Sunday, May 19, 2013

Toddler Talk
5/19/2013

Toddler Talk

(Lola 20 months)

Bagaimana kabarnya Lola di usia 20 bulan ini? Yang pasti sekarang sedang cerewet sekali. Lola dari usia 1 tahun 2 bulan memang sudah bisa berbicara, sehingga sekarang sedang masa-masa dimana dia hobi mengomentari sesuatu. Usia 1,5 tahun bisa berhitung 1-10 dengan lancar, kalau sekarang senang berhitung one, two, three hingga ten.

Update paling baru sekarang sudah senang menghitung sesuatu. Semua benda dia hitung satu persatu, dan hobi bertanya tapi dijawab sendiri. Contohnya,  
"Bunda mau keluar kamar (padahal udah malem waktunya tidur)",  
"Ga bisa dibuka pintunya",
"Kok ilang kuncinya",  
"Oh dibawah ya?".

Atau sesepele dia sedang pup biasanya sekarang ditinggal, menunggu diluar kamar mandi. Begitu bunyi plung plung langsung komentar, "Udah, jorok ih, bau", "Cebok cus".

Anak kecil kalau sudah berbicara biasanya membuat orang tua geleng-geleng, karena ajaib komentarnya dan sering mengomentari diri sendiri. Imbuhan kata juga sering dipakai oleh Lola, semisal "Punya Lola kali", "Gitu loh", "Ayahku, atau apa pun barangnya dia pake kata ku", dsb.

Mereka juga sangat cepat menyerap informasi, kalau Lola tergolong yang BEO sekali. Saya sedang berbicara sesuatu, nanti dia ikutii sama persis, padahal saya sedang tidak berbicara dengan dia, makanya sebagai orang tua saya merasa perlu berhati-hati sekali dalam penggunaan kata. Tapi terkadang suka saya sengajain sih hehe, misalnya bilang "Ayah nyetrika dong", nanti Lola akan mem-beo dengan berkata "Ayah nyetrika dong", berkali-kali hahahaha, ibarat brainwash.

Setiap anak memiliki perkembangan berbeda-beda soal berbicara, bahkan ada yang sampai usia 3 tahun belum bisa berbicara. Kalau tips dari saya, biasakan saja diajak berdiskusi yang banyak dengan anak, sambil mengajarkan kata. Seperti saat makan, biasanya saya berkata "Lola kita makan. Ma? Ma apa?", nanti dia jawab "Makan". Atau "Selamat pagi..", "Selamat pa?" dijawab oleh Lola "gi...". Dan tips lainnya yang mengasuh anak juga harus komunikatif dan banyak bicara, kalau pendiem ya anaknya juga mungkin memilih diam saja.

Kemampuan anak untuk berbicara jelas butuh dukungan dari orang tua, setiap melihat benda usahakan menyebutkan dengan jelas nama bendanya, dan setiap melakukan aktifitas sebutkan nama aktifitasnya. Nanti anak akan mengerti dengan sendirinya. Lakukan juga tanya jawab, agar anak terinspirasi untuk menjawab pertanyaan kita. Karena dengan demikian anak menjadi aktif untuk berkomunikasi.

0 comments :

Post a Comment