Monday, April 18, 2011

Setengah Perjalanan Hamil
4/18/2011

Setengah Perjalanan Hamil

Memasuki usia kehamilan 20 minggu, akhirnya saya berlibur juga setelah sekian lama, meskipun tidak terlalu jauh tapi sudah senang sekali. Foto diatas diambil untuk keperluan post di www.hijab-scarf.com (yang motret suami, terus diedit sendiri seperti biasa). Kehamilan trimester 2 adalah saat paling enak untuk melakukan segala aktifitas, saya bisa bergerak bebas kesana kemari tanpa harus merasakan mual atau muntah lagi.

Ada apa saja di trimester ke 2:

1. Ditiupkannya Ruh.
Dalam Islam, disebutkan pada usia kehamilan 4 bulan, bayi ditiupkan ruh.

2. Baby Kicks.
Pertama kali merasakan saat hamil 17 minggu, hanya berupa kedutan kecil di area perut, dan bisa di bagian mana saja, lama-lama semakin sering dan keras. Sekarang saya bisa merasakan geli setiap bayinya aktif menendang sana-sini. Malahan akhir-akhir ini kalau saya taruh tangan di perut, terasa sekali kedutan menonjol keluar (belum berbentuk kaki, namun sudah terasa bila dipegang).

3. Ngobrol.
Bayi sudah bisa mendengarkan suara di trimester ini, kalau saya memang kurang jago ngajak ngobrol, tapi suami rajin sekali bercerita sambil mengajak ngobrol bayinya. Semalam malah saat mengobrol bayinya gerak terus, semacam muter sana sini (perut saya jadi super geli dan suka ngilu kalau aktif banget), padahal biasanya dia bergerak kalau saya lagi bener-bener keadaan diam dan sepi.

4. Posisi Tidur yang Terbatas.
Jika trimester 1, tidur masih bisa guling sana-sini, sekarang paling enak cuma bisa terlentang, karena kalau ke kanan atau kiri suka berat. Menurut hasil googling sebaiknya saat hamil tidur menghadap ke kiri karena posisi ini baik untuk bayi supaya mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta dan membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh kita sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

5. Lapar Luar Biasa.
Edisi trimester dua itu edisi makan tiada henti. Baru juga selesai makan besar, 5 menit kemudian bisa lanjut dengan porsi yang sama. Ya lapar all the time benar-benar membuat saya lahap di trimester ini, oh ya makan coklat itu juga bisa cepat menaikan berat badan, saya pernah ngejar naik berat badan 1 kilo, cuma seminggu makan coklat langsung melesat naiknya.

6. The Best Skin Condition.
Entah mengapa saya senang sekali dengan kehamilan sekarang, kulit muka saya adalah yang termulus sepanjang sejarah semenjak masa puber. Biasanya berjerawat kecil-kecil, kali ini saya mendapatkan kulit super sehat dan licin. Alhamdulillahnya lagi saya ga ber-strechmark, padahal awalnya sempet ada varises ungu, tapi sekarang baik-baik saja.

7. Jenis Kelamin.
Terakhir ke dokter katanya bayi saya perempuan, langsung semangat mau pakai nama yang saya pengen dari dulu kalau punya bayi perempuan. Kalau laki-laki saya belum kebayang namanya apa.

8. Energi Berlebih.
Sekarang saya merasa maunya banyak beraktifitas terus, tapi meskipun energi banyak, tetap saja masih sering ngantuk dan tiba-tiba lelah mendadak. Trimester dua memang paling bagus untuk ibu hamil melakukan banyak hal.

Perkembangan janin terakhir kali saya USG, Alhamdulillah sehat, tapi due date-nya mundur terus, bahkan sudah mundur hampir seminggu dari HPHT. Hal yang perlu diperhatikan paling hanya berat badan, jangan sampai naiknya terlalu tinggi, karena saudara saya 2 bulan hamil sudah naik 5 kilo. Sementara saya sekarang baru naik totalnya 3,5-4 kilo sejak pertama kali hamil.

Sekian perkembangan kehamilan kali ini.

3 comments :

  1. apa rahasianya mba,sambai BB gak naik banyak?

    ReplyDelete
  2. @Evelyn
    Menyusui langsung kuncinya, bikin BB cepet banget turun :)

    ReplyDelete