillah :)

    Ak hamil msh baru niy br cek pake TP malah,,Alhamdulillah +
    Ak blm cek ke dokter insyaAllah mggu dpn biar bareng suami.
    Nah ak msh cari2 dokter wanita..sepertinya dr. Diah recomended bgt ya mba,,sbnrnya lumayan jauh dr t4 tinggalku di kramat jati,,
    Mba ada masukan dr wanita lain ga?
    btw yg mba maksud dr Wulan di Hermina di cabang mana mba?

    Terima kasih jika sempat di balas.
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...
      Aku kemarin anak kedua dengan dr. Wulandari di Hermina Galaxy, dia juga praktek di RS Awal Bros Bekasi.
      So far okenya sama dengan Dr. Diah :)
      Semoga cocok ya..

      Delete
    2. Boleh biasanya kita mengeluarkan biaya apa & berapa yang harus di siapkan?
      Makasih sblmnya..

      Delete
    3. Boleh tau biaya yang di keluarkan sekali konsul dan cek di Hermina?
      Makasih sebelumnya..

      Delete
    4. Murah kok sekitar 150 ribuan sekali datang, dulu di KMC bisa 400 ribuan.

      Delete
  46. Mba fifi, aku mau nanya kmrn kejadian fleknya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma sekali aja dan sedikit paling 2 cm.

      Delete

  47. apa solusinya?INI SAMA SPRTI YG DIALAMI ISTRIKU SAAT INI.TOLONG DIBANTU


    tgl 3 september ditespeck,ternyata hamil,terus periksa kedokter,di usg benar,adakantongnya dan ada isinya,seneng banget...cek satu bln lg kata pak dokter...
    selasa 1 oktober km periksa lg,di usg kok janin tdk berkembang...tp masih ada..
    dan kemarin kamis 3 oktober,karena ingin buat perbandingan,kami cek ke dokter lain,hasilnya ditespek masih positip tp di usg kosong atau tdk ada,hy kantongya saja,sementara istriku tdk merasakan apa2,flek pun tdk,dokter hy bilang ditunggu saja,,,adakah saudara2 yg mungkin ada solusi buat km?terimakasih



    ReplyDelete
  48. Hai bunda, cx kemari dari blogger Malaysia. :) asik ssekali cx bacain kisah bunda. Tahniah ya bunda. Pastinya baby bunda udah 2thn lbh umurnya kini kan :) cx happy banget bila bacain kisah bunda.cx harapnya pun sprti bnda agr cpt cx dapat baby tp itulah, blm rezeki cx lg. Bunda doain cx ya. Even baru 3bln nikah tp cx penasaran bangat mau ada baby. Doain cx ya bunda :) mekasih buat sharingnya disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your most welcome, tetep semangat ya... Aku doakan yang terbaik :)

      Delete