Thursday, April 19, 2012

Lola 6 Months
4/19/2012

Lola 6 Months

"Hello food", photographed & artwork by Lola's Mom.
(Lola 30 weeks)

Huwwwoooo, telat sekali ya baru sekarang di upload. 2 hari lagi Lola usianya 8 bulan, ini baru memasukan foto 6 bulannya. Huhu maaf lama karena memang tidak punya waktu banyak untuk mengerjakan ini, jadi setiap hari dicicil kalau ada kesempatan. Nah pembahasan kali ini tentang MPASI (Makanan Pendamping ASI), dan yeay Lola akhirnya lulus S1 full ASI 6 bulan.

Untuk motorik, Lola di 6 bulan sudah bisa :
  • Duduk tegak lebih dari 2 jam.
  • Meraih benda yang dia inginkan dan menyingkirkan benda yang dia tidak sukai.
  • Mencari benda yang terjatuh (paham konsep benda tidak akan hilang).
  • Memilih remote/HP/benda bukan mainan bila sudah bosan.
  • Tertawa bila melihat ada yang lucu.
  • Menangis bila sendirian atau melihat orang lain pergi.
  • Membalas obrolan kita dengan ocehan yang antusias.  
  • Di 6 bulan akhir dia sudah bisa berdiri berpegangan.
Sebelum mulai berceritanya, mau mengucapkan terima kasih dulu sama Little Hannah Shop yang udah ngirim clodi Blueberry Simplex One Size (yang dipakai Lola di foto), karena saya memenangkan hadiah quiz beberapa waktu lalu. Clodinya spesial sekali, bentuknya tidak seperti clodi pada umumnya. Insert-nya itu sudah dijahit ke cover tapi bisa dikeluarkan, sehingga saat menjemur cepet kering dan praktis. Kalau soal kualitas tidak perlu ditanya ya Blueberry, tetep nomer satu.

Nah klo SkipHop tableware set + bib-nya juga dari Little Hannah Shop. Kenapa pilih itu? Karena lucu. Motif lebahnya langsung menarik perhatian Lola, sementara kalau tableware pada umumnya ya polos, SkipHop ini bagus untuk difoto dengan tema MPASI. I love this online shop, karena jualannya berkualitas, bukan iklan, tapi memang pengalaman pribadi.

Mari kita mulai cerita MPASI.

Peralatan apa aja sih yang harus disiapin?
  1. Blender/Food Processor. Belinya merk Pumpee IDR 200.000, murah meriah dan kecil, jadi bisa dibawa untuk travelling. Saya menyukai blender ini karena tempatnya sesuai porsi bayi, tidak sukanya sering bocor jika diisinya dengan air seperti jus, jadi tutup atasnya saya pakaikan lap agar tidak bocor. Saya sempet membeli food processor manual dan tidak terpakai sama sekali, karena kurang praktis.
  2. Pisau, Panci, Talenan. Disarankan yang baru dan kalau untuk panci kukusan gunakan yang sudah ada di rumah saja. Sementara talenan, sebaiknya gunakan yang berbahan kayu.
  3. Mangkok. Lola memiliki beragam ukuran dan jenis. Kenapa banyak sekali? Ya supaya ibu dan anaknya tidak bosan. Dan harus memiliki mangkok yang khusus untuk mengukus makanan. Menggunakan mangkok yang ada di rumah juga bisa, asalkan microwafe safe.
  4. Sendok. Nah ini wajib punya 2 macam, yang pipih biasa untuk makanan padat dan yang cekung untuk MPASI cair seperti jus buah. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan sendok yang ada sensor panasnya. Tommee Tippee kalau punya Lola.
  5. Gelas. Berhubung Lola tidak bisa menggunakan dot sama sekali, jadilah dia langsung minum menggunakan gelas (bukan sippy cup). Dalam satu bulan sudah lancar minum air dengan seruput langsung dari gelas manapun.
  6. Wadah Kedap Udara. Lock&Lock andalan saya untuk menyimpan bahan makanan sebelum dimasak.
  7. Wadah Travelling. Tempat makan untuk bayi usia dibawah 1 tahun, porsinya masih sedikit, jadi tidak perlu yang ukuran besar, apalagi untuk berpergian.
  8. Thermal Lunch Bag. Tujuannya agar makanan tetap hangat.
  9. Bib/Slabber. Saya suka yang bahannya full karet dengan kantung di bagian bawah, jadi tinggal dicuci apabila kotor.
  10. Sanitizer. Pilihan saya jatuh pada jenis spray karena parktis.
Nah itu semua keperluan awal untuk memulai acara MPASI. Sekarang mari bercerita tentang praktenya. Jadi gimana nih MPASI pertama Lola? 1 bulan pertama itu isinya DRAMAAAAA!! Mau cerita panjang lebar tapi malas membayangkannya lagi. Intinya memang awal MPASI itu masa perkenalan, jadi anak juga tidak bisa langsung paham apa itu konsep makan.

Here's my tips :
  • Ajari anak disiplin dengan duduk di kursi makan. Kalau belum bisa duduk tegak bisa menggunakan bouncer dulu, lalu gunakan high chair atau booster chair. Awalnya memang tidak mau dan marah-marah, tetapi masuk usia 7 bulan dia sudah mulai mengerti, kalau duduk disitu berarti waktunya makan dan harus bisa duduk manis.
  • Jangan digendong. Waah ini sebenernya susah ya kalau di awal 6 bulan. Dulu Lola dengan neneknya selalu digendong supaya mau makan, nah tapi kurang baiknya, sang anak baru mau membuka mulut saat sudah digendong. Sebenarnya tidak apa-apa, karena anak pertama kali belajar makan pasti akan menangis dan manja, jadi sesekali menggendong tidak masalah. Masuk bulan ke 7 sebaiknya selalu duduk di kursi makan, gendong adalah pilihan terakhir jika memang anak sudah bosan duduk.
  • Porsi makan pertama adalah 2 sendok makan. Kalau Lola pertama MPASI kurang jelas karena ibunya kurang ilmu. Tapi sesungguhnya perkenalan itu jangan memberikan makanan telalu banyak. Jadi waktu Lola pertama habis sekitar 10-15 sendok.
  • Buah/Serealia/Sayur? Ya kalau ini terserah senyamannya sang ibu. Kebetulan saya memilih buah karena paling mudah. Pertama MPASI itu kalau tidak salah buah alpukat. Divariasiakn setiap 3 hari pergantian menu. Sebetulnya dari 6,5 bulan sudah bisa diperkenalkan dengan nasi, lalu protein seperti tahu, tempe kemudian mulai mencoba protein daging dan ayam, lalu kuning telur dan ikan. Lola sendiri menu makanannya udah nasi di hancurkan kasar, bukan tepung gasol dan tepung lainnya.
  • Berapa kali sehari? Liat kondisi anaknya. 2 minggu pertama 1x sehari, lalu 2 minggu kedua 2x sehari, dan sekarang Lola 3x sehari, dengan menu berat di pagi dan sore. Saat siang hari memakan buah, dan diantara itu camilan biskuit. Kondisi setiap anak berbeda, jadi patokannya lihat saja pada anaknya.
  • Durasi 30 menit. Menurut ahli gizi, habis tidak habis sebetulnya waktu makan tidak lebih dari 30 menit saja. Tapi saya waktu awal tidak tahu harus berapa lama, jadi pernah sampai 2 jam. Kasihan sebetulnya bayi baru belajar makan harus menghabiskan semuanya, apabila dia sudah tidak ingin makan lagi. Akhirnya belajar dari pengalaman, lewat dari 30 menit (maks 45 menit, hehe) ya distop dahulu. Nanti kalau anaknya terlihat lapar lagi, ya dilanjutkan makan (sebaiknya yang baru ya makanannya). Sekarang Lola masih bisa makan sampai 1 jam, tapi ya memang pada dasarnya lama mengunyah. Dia tetep mau makan tanpa marah sampai selesai.
  • Variasi menu bisa dicampur 3-4 macam. Kalau masih 6 bulan biasanya berupa kukusan seperti butternut squash/labu sama kentang dan wortel digabungkan. Kalau sudah usia 7 bulan ya bisa nasi, daging, buncis, dsb.
  • Puree atau BLW? Saya menyarankan bubur cair atau puree untuk usia 6 bulan, masuk usia 7 bulan boleh coba cara BLW (Baby Led Weaning). Supaya dia bisa belajar memasukan makanannya sendiri ke mulut dan bereksplorasi. Awal mulai MPASI Lola sempat selalu histeris melihat sendok karena dia sadar dia tidak suka dengan benda itu. Akhirnya usia 7 bulan belajar BLW malah jadi seru makannya. Kalau sekarang masih campur antara BLW dan Puree. Biasanya BLW saat jam camilan (bukan di menu berat, supaya tidak terbuang mubazir masakannya).
  • Marah, ngamuk, DRAMA! Hehe iyah itu biasa kok kalau anak baru MPASI, si ibu suka ikutan nangis (*lho) hahaha. Memang susah sekali mengajarkan makan, tapi masa-masa itu tidak akan lama, apalagi ketika kita mulai mengenalkan bumbu dapur seperti rempah-rempah; pala, daun salam, bawang, dsb (tanpa gula/garam). Anak akan lebih mudah makan dan cenderung lahap. Jujur ya saya sih stress sekali pertama kali Lola belajar makan, tapi entah kenapa saat usia 7 bulan, rutinitas makan jadi baik-baik saja dan Lola juga sudah mengerti yang namanya konsep makan & menelan itu apa.
  • Sembelit dan Pup-nya keras, adalah permasalahan MPASI pertama. Biasanya kurang minum air putih kalau kebanyakan makan serat. Kata dokter setidaknya membutuhkan 100-150 ml air putih dalam sehari. Lola sih pertama MPASI horroorrr! Pupnya berdarah aja gitu, dan ngedennya susah (sedih deh membayangkannya lagi). Tapi hanya 3 hari dan sesudah itu lancar pup-nya. Pssst kalau sudah MPASI pup-nya bau! Jadi wajib dibasuh ke toilet menggunakan sabun.
  • Ajarkan rutinitas, misalnya berdoa sebelum mulai makan. Dan sembari disuapin sambil dipuji, "Pinter ya makannya", atau kalau bosan berikan mainan favoritnya, jadi sambil diajarkan makan sambil diajak main. Kalau Lola itu saat makan rutinitasnya memainkan piano yang ada lagu anak-anak (Bahasa Indonesia sekitar 20 lagu), sambil makan dia joged-joged. Rutinitasnya supaya dia lancar makan karena bayi sangat mudah sekali bosan.
  • Menambah rasa? Boleh coba ditumis dengan unsalted butter dan olive oil lalu tambahkan keju cheddar. Ini juga bisa membantu menaikan berat badan jika bayinya kurus. Konsultasikan dulu ya dengan dokter anaknya.
  • Travelling tetep MPASI Rumahan atau Instant? Saya sih kombinasi, kalau masih bisa masak dulu di rumah ya pasti bawa itu (karena MPASI Rumahan is the best choice), tapi kalau harus menginap dan tidk bisa membawa banyak barang peralatan tempur masak, ya saya berikan yang instan saja. Lagipula saya ngajarin kasih Heinz supaya kalau kondisi mendadak ada apa-apa bisa dikasih instan. Tidak apa-apa istan sesekali. Travelling-nya juga bisa dihitung jari alias jarang.
  • Frekuensi menyusu jadi lebih sedikit. Jangan kaget kalau jadi susah untuk menyusui, either anaknya kenyangnya lama atau memang dia juga lebih doyannya makan. Sisi jeleknya itu produksi ASI menurun, sudah jarang dada menjadi bengkak.
Itu tadi seputar tips MPASI saya selama 2 bulan ini. Kalau untuk variasi menu, sebenernya saya tidak pernah pusing. Apa yang ada di kulkas untuk dimasak menu orang rumah, ya saya gunakan bahannya. Tidak pernah di rencanakan mau beli ini itu selama sebulan. Paling ya kalau buah saja yang sering di rotasi. Oh ya menu MPASI itu sebenernya banyak contekannya dimana-mana. Tapi menurut saya, mencontek menu tidak berarti anaknya akan doyan, jadi paling enak ya kreasi menu sendiri.

Sekian cerita MPASI usia 6-7 bulannya. Buat para ibu yang baru mulai, inget aja yang namanya MPASI itu proses belajar, kadang anak susah makan (termasuk GTM alias Gerakan Tutup Mulut) sesudah itu beratnya menjadi turun (Lola hanya naik 150 gram/5-6-7bulan), tetapi selama dia aktif jangan khawatir ya. Selamat makaaann :)

25 comments :

  1. wah Lola hebat banget k Fifi..
    Jadi pgn cpt2 punya anakkk :D

    ReplyDelete
  2. Nice info sis!! =)

    ReplyDelete
  3. Akhirnya posting jg mba fifi tentang MPASInya Lola :) Kirain bakal ada menu2 atau resep2nya gt mba ”̮•ћë..ћë..ћë•”̮• Tadinya ud siap2 mau nyontek :p Eh, aku cobain liat2 website tmpat Lola suka jajan clodi n stuffs, kaya si skiphop bib itu, euhmm.. Harganya jauh beda ya mba sama yg aku liat di olshop2 di FB, skitar 70ribuan untuk 3pcs, satuan 25rb.. Apa mgk ada KW-KW gitu ya? CMIIW (^.^)

    ReplyDelete
  4. She's very cute MashAllah ! I love your photos.

    ReplyDelete
  5. @Dhila itu yg KW klo 25 rb, aku jg punya dan ternyata beda bahan lbh tipis dr yg asli dan jahitannya miring2 dan ga rapih. Hehe klo menu pengen sebenernya nulis tapi kadang akhirnya campur2 yg ada di kulkas aja, jadi mau nulis jg lupa terus haha...

    ReplyDelete
  6. Kalo aku mbak suka pake tupperware aja buat mpasi, lebih food grade

    ReplyDelete
  7. Baca info di web Lock&Lock katanya jg food grade, tp sebenernya pilih itu krn lebih murah dr tupperware hahaha.. *emak2 irit.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun Fifi... Bagus banget foto2nyaaaaa.... Toss dulu ah soal cubitan di PD. Hahaha...

    ReplyDelete
  9. nice post, mirip2 sama anak aku yg juga baru mau 8 bln, slm kenal k fifi.. :)

    ReplyDelete
  10. Hehehe trima kasih yuuu.. kiss kiss buat Rafa
    Hi Lulu salam kenal juga..

    ReplyDelete
  11. wah aku jd smangat kasih fe maem bwtan sendiri. fe setiap x maem mesti digendong,memang sebaiknya dibiasakan dikursi mkn ya :) makasih postinganya,ngebantu aku.

    ReplyDelete
  12. @Nita iyaa biasain di kursi, soalnya nanti yang cape yang gendongnya hihi, dan anak baru mau makan karena di gendong.

    ReplyDelete
  13. hai mba,saya ajeng.salam kenal yaa..mau tanya klo pas 6 bln dikasi nasi tim boleh ga?nasi timnya dicampur sayuran (wortel,bayam,brokoli)+ikan/ayam giling/hati ayam?atau harusnya bubur dulu kaya bubur beras merah tp bkn yg instant..tks before.

    ReplyDelete
  14. @Ajeng
    Boleh kok di tim cuma untuk protein di 6,5 bulan, tapi klo bisa beneran lembut banget, Lola baru mulai bertekstur pas 7 bulan, malah ga tim, cuma blender kasar. Kenapa ga dibubur? hahah ibunya males, tp anaknya juga doyan meski blenderan dan kata dokter ga masalah. Cuma saran aku baiknya 6 bulan perkenalan aja dulu, kaya wortel brokoli dikukus trus blender, baru deh lama-lama kasih nasi.

    ReplyDelete
  15. Mbak untuk anak umur 6,5 bulan sudah boleh wortel dan brokoli y? Krn ada yg bilang hrusnya pas umur 8 bulan?
    Makasii yaa mbak

    Vidya

    ReplyDelete
  16. Boleeeeeh bangeettt :)
    Itu favorit Lola malahan.

    ReplyDelete
  17. actually wortel, brokoli dan bayam disaranin 8 bln krn mengandung nitrat yg tinggi.kelebihan nitrat ini bisa nyebabin gangguan pembawaan oksigen di darah.

    ReplyDelete
  18. @Listy
    waaaa baru tahu, trims ya infonya.
    Soalnya konsul ke dokter gpp, tapi karna kasusnya dlu Lola sulit makan, jadi dikasih yg dia suka salah satunya wortel. Klo bayam sampai sekarang belom nyoba, karena ibunya ga suka hihi jadi ga belanja bayam.

    ReplyDelete
  19. Kok Lola mirip sekali ya sama Alika. Kalau makan susah banget, melengos kanan kiri, mulut dikunci rapat trus akhirnya nangis marah2 minta dikeluarin dari kursinya. Saya jadi ikutan stress. Sekarang baru masuk 7 bulan. Akan membaik gak ya fi?

    ReplyDelete
  20. @Eksi
    Masuk 8 bulan membaik, dan masuk 10 bulan lancaaaarrr jayaa hehe, pokoknya begitu dikasih nasi biasa 10 bulan, makannya lancar dan ga pake drama :)

    ReplyDelete
  21. Salaam Kak Fifi,

    Anak saya baru aja mulai mpasi dan blog kakak really really helping... Jd nambah referensi bgt,, hehehe. Oia kak, mau nanya pear packham tuh bs dapet dmn yah? Musimankah? Krn aku udah ke bbrp supermarket bsr dan kcl tapi gak nemu yg namanya pear packham. Kebanyakan xiang lie atau singo. Mohon infonya ya kak. Thanks a bunch. Really love ur blog :)

    ReplyDelete
  22. Hi Mba Fifi..
    Mau mnt ijin nih utk copas bbrp tulisannya utk ditaro di blog / FBku blh? Kebetulan lagi mau post bbrp artikel/ review2 seputar baby & mom.. And i think some of your posts are really great and can helps other moms :)
    Thanks b4..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja :) semoga bermanfaat ya, jangan lupa dikasih link website ini.
      Thank you...

      Delete
    2. okay, pst sy cantumin sumbernya kok :) thanks..

      Delete