Tuesday, October 18, 2011

Pertanyaan Seputar Newborn
10/18/2011

Pertanyaan Seputar Newborn

Post yang tertunda, maafkan lama upload-nya, karena sambil mengingat lagi seperti apa rasanya punya newborn, karena Lola Sabtu besok sudah 2 bulan. Ini sekedar kesimpulan saya selama jadi ibu baru ya.

Memiliki newborn awalnya dalam benak saya akan terasa mudah, tapi ternyata diluar dugaan, BERAT! Apalagi jika baru melahirkan tidak ada Asisten Rumah Tangga, hiks hiks cape. Untungnya tidak mengalami baby blues. Bagi ibu pemula tanpa skill seperti saya ini, kemungkinan besar akan mengalami banyak kebingungan dan 'drama'. Jadi inilah pertanyaan-pertanyaan seputar mengurus bayi baru lahir.

1. ASI belum keluar? Kasihan bayi saya nanti lapar.
Masing-masing individu berbeda prosesnya. Sebelum ASI, keluar cairan namanya kolostrum, waktu itu saya keluarnya di hari ke 2 pas mau pulang dari RS. Jangan panik kalau belum keluar kolostrumnya saat sesudah proses melahirkan, wajar banget kok. Yang penting bayi terus menghisap puting. Sakit banget memang karena kering, jadi luka-luka dan perih (saran saya beli nipple shield aaja kalau audah tidak kuat), tapi tetap saja bayi harus menghisap setiap 2-3 jam dengan durasi 30 menit sampai 1 jam tiap menyusui, hingga ASI keluar. Dan tenang saja bayi baru lahir bisa bertahan 72 jam atau 3 hari tanpa minum susu.

2. Payudara bengkak dan badan saya kok jadi menggigil?
Awalnya seneng, wuiihh dada saya kok jadi gede bener, haha, tapi ternyata sakit karena kencang dan keras seperti batu. Ini sering terjadi karena pas baru lahir bayi belum minum banyak, sehingga stok kolostrum/ASI pun penuh. Efeknya pada saya, badan menggigil dan ada juga orang yang menjadi demam. Caranya agar kembali nyaman, ASI diperah/dipompa aja tanpa perlu nungguin bayi nyusu kok. Soalnya kebutuhan dia belum banyak, jadi nyusunya baru sedikit. Baiknya ASI Perah (ASIP) disimpan untuk stok akan datang.

3. Berapa lama ya durasi menyusui?
Normalnya menyusui adalah 15-30 menit, tapi terkadang bisa juga 10 menit. Hindari menyusui lebih dari 30 menit, karena bisa berujung pada ngempeng. Menyusui awalnya harus teratur setiap 2-3 jam, kalau bayi belum bangun ya dibangunkan. Tapi memasuki minggu ke 2, biarkan bayi yang bangun sendiri meminta susu. Kalau Lola jadwal menyusuinya sesuka hati dan sering banget, kadang bisa setiap jam atau ya setiap 30 menit juga mungkin, jadi harus siap sedia setiap saat. Oh ya kalau suara nafas bayi abis nyusu "ngiiik.. ngiikk" atau "grook.. grookk", itu gpp kok karena saluran pernafasan bayi masih kecil, kata bu dokter.

4. Bayi saya kuning sekali, haruskah ke dokter?
Dokter anak biasanya mengecek pada hari ke-2 apakah bayi dinyatakan kuning atau tidak. Hampir semua bayi kuning, tapi ada batas normalnya, Lola sempet kuning banget bilirubinnya 15,5 tapi saat usia dia seminggu, jadi masih aman (kok bisa tahu? Karena ibunya terlalu parno dan langsung ke dokter). Tipsnya disusuin aja yang rajin, karena bilirubin dikeluarin tubuh melalui pipis dan pup. Oh ya jangan menjemur bayi dibawah matahari, apalagi telanjang. Kata dr. Purnamawati kulit bayi sensitif, masa mau dijemur kayak ikan asin, belum lagi bahaya UV-nya dan bisa masuk angin. Masih panik juga, perlu ke dokter apa engga? Kesimpulan saya sih kalau memang dari RS dinyatakan kuning yang normal, ya tidak perlu khawatir. Kuning pada bayi adalah hal yang sering terjadi.

5. Berapa ya suhu AC yang pas?
Bayi baru lahir tidak boleh mengalami perubahan suhu drastis. Di rahim dia merasakan kehangatan, lalu tiba-tiba masuk ruangan AC, dia bisa mengalami hyperthermia. Jadi AC yang diperbolehkan adalah 26 derajat. Tenang itu tidak membuat kita merasa kepanasan. Ibu menyusui sering kali lebih merasa kedinginan.

6. Bayi saya kok cegukan terus ya?
Wajar sekali bila bayi sering cegukan, santai aja. Memang terdengar agak mengganggu tapi bayi tidak merasa sakit kok kalau cegukan.

7. Kulit mengelupas sangat banyak, perlu diberi apa ya?
Ini juga hal biasa, meskipun agak serem melihatnya karena banyak sekali. Kalau saya cukup diberi cream Sebamed. Lagipula mengelupas itu pun hal wajar, namun jangan dikelupas sendiri ya.

8. Perlu dibedong? Tangan bayi perlu disarungin?
Kata dokter jangan biasakan bayi dibedong apalagi di saat sendang menyusui, yang ada dia akan lebih malas menghisap, bedong juga tidak ada hubungannya dengan pembentukan tungkai kaki. Kuku bayi cepat sekali panjangnya jadi sering khawatir dia menyakar muka sendiri, sebaiknya yang rajin dipotong saja karena bayi jangan dibiasakan memakai sarung tangan. Penggunaan bedong/sarung tangan cukup malam hari saja karena udara dingin, sebab dengan dilepas dapat merangsang motoriknya. Lola di usia 1 bulan sudah tidak mau dibedong, berontak karena dia tidak bisa bebas bergerak.

9. Gimana ya biar bayi saya bisa tidur tenang?
Biasakan bayi diajarkan siang dan malam. Lola kalau siang diajak main dan dibikin denger yang berisik, sperti menyetel suara dari TV dan kondisi rumah sebelah yang lagi renovasi. Meskipun tidur, dia tidak terganggu dengan suara-suara itu. Kalau malam hari dibuat sepi dan gelap. Dengan demikian dia belajar bedanya. Jangan lupa waktu tidur juga harus dijadwalkan, jadi terbiasa teratur.
Dengan dia tahu siang dan malam, efeknya waktu menyusui pun lebih teratur dan bergadang sesuai jadwal. Lola kalau malam hari, tidur jam 7 bangunnya sudah teratur di jam 10/11, lalu jam 1/2 dan jam 4/5. Kalau siang masih tidak beraturan, karena menyusuinya bisa kapan saja. Oh ya biasakan kalau malam hari sehabis menyusui jangan digendong-gendong tapi langsung ditaruh dikasur, enaknya sekarang Lola habis menyusui tidak rewel, langsung tertidur sendiri.

10. Muntah yang normal gimana ya?
Kalau menyusui terlalu banyak membuka mulut dari awal latch on, sudah pasti dia menelan angin, jadi wajib di tepuk pelan punggung atasnya sampai dia sendawa, kalau tidak dilakukan, nanti saat bayi tertidur dia akan muntah. Beberapa kali Lola pernah muntah sampai keluar dari hidun.

11. Sudah 2 hari dia tidak pup nih, kenapa ya?
Jangan kaget. Kalau bayi tidak pup biasanya karena ASI diserap sempurna, dan masih normal kalau yang biasanya pup 1 hari beberapa kali, namun ini malah uda 2 hari tidak pup. Boleh konsultasi ke dokter kalau sudah seminggu tidak pup, kalau belum santai saja. Sekarang Lola kalau pup ditabung, sekalinya pup buanyaaakk, karena sebelumnya tidak pup.

12. ASI saya cukup tidak ya?
PASTI cukup kok, harus yakin dulu dan tidak mungkin kurang, karena setiap dihisap, si 'pabrik susu' akan memproduksi lagi. Diingat terus aja, bayi kita harus ASI eksklusif (ASIX) selama 6 bulan demi masa depan dia nantinya. Air susu ibu diciptakan Allah sebagai yang terbaik dibanding semua susu. Buat apa beli susu formula mahal, kalau ada yang lebih sempurna.

Sekian pemgalaman dan pertanyaan saya selama punya newborn, update berikutnya mungkin seputar perkembangan bayi diatas 2 bulan ya.

7 comments :

  1. ya ampyun mb fifi, blognya bener2 bermanfaat sekali.. dari mulai ttg preggo, baby shopping, smpe newborn baby gini..
    Alhamdulillah I'm about 6 months pregnant dan tiap hari buka blognya mb fifi.. aplg skrg bwt persiapan belanja utk si baby ini, byk baca dr blog ini..
    Jangan ditutup ya mb blognya.. :)

    ReplyDelete
  2. Waahhh bener2 ngasih info yg bagus banget mbak.. sayang entah kapan aku punya baby.. jadi diinget2 aja dikepala.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. Dear Mbak Fifi, terima kasih banyak atas infonya yang bermanfaat ini. Saya masih belum menikah apalagi memiliki baby, tapi tak ada salahnya belajar dari jauh-jauh hari kan.
    May Allah bless you and Baby Lola always!

    ReplyDelete
  5. Sama-sama semoga bermanfaat yaaa. Trima kasih sudah main kesini :)

    ReplyDelete
  6. gmn caranya mengatur pola jam tidur bayi? sejak umur brp? bayiku umur 1bln kl mlm mlh tmbh sering rewel pdhl ud dsusui berkali kali.. oh ya anak sy kl menyusui bs mp 1jm bgmn y spy bs cpt ktny normal 30mnt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasain jam tidur teratur, dan waktu atau durasi menyusui sama. Kalau sampai 1 jam itu biasanya ngempeng sama ibu, karena normal menyusui tidak lama. Kalau tengah malam, jam menyusuinya juga disamain, kalau masih tidur susuin aja. Lama-lama teratur kok.

      Delete