"Latihan renang", 2012
(Lola 23 Weeks)

Setelah mencoba The Spa Baby, akhirnya saya memutuskan untuk beli kolam renang sendiri karena lebih murah dan irit. Kolamnya saya beli di Pasar Prumpung seharga Rp. 200.000 sudah termasuk neck ring, sementara klo Spa Baby untuk Aqua Swim dan Massage sekali datang Rp. 300.000 (pusiiing jugaaaa klo harus berkali-kali).

Bayi bisa diajarkan berenang sejak usia 3/4 bulan atau saat kepala sudah tegak dan jantung sudah lebih sempurna. Berenang sangat baik untuk melatih dan merangsang gerakan motorik, menghilangkan rasa takut pada air, dan tentunya anak pun jadi lebih cepat bisa berenang nantinya di kolam besar.

Ingat ya bayi dibawah 1,5 tahun sebaiknya jangan berenang di tempat umum. Lalu berapa lama waktu untuk berenang? Sekitar 10-30 menit bertahap. Kalau masih perkenalan ya jangan langsung 30 menit. Oh ya sebelumnya saya sih pemanasan dulu, dengan menggerakan kaki Lola di kasur. Saat menceburkan bayi juga sedikit-sedikit tidak langsung di tenggelamkan. Lalu klo nangis jangan langsung diangkat tapi diamkan dulu sejenak hingga mereda untuk mencegah trauma.

Yang PR dari berenang di kolam seperti ini adalah boros air. Klo ga mau rugi ya airnya dimanfaatin lg aja misal untuk menyiram tanaman, klo saya airnya dibuang ke kolam renang besar sebagai pengganti mengisi air yang menguap. Selain itu airnya juga harus air hangat ya, jadi isi dulu air dingin setengah, baru deh tambah air panas.

Sekian review berenenang kali ini. Hasil kemarin 2 kali berenang, neng Lola banyakan nangisnya daripada senengnya, semoga kedepannya lancar jaya :p