lo(la)na by Fifi Alvianto
2011 - 2013

All rights reserved

More info contact :

fromfifi [at] gmail [dot] com
Wednesday, January 9, 2013

2013 : Hamil Anak Kedua


Ini di posting-an perdana di tahun 2013, isinya "Berita kehamilan anak kedua saya", hehe. Padahal di posting-an sebelumnya saya bercita-cita di 2013 ini program anak kedua, tapi ga disangka Alhamdulillah dikasih kepercayaan hamil lebih cepet sebulan dari perkiraan. Kalau ditelusuri, kegiatan saya sekarang itu sangat menguras fisik dan pikiran. Kerja dari pagi sampai malam, belum perjalanan jauh 1,5 jam nyetir dengan PP jadi 3 jam di jalanan Jakarta. Plus kemarin LAIQA edisi perdana, kebayang ribetnya dan rusuhnya otak saya mencoba menyelesaikan pekerjaan ini, ditambah pula lagi bangun rumah, kayaknya agak mustahil bisa ngerasa fit badannya dan betul-betul bertolak belakang dengan kondisi hamil Lola yang sampe resign kerja karena cuma pengen isitirahat di rumah. Tapi Allah selalu punya rencana untuk manusia, awal tahun ini saya hamil lagi.

Pertama tahu hamil itu pas hari pertama harusnya saya haid tanggal 4 Januari, hari itu mendadak ngerasa ngantuk bangeetttttt! Pokoknya berusaha keras ga merem tapi tetep loh teler sekali rasanya. Nah udah itu disertai gejala mual dan pusing. Udah feeling banget ini hamil karena diluar sakit yang biasa, kebetulan memang lagi batuk pilek. Ga cuma itu, yang bikin saya paling curiga adalah flek kecil, saya kirain memang mau haid tapi ditungguin sampe besok ga haid tapi yang ada malah flek lagi.

Setelah ketar-ketir menunggu kejelasan yang sebenernya ga akan jelas juga kalau saya ga test pack, nah pas tanggal 6 Januari saya pergi ke mall dengan suami dan Lola, saya sempetin beli test pack dan jrenggg jrenngg... 2 garis! Rasanya seneng banget kayak pengen lari ngibrit nyamperin suami, tapi ya jauh juga itu toilet dan masa saya lari di mall.

Selang 2 hari, saya tetep masuk kantor seperti biasa, menghadapi macetnya Jakarta seperti hari ini yang hujan dari subuh sampai sore termasuk ada 2 hari photo session. Tadi sore saya pun ke Kemang Medical Care mau ketemu dokter Diah (obgyn saya yang dulu), tapi ternyata beliau ga jadi praktek karena sedang tindakan, jadilah ketemu Dr. Lilia Mufida. Dari hasil USG saya hamil 4 minggu dan belum muncul terlalu jelas bentuknya tapi Alhamdulillah hamil di dalam kandungan. Dari yang super seneng, begitu sampai kasir terjadilah tragedi mata membelalak melihat tarif obgyn dan USG sekarang!!!!!

Meski dibayar penuh oleh asuransi tapi tetep aja mahal banget, bikin plafon cepet habis. Berikut kejelasan detailnya :
Konsultasi Dokter Rp 325.000
USG Transvaginal Rp 346.000
Kondom USG Rp 8.322
Multivitamin Rp 126.000
TOTAL Rp 805.322
Harga yang mencengangkaaaan! Yak mengingat pas hamil Lola di KMC ga sejauh ini juga harganya. Harga melahirkannya jadi pertimbangan saya untuk ga melahirkan disini. OVER PRICED setelah membandingkan dengan RS lain yang setara fasilitasnya.

Lahiran di VIP (sama dengan Lola dulu) sekarang jadi :
Normal Rp 19.000.000 | C-Sect Rp 39.000.000
Padahal tadinya mau naik ke VVIP tapi eng-ing-eng sekarang harganya :
Normal Rp 24.000.000 | C-Sect Rp 45.000.000

Huuiiiiiii SKIP deh hahaha. Saya mau cari RS Ibu dan Anak yang harganya jauh lebih pas untuk saya. Mungkin kenaikan harga melahirkan ga terlalu jauh sekali tapi harga kontrol dokternya itu yang ga nahan. Apalagi kan menjelang lahiran kontrol itu bisa 2 minggu lalu jadi seminggu sekali. Any suggestion ibu-ibu? Share dong ke RS mana dan berapa biaya kontrolnya? Saya prefer yang sekitaran Kemang, Ampera atau boleh ditengah kota asal jalan besar. Kepikiran juga RS Asri Duren Tiga karena dekat dengan kantor dan bagus RS-nya.

34 comments:

  1. waah congrats mbak! :) ga coba RSPI? :) nyaman lho lahiran disana.

    ReplyDelete
  2. hah masa sih sgitu ka fifi? aku waktu awal2 ngecek kehamilan sm dokter dyah juga ngga sampe sgitu.. :S

    vvip-nya enak banget yah :p
    coba di Sam Marie deh ka fi, lbh deket jg kan dr rmhmu? itu mulai dikenal bagus juga tuh ka.. kalo sblm dikmc tau duluan disitu jg pgnnya disitu aja lbh deket.. anak kedua kali yah :p *yg pertama aja blm lahir* hahah

    ReplyDelete
  3. Wuaaaaa mbak selamat ya udah dikasih amanat lgi,, sehat2 terus dedek bayi dan mommy nya ya,

    Emberan mbak skrg KMC mhal bgt, wong artes aja mona ratuliu jg ngomong gtu skrg kmc komersil, mending RSPI deh mbak imd ja 2jam

    ReplyDelete
  4. Hi Fifi, Congrats in ur second pregnancy :) Semoga sehat selalu, ya!

    Anyway, kalau pengalaman pribadi, saya nggak ada referensi RSIA lain, dulu habis dari KMC, hijrah ke Bandung, jadi skrg di Limijati deh hahaha. Tapi sekedar sharing saja, dulu sepupu saya tahun 2011 hamil, pindah ke KMC dari Asri Duren Tiga karena harganya ternyata lebih murah KMC (saat itu, ya, nggak tau kalau sekarang hehehe *melotot lihat harga KMC) dan karena ada kasus bayi meninggal ketika water birth disana, sepupu jadi beneran pindah ke KMC. Hmm, mungkin RSPP atau RSPI bisa dicoba deh, karena beberapa teman melahirkan disana, belum terdengar cerita biaya kontrol yang over-priced! :D

    Selamat hunting RSIA, ya!

    ReplyDelete
  5. congratulations yaaa, Kak Vivi.. semoga dedeknya di perut selalu sehat.. :D :D


    http://ristlicious.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Selamat yaaa.. Atas kehamilannya :) Selama ini saya suka browsing2 info ttg kehamilan fifi yg pertama karena skrg alhamdulillah saya jg lagi hamil.

    Saya periksa di RS. Bunda, harganya lumayan sih.
    Konsultasi dokter: 200,000
    Biaya RS: 50,000
    USG: 130,000
    Sensi Gloves: 1,200
    Multivitaminnya jg ngga mahal, maksimal saya cekup + obat = +/- 600,000

    Siapa tau bisa jadi referensi :)

    ReplyDelete
  7. Jd gatel pgn komen..sejauh ini sudah merasakan jasa obgyn di 2 RS (tahun 2012) yaitu di RS Asri Duren Tiga dgn Dr. Botefilia (SpoG cewek) dan Dr. Forry di RSPI Puri Indah (tp kyknya skrg dah pindah praktek beliaunya).

    Klo blum ada perubahan harga, jasa SPOG di RS Asri Duren Tiga sekitar Rp. 150rb, klo pke USG 2 dimensi nambah Rp 200.000,- sedangkan USG 4 dimensi ga sampe 1 juta. Obat2an relatif ya jd aq sering nebus di apotik langganan.

    Klo di RSPI Puri Indah, jasa SPOG Rp. 195rb. USG sy lupa tp ga jauh jg dr RS Asri.

    Semoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku lagi nyari banget nih info tentang dr. Forry.
      kayanya semuanya kasih comment yg bagus ttg dia. tp ga ada yg blg dia dr laki atau perempuan? :'(

      Delete
    2. Dr Forry Fortuna itu cowok :-D

      Delete
  8. alhamdulillah, selamat mba fifi, kayanya saya juga baru beberapa minggu lalu baca yang harapan di tahun 2013 tentang hamil ke 2.subhanallah ya sekarang lola dah punya calon adik..selamat sekali lagi buat mba fifi dan keluarga :)

    ReplyDelete
  9. selamat ya mba :)
    itu mahal bgt ya biaya ngelahirinnya... duhhh mending bwt biaya anak sekolah aja gitu, hihi...

    ReplyDelete
  10. Mba zahra :Dr.forry itu laki-laki..klo ga slh praktek di klinik meruya ato klinik joglo..Coba di googling,msh di daerah jkt brt.

    ReplyDelete
  11. Selamat ya fifi, semoga lancar kehamilannya. Sama kyk gue resolusi hamil lg di taun 2013 setelah anak gw umur setaun

    ReplyDelete
  12. selamat mba fi, semoga kehamilan ke-2 lancar, diberikan kesehatan terus, aamiin aamiin..saya juga lagi berharap ada berita bahagia diawal tahun 2013 ini, makanya saya suka banget baca tulisan mba vie, apalagi yg bahas2 tanda2 kehamilan...bbrp tanda udah ada, 3 hari ini saya suka lapar terus, plus hari ini saya flek..saya terus berdoa, semoga bukan saya yg ke - GR an, tapi Allah SWT memang telah menitipkan janin dalam rahimku...aamiin

    ReplyDelete
  13. Terima kasih semuanyaaaaa.
    Amin untuk doanya, doakan lancar terus hingga melahirkan, bismillah :)

    ReplyDelete
  14. congrats kak..yeyeyey,lola punya dedek..
    pas banget yaa sm resolusi 2013nya, ;)
    btw, aku kontrol di RSIA Tambak, sm dr. Botefilia..so far kyknya bagus2 aja (aku hamil anak pertama soalnya hehe). RSnya jg pro IMD n ASI trus rooming in, kontrol dokternya cm 300an..
    tp mgkn agak jauh kali ya dr rumah kak fifi, aku cm ngasih tau aja sih :D kali2 minat..

    ReplyDelete
  15. selamat ya mba fifi,

    btw kayaknya kalo di kemang masalah mahal atau ga nya kontrol bulanan tergantung dokternya juga kali ya?

    saya kebetulan kontrol disana dengan dokter ridwan dan ga semahal itu, paling setiap kontrol cm kena 60% dari harga mba. karna usg ga di print dan ga kasih multivitamin lain selain folavit. :)

    mungkin dokternya yang mba konsul doyan ngasih obat dll kali ya.

    ReplyDelete
  16. Fi, selamat ya buat kehamilannya.. dan tampaknya hampir barengan nih ihiy...sekarang aku hamil masuk 7 minggu sih... trus kemarin nyoba di RS Asih, deket melawai situ..Konsul dokter (Bintari dr.SpOG) + Buku Ibu + Vitamin + USG 2D + adm. = Rp. 392.600... klo nyamannya emg KMC juara deh, yang penting bersih dan suster + dokternya kooperatif dan ramah bgt..

    ReplyDelete
  17. Mbak Fifi,

    2 minggu lalu saya check up IUD ke Brawijaya Women & Children Hospital (karena 9 bulan lalu melahirkan anak pertama disana dengan dr. Nurwansyah & dr. Uf Bagazi). memang terjadi kenaikan tetapi tidak sesignifikan di KMC.
    di BWCH untuk kamar private yang paling standar (deluxe room) kelahiran normal : Rp. 14jutaan - 17jutaan.
    memang ukuran kamar lebih kecil dibandingkan KMC. tapi entah kenapa saya tetap lebih nyaman melahirkan di BWCH (tapi gak untuk DSA nya ya :D ).

    ReplyDelete
  18. Mba fifi, congrats ya atas kehamilan anak keduanya, smoga lancar terus sampai persalinan. Oia mba mau nanya dong DSA Lola siapa ya? Lagi nyari DSA yg cocok nih..any recommended?

    Thank you ��

    ReplyDelete
  19. hai....selamat yaa....kebetulan alhamdulillah ku juga lg hamil 9 minggu....bbrp kali keguguran...biasanya di kmc sama dr.fitriadi....pas lg ke rs asri duren tiga jenguk papaku yg lagi dirawat...krn paginya testpack hasil+ jd coba ke dr disana....hr itu ada dr botefilia yg lg praktek....googling2 tnyata dokter byk nulis masalaj penyebab keguguran...nyoba deh disana...surprisenya tenyata dokternya perempuan dan berjilbab....informatif bgt...dan bener2mnjaga janinku bgt...control disana..biaya pendaftaran rp.30.000 usg 2d dan print rp.250.000 dan konsultasi dokter rp.150.000 jd total sekitar rp.430.000.utk biaya bersalin blm nyari tau...hehehee

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah selamat ya mba..
    By the way sekedar informasi, karena saya pernah baca pengalaman melahirkan Lola sebelumnya yang tergambarkan dengan kata2 trauma bagi mba Fifi, nah mungkin di kehamilan kedua ini mba Fifi bisa mencoba untuk lebih memahami konsep melahirkan Gentle Birth, ada grup di facebook atau website2. Paling tidak kita diberdayakan dan diberi pemahaman bahwa proses melahirkan itu sesuatu yang sakral dan indah, bahkan seharusnya jauh dari kata2 traumatis baik bagi ibu dan bayi.. semoga bisa membantu ya mba :-)
    Dan kalau menginginkan konsep Gentle Birth atau melahirkan alami (bisa diterapkan untuk normal atau SC) maka RSIA Tambak salah satu yang pro alami, bukan promosi karena saya bukan pasien di sana, hanya sekedar rutin senam hamil di sana jadi lumayan tau. Semoga membantu dan sehat terus kehamilannya ya, amin..

    ReplyDelete
  21. Selamat ya mba untuk kehamilan anak keduanya, semoga selalu sehat hingga melahirkan nanti :)

    Hmm.. saya juga di KMC tapi dengan dokter Diah mba, tapi terakhir kali konsul pasca melahirkan di bulan Januari 2013 ini/ tanggal 18, biaya konsulnya masih Rp.300.000 mba, ko mba bisa beda ya?

    Terus, pengalaman saya di awal kehamilan dulu, USG Transvaginal kebetulan waktu itu dengan dokter Ridwan, saya dihitungnya USG 2D biasa, jadi biayanya dihitung dengan harga USG 2D, saya pikir ya memang segitu *maklum karena waktu itu ga ngerti*, wah lumayan juga ternyata bedanya.

    ReplyDelete
  22. Mba selamat ya atas kehamilan anak keduanya. kalau boleh saya kasih informasi. Coba deh mba periksanya di RSB Asih, yang dipanglima polim. Berikut perinciannya :
    1. Biaya konsultasi Dokter Rp. 125.000
    2. Biaya administrasi Rp. 55.000
    Totalnya Rp. 180.000, sudah termasuk USG 2D.
    Demikian infonya, semoga bermanfaat ya mba.

    ReplyDelete
  23. di Carolus aja, kejauhan ya?disitu bisa pake bidan, bidannya jagoan2,dan kita tetep lahiran di rumah sakit, emang sih, bentuknya old school bgt ya carolus, cuma mantep banget, sangat2 pro ASI, sabar ditungguin IMD nya,dan kalo mesti C-section ya ngga perlu kemana2,kan udah stay di RS, banyak yang dengan bidan lahiranyya, biaya lebih murah,kamar boleh milih, tapi kalo ternyata harus c-section tetap biaya dokter, kalo no problemo dengan kandungan sih gpp ke bidan carolus aja,tapi kalo ngga pd sama bidan, dokter herbert juga bagus, kalo prefer perempuan, coba dengan dr.ekarini.
    Kalo selatan sih, bisa coba di pri cinere, rs nya enak juga, bidannya baik2, disitu banyak dokter bwch juga.semoga membantu ya :)

    ReplyDelete
  24. kalo baru pindah ke Bekasi, bisa ke RSIA Permata Cibubur. Ada Dr. Ovy yg banyak direkomendasi orang (yg suka masuk majalah Femina di rubrik Ginekologi).

    Dari bekasi memang agak jauh, tp bisa via JORR. Kebetulan dulu saya melahirkan disana, bidan nya baik semua. Dan skrg ada gedung barunya yg dinamain Women's wing khusus untuk para ibu yang baru melahirkan.

    ReplyDelete
  25. Kalo mau dsog cewe coba ke RS.Puri Cinere sm dr.Dewi Prabarini praktik juga di BWCH sih. cuma siap2 auntriiii yg lama soalnya byk bgt pasienya :)

    biaya admin : 40.000
    jasa dsog : 160.000
    usg 2D+print: 170.000
    total ya 370.000 deh blm termasuk obat

    ReplyDelete
  26. Kan sekarang di Bekasi, kenapa gak ke RS di bekasi? RS Awal Bros itu lumayan loh. SPOG nya dr Rivany, enak bgt orangnya.
    Rincian biaya gatau sih, karena dulu melahirkan di Hermina tapi pas punya anak beralih ke awal bros karena dr anaknya: dr Yulia iu RUM banget dan orangnya baiiiik bgt.
    Karena pernah periksa ke SPOG juga, jadi tau kalo dr Rivany itu baik, ramah, mau ngejelasin rinci dan sabar.
    bisa telp ke 021-8868888

    ReplyDelete
  27. Kan sekarang di Bekasi, kenapa gak ke RS di bekasi? RS Awal Bros itu lumayan loh. SPOG nya dr Rivany, enak bgt orangnya.
    Rincian biaya gatau sih, karena dulu melahirkan di Hermina tapi pas punya anak beralih ke awal bros karena dr anaknya: dr Yulia iu RUM banget dan orangnya baiiiik bgt.
    Karena pernah periksa ke SPOG juga, jadi tau kalo dr Rivany itu baik, ramah, mau ngejelasin rinci dan sabar.
    bisa telp ke 021-8868888

    ReplyDelete
  28. aku juga kontrolnya di KMC mbak. skr ud 36w tapi ga semahal itu ko kontrolnya.
    jasa dr : 300.000
    usg 2D tanpa print : 115.000
    vitamin : 100.000
    totalnya 500.0000

    itu USGnya yg mahal karena USG transvaginal mbak. kalo transvaginal emang mahal. oia aku kontrolnya sama Dr. Ridwan, SpOG jadi tiap control bawa flasdisk. ngirit ga pake di print. Ud gt pas control 34w dokternya baik deh kasih file foto muka babynya pake USG 4D tapi bayarnya tetep harga USG 2D. heheheehehe

    ReplyDelete
  29. selamat ya mba...salam kenal..kebetulan lagi googling,ini kehamilan say yang pertama...dan lagi cari dr/rs, saya tinggal di cinere...ada yang punya info?trus nanti konsul du;u atau gimana ya??

    ReplyDelete
  30. Mbak, aku juga di KMC, bukan sama dokter Lilia sih... ga semahal mbak. Aku skrng udah 37 weeks, n lagi nunggu lahiran. Insyallah mau lahiran di KMC.

    ReplyDelete
  31. Makasih info2 nya...,baca smua comment nya udah ngebantu utk solusi masalah ku sekarang ini karna alhamdulillah aq jg baru dikasi izin utk bisa ngerasain hamil setelah menikah hampir 5 tahun dan saat ini sedang mencari RS n dokter2 yang emang kompeten... Makasih smua nya ya....

    ReplyDelete