Friday, November 22, 2013

ASIP (Air Susu Ibu Perahan)
11/22/2013

ASIP (Air Susu Ibu Perahan)

"Cerita ASIP back to work", 2013

Pengalaman menjadi ibu itu bisa berbeda pada setiap anaknya. Semasa Lola dulu saya tidak mengalami kondisi harus menyiapkan stok ASIP yang banyak karena Lola menyusui langsung hingga usia 1 tahun 3 bulan (sampai di awal kehamilan Lana). Kalau pun harus pergi tanpa Lola, saya menyimpan stok hanya 10 botol ASIP saja di freezer.

Berbeda kisah dengan Lana dimana saya harus bekerja dan berangkat ke kantor setiap hari. Dan Senin ini saya sudah waktunya kembali dari cuti melahirkan, jadi tentunya sejak dari Lana lahir sudah menyiapkan stok ASIP. Bulan pertama sekitar 30 botol, bulan kedua sampai sekarang ketiga menjadi 80 botol (ukuran 100 ml). Awalnya ingin bisa sampai 100 botol tapi ternyata kulkasnya tidak muat.

Sempat terpikir untuk menyewa freezer tapi akhirnya malas karena menjadi penuh dapurnya, belum lagi watt-nya yang cukup besar. Akhirnya stok ASIP yang bertambah sekarang ini saya masukan ke plastik khusus ASIP agar dapat ditumpuk banyak. Alhamdulillah kulkas dirumah cukup lega untuk semua stok ASIP dan daging saya simpan di wadah tertutup agar tidak ada kontaminasi.

Berikut ini persiapan untuk ibu bekerja yang ingin menyetok ASIP dan sedikit review tentang produknya :

1. Botol Kaca
Ada baiknya botol tempat penyimpanan ASIP adalah berbahan kaca karena aman apabila sering dipanaskan dan dibekukan dibandingkan botol plastik. Botol kaca yang dijual di pasaran ada 2 tipe, Tutup Karet Baru dan Tutup Karet Lama.

Saya lebih menyukai yang baru karena lebih tebal tutupnya dan tidak mudah copot, dimana cenderung keras, sehingga aman tidak mudah bocor saat dibawa dan tidak mudah lepas saat terjadi tekanan udara di dalam freezer. Sayang harganya 2 kali lipat dari tutup karet lama. Untuk label nomor botol dan penanggalan, saya beli sticker Tom & Jerry yang ukuran kecil.

2. Breastpump
Saya memiliki 3 breastpump karena menyesuaikan dengan kebutuhan memompa untuk waktu yang panjang selama di kantor.

Medela Swing adalah breastpump elektrik yang tidak melelahkan dan cukup dengan duduk manis sambil bekerja, sayangnya belum handsfree. Dapat dipakai menggunakan baterai biasa yang AA atau di pasang kabel charger-nya.

Plus
  1. Elektrik sehingga tangan tidak pegal.
  2. Menggunakan metode 2-Phase-Expression. Fase pertama stimulasi memijat yang merangsang LDR untuk memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Fase kedua memberi hisapan panjang dan dalam sama seperti menyusui bayi.
  3. Komponennya sedikit dan bisa dipreteli semuanya menjadi kecil, sehingga saat dibawa bisa ditumpuk. 
  4. Suara mesin motornya halus tidak berisik.
  5. Tangan yang satu lagi bisa sambil bekerja.
Minus
  1. Berat, jadi lebih cocok mesinnya disimpan di kantor saja.
  2. Harganya tidak murah.
  3. Spare part yang sulit di toko perlengkapan bayi. 
  4. Paling sesuai leher botolnya dengan merek BabyPax.

Medela Harmony adalah breastpump manual yang saya sangat suka karena ringan mudah dibawa.

Plus
  1. Komponennya sedikit dan bisa dipreteli semuanya menjadi kecil, sehingga saat dibawa bisa ditumpuk.
  2. Tuasnya sangat ringan, jadi tangan sama sekali tidak pegal.
  3. Hisapan pompa lebih kuat dibandingkan Medela Swing dan Avent Manual.
  4. Mendapatkan dot Medela Calma yang sistemnya bagus, ASIP tidak akan mengalir seperti dot lain, tapi harus dihisap seperti sedang menyusui langsung.

Minus
  1. Tuasnya mudah sekali bergeser, jadi kalau sedang memompa sambil menyusui agak repot.
  2. Kurang steril karena tidak ada tutup di corongnya.
  3. Spare part yang sulit. Milik saya o-ring-nya sempat hilang, sehingga susah memompanya dan membeli spare part-nya kembali di Service Center Medela.
  4. Paling sesuai leher botolnya dengan merek BabyPax.

Avent Manual Natural adalah breastpump manual keluaran Avent yang terbaru. Penyempurnaan dari model lama. Sekarang corongnya lebih pendek dan lebih menghadap keatas.

Plus
  1. Bisa diganti dengan botol Avent classic besar yang 260 ml, sehingga tidak perlu memindahkan ASIP lagi jika botol breastpump sudah penuh tapi memompanya belum selesai. Sementara botol Medela maksimal 150 ml dan tidak bisa mengganti botol lain karena berbeda lehernya. Wajib dicatat, jangan lupa memasang ring adaptor-nya yang biru. Karena botol Avent lama ini berbeda dengan botol Avent baru bawaan dari breastpump. Kalau tidak dipasang ringnya, sudah pasti ASIP bocor dan tumpah.
  2. Corongnya ada bantalan silikon jadi bisa memijat dan menstimulasi, dan ada tutupnya sehingga breastpump selalu steril.
  3. Tarikan tuasnya pendek jadi bisa cepat sekali memompanya. Avent ini tidak perlu waktu lama untuk memompa, 5 menit sudah bisa mendapatkan 100 ml.
Minus
  1. Tuasnya keras.
  2. Berisik sekali karet diafragmanya.
  3. Bentuk corong menyatu dengan funnel jadi bentuk keseluruhan jadi bulky, kalau Medela ramping dan bisa dilepas.

3. Milk Saver
Milkies Milk Saver itu pernah saya review, fungsinya menampung ASI di dada satu lagi saat kita menyusui atau memompa. Jadi rembesan ASI bisa ditampung daripada sayang terbuang. Kalau saya dipakai saat memompa dada yang sedang penuh sekali, kala Let Down Reflex maka ASI pasti sedang berlimpah, kalau tidak memakai Milkies, breastpad akan banjir dan sayang ASI terbuang begitu saja. Milkies ini bisa menampung maksimal 60 ml. Kalau saya sedang memompa dan rembes bisa mendapatkan 30 ml. Sesudah selesai memompa, ASIP di dalam Milkies dapat dituangkan ke botol dengan mudah dan disimpan ke dalam wadahnya lagi.

4. Nursing Apron
Bebe au Lait merupakan merek nursing apron yang paling sering disebut di kancah dunia ibu-ibu menyusui, selain memang nyaman karena besar ukurannya, nursing apron ini motifnya lucu dan classy. Saya suka Bebe au Lait karena bagian lehernya yang berbentuk U selalu stabil dan tidak meliuk lemas, sehingga dapat melihat bayi dengan mudah. Bahannya juga dingin dan tidak seperti bahan seprei murahan yang panas, sehingga bayi tidak gerah.

5. Breastpad
Bamboobies adalah breastpad yang bisa dicuci ulang alias bukan disposable. Saya memilih yang bisa di cuci ulang karena disposable boros dan harganya tidak murah. Enaknya Bamboobies ini sekali beli mendapatkan sepaket 4 pasang (8 buah), sehingga irit dan juga mendapatkan pad untuk yang malam hari juga. Bahan belakangnya anti bocor (leak proof).

6. Ice Gel
Igloo Maxcold Ice Glaze merupakan Ice Gel andalan saya, sebelumnya punya 3 merek lain tapi dipakai 12 jam sudah tidak dingin dan mencair. Sejauh ini paling awet. Saya memakai 3 kotak agar pas dengan jumlah ASIP yang selalu saya bawa pulang seiktar 600 ml. Alhamdulilah ASIP selalu dingin seperti masuk kulkas.

7. Cooler Bag
Igloo Dual Compartment 24 dan Igloo Leftover Tote 9 adalah cooler bag paling oke yang pernah saya miliki. Sebelumnya ada 5 cooler bag yang saya miliki dimana semuanya hadiah, tapi sayang bentuknya kecil dan kekanak-kanakan sehingga dilungsurkan untuk Lola dan Lana, sering sekali dipakai untuk membawa bekal makanan Lola. Menemukan cooler bag yang bentuknya bagus seperti tas harian biasa dan dapat memuat banyak itu sesuatu sekali, secara peralatan ASIP itu banyak. Untungnya Igloo ini motif tasnya oke. Kalau pergi sebentar biasanya saya menggunakan yang kecil. Dan Igloo ini lapisan dalamnya tebal! Dijamin awet dinginnya dan tentunya tidak merembes basah cooler bag-nya. Agar awet hingga 12 jam lebih tetap dingin, biasanya saya suka masukan lagi cooler bag Baby Pax yang kecil ke dalam Igloo, tujuannya agar posisi botol-botol ASIP duduk manis dengan rapih.

Oh ya saya juga menggunakan cooler box yang biasa di jual di supermarket besar, agar saat di kantor ASIP lebih awet dinginnya, maklum tidak ada kulkas.

8. Sterilizer
Saya memakai yang dulu dari jaman Lola, Tommee Tippee. Suka karena ada tampilan digital-nya, jadi bisa tahu kapan saat sedang memanaskan, mensterilkan, mendinginkan hingga durasi waktu steril. Selain itu wadahnya luas dan besar sekali tapi compact untuk ruangan dapur yang tidak besar. Sempat rusak karena ternyata kabelnya gosong, akhirnya membeli kabel baru di tempat listrik biasa. Eh rusak lagi ternyata karena pengapuran. Jadi harus rajin dibersihkan.

Hasil googling, jadi baru tahu sterilizer itu seminggu sekali harus dibersihin. Bisa menggunakan citric acid dari cuka atau vinegar, tuang beberapa tetes tambah pakai air 80 ml lalu nyalakan sterilizer-nya tapi wadahnya tidak usah dipasang. Begitu selesai lalu dibersihkan kapurnya yang jadi kerak itu. Voila, sterilizer bekerja lagi. Enaknya Tommee Tippee kita bisa mengetahui jika mesinnya error karena adanya kerak atau air terlalu penuh, maka dia akan berkedap kedip tanda E. Sekian review produk breastfeeding dari saya, semoga bermnafaat ya.

Nah kalau untuk urusan manajemen ASIP gini nih hafalan :
 
 *sumber parenting.co.id

Mudah sekali manajamen ASIP itu. Kalau belum biasa pasti awalnya repot, tapi lama kelamaan akan biasa. Oh ya penting diingat ASIP itu sebaiknya jangan dicampur ke satu wadah meskipun di pompa di hari yang sama walau berbeda waktu, karena akan ada banyak kontaminasi dari udara yang masuk ke dalam ASIP. Sebaiknya gunakan breastpump yang selalu disterilkan terlebih dahulu. ASIP yang dicairkan di kulkas sebelum dipanaskan juga harus langsung dihabiskan.

Sekian pengalaman saya dengan ASIP. Disarankan ASIP diberikan dengan sendok, tapi jujur saja saya memakai botol karena lebih praktis dan tidak mudah terkontaminasi udara, karena waktu Lola dari bayi menggunakan sendok. Jadi sampai Lola sekarang ini usia 2 tahunan masih menyusu menggunakan sendok (pake sedotan susah sekali, padahal biasa minum air putih menggunakan sedotan sudah lancar) dan itu melelahkan bagi yang memberikan susunya, belum adegan tumpah dan tidak steril karena terpapar lama di udara terbuka,. Saya pilih yang praktis saja, meskipun katanya dot beresiko bingung puting, tapi Bismillah semoga tidak terjadi ya. Saya menggunakan botolnya Dr. Browns Wide Neck, nipple-nya lembut dan ada ventilator yang mencegah kembung.

Happy Breastfeeding Mommies...

*Untuk penyimpanan ASIP di saat keluar kota/negeri silahkan cek di artikel saya yang lain. 

76 comments :

  1. Insya Allah nggak bingung puting ya fi.. dulu pas Rafa msh kicik kadang jg suka gw tinggal. Awalnya pake sendok tp Rafanya marah krn kelamaan dan sekali glek kan dikit kali ya? Jdlah akhirnya pake botolnya tomtip. Alhamdulillah ga bingung puting.. semangat busui..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Alhamdulillah Lana juga ga sampe bingung puting, Tapi dia ga bisa pake TomTip karena keras dotnya, Padahal dulu nyetoknya itu, untung ada dr. Browns hadiah lahiran, lancar jaya nyusunya.

      Delete
  2. sangat sangat membantu untuk anak saya yang kedua nnti. soalny anak pertama gagal ASIP. terimakasih mbak atas info nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga informasinya cukup jelas ya....

      Delete
  3. Wah sama perlengkapan perangnya mbk, cm aq ga pake breastpump tapi pake tangan...soalnya ga telaten buat sterilinnya apalagi kl dah dibawa kerja. Aq senin depan mulai msk kerja, alhamdulillah stok ASIP udah 50an botol semoga cukup...suka deg2an ga sih mbk kl listrik mati, mn musim ujan gini kan listrik sering tiba2 mati..kl aq berhubung ga punya genset jg d freezer itu aq simpen bbrp es batu di plastik jd kl mati listriknya biar ga gmpng cair. Alhamdulillah kpn hr mati 5jam an ASIP aman msh beku smua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu boleh juga idenya pake es batu lagi. Btw aku ga bisa bgt merah pake tangan, sakiiiiit dan harus konsentrasi hehe, jadi untung ada yg elektrik bisa duduk manis sambil kerja walau lebih lama mompanya daripada yang manual.

      Delete
  4. "Oh ya penting diingat ASIP itu sebaiknya tidak boleh dicampur ke satu wadah meskipun di pompa di hari yang sama walau berbeda waktu"


    Halo Kak Fifi, setauku, kalo di milis AFB (ASIFORBABY), hasil perahan dalam 1 hari boleh dicampur dalam 1 wadah yang sama, asaaaaal dengan suhu yang sama. Misal, hasil perahan jam 9 pagi 30ml, 1 jam kemudian ditarok di kulkas. Lalu, jam 1 siang pompa lagi cuma dapet 50ml (setelah suhu ruang) tarok kulkas sekitar 1-2 jam agar suhu sama, nah trus yg hasil perah jam 9 & jam 1 siang ini bisa dijadikan dalm 1 wadah Kak, krn suhu udah sama.

    CMIIW para mama perah lainnya.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin kata dokter Buti, yang jadi problem adalah kalau kontaminasi udara terlalu sering, kualitasnya ASIP menurun, jadi mendingan nyetok dipas-pasin sama jumlah sekali minum.

      Awalnya juga aku digabungin gitu, tp setelah denger kata dokter Buti, iya juga ya kan berarti tempat ASIP sering kebuka karena nuangin ASIP. Makanya sekarang di pas-pasin sekali minum naro diwadahnya. Kalau perahan digabung dalam satu hari itu emang slalu aku lakuin dulu hehehe karena nanggung. Klo skrg mompa diliatin ml nya biar ga bablas kebanyakan haha, suka sayang wadah kan...

      Delete
  5. Mba Fifi, mari kita sama2 semangat ngASInya :)
    Oiya mba, itu di freezernya masi polos ga ada ice gel ice pack apa sengaja ga difoto?
    Mau kasi saran buat pencegahan mati lampu disekelilingnya ditambahin ice gel ice pack jadi kalopun *amit2 mati lampu bisa tetep dingin CMIIW :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ice gelnya dikepinggirin dulu biar bagus fotonya, hahahahaha. Termasuk plastik ASIP yang numpuk, kurang indah aja difotonya :P

      Delete
  6. Selamat ngAsi..sama aku juga pake Medela Harmony..itu udah pakem banget, sempet nyoba Pigeon & Avent Manual punya temen tapi sedotannya ga sekuat Medela dan juga berisiknya ga nahan..untuk yang Medela aku kadang pake botol Pigeon juga bisa kok, malah kalo menurut aku yang Medela lebih fleksibel bisa pake botol merek apa aja yang standar (bukan wide neck)..
    Oia, untuk spare part Medela di toko2 baby ITC banyak yang jual, atau kalo mau onlen di asibayi.com atau bisa ke service centernya di Kelapa Gading, telpnya: 4522249..posisinya di Ruko Plaza Pasifik (antara MOI & Lotte Mart)..hope this help ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari awal udah pernah nyobain Medela di botol Pigeon ga pas ulirnya, akhirnya masih lebih pas BabyPax. Terus spare part Medela emang susaaaaaah bgt di setiap toko ITC Ambass ga ada yang jual lagi hingga online shop, akhirnya terpaksa kemarin beli di Kelapa Gading, itu juga taunya dari asibayi,com yang dipantengin dari jaman hamil hahaha, sampe sadar spare part ada yg rusak ga taunya ditulis no telp CS Medela disitu. Thank you infonya ya, sayangnya coba diinfo dari awal, hehe, soalnya akhirnya keburu ke Kelapa Gading sebelum baca reply ini.

      Delete
  7. Mba fifi tanya donk, aq kan kemarin ke konselor asi. Dan tanya ttg ASIP, klo mba merah asi itu, dari kantor pake ice gell langsung taruh ke freezer disimpen atw taruh dikulkas atas? Klo yg dikasih tahu, ternyata yg bs ditaruh di freezer itu, asip yg langsung kita perah. Gak pake jeda, icegell dll. Berarti cm bs perah dirumah buat simpen di freezer, klo yg pake icegell cm bs ditaruh dikulkas bawah dan cm tahan 24jam aja. Aq jd bngung. Dilema. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ASIP langsung perah masuk kulkas tengah baru freezer, tapi klo ASIP bawaan dari kantor pake ice gel juga aku prinsipnya sama, soalnya ga mungkin kan memerah ASIP dari kantor trs stoknya cuma dtaro di kulkas tengah, bisa keburu basi. Jadi ya tetep ASIPnya di stok di freezer, alhamdulillah Lana sehat-sehat aja dan gendut dengan cara ini :)

      Delete
  8. Mba, butuh info beli igloo coolerbagnya dimana ya? Yg offline. Cari di 2 acehardware nggak ketemu..hiks, tks mba fifi..kiss buat lola dan lana :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma nemu di ACE, suka ada dan tiada tergantung stok ACEnya.
      Kisses from Lana and Lola..

      Delete
  9. mba fifi, saya adalah silent reader blog dan follower IG mba. jadi udah apal banget sama cerita2 mba, anak2 mba yg lucu, lola dan lana. trus dari blog mba saya juga jadi tau kalo sekarang lola-lana di rumah sama baby sitter. nah, bagian ini yg saya tanyakan. mba dapet BS untuk lola lana dr yayasan mana? recommended ga ya kira-kira? makasih jawabannya mbak :)

    ReplyDelete
  10. mba fifi, seneng bgt manajemen asip lancar... pas bayi pertama ini boro2 nyimpen, bayinya minta trs. akhirnya gk bs setok. ada tips gak mba fifi, biar asi nya banyak? minum jamu atau gmm? salut slalu dg para mommy yg bs nyetok puluhan botol d freezer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempet seret banget akhirnya beli kapsul Lactamam di apotek, dulu dikasih ini sama dokter pas baru melahirkan biar lancar asinya, kadang suka aku makan pilnya saat lagi seret, tapi balik lagi it's in your mind, harus selalu yakin bisa banyak :) Hope it helps ya.

      Delete
  11. hai mba.... mau nanya nih pompa medela harmony compatibel dengan botol avent gak ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak compatibel karena aku uda nyobain :) Ulirnya berbeda.

      Delete
  12. Assalamualaikum
    Mba Vivi selama pake avent manual nyaman ga? Aku kemarin baru beli tapi belum di pake. Selama di kantor mba Vivi berapa kali pumping? Salam untuk baby Lola n Lana ♡♡😚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di kantor awal menyusui bisa 3 pumping tapi lama-lama jadi 1x saja..

      Delete
  13. Wah seneng bgtttt baca review ini..saya sbulan lg masuk krja tp blm persiapan asip sm skali.apakah meres 1 hari ga ckup utk hari besoknya? Jd biar ga nyimpen trlalu byk asip gitu.krna kulkasku kecil.. trus katanya kl buat dipake ga lbh dr 3hari..nggak usah dimasukin freezer ya?salam. Nindy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipakai dalam waktu 3 hari ke depan tidak perlu dimasukan ke freezer :)

      Delete
  14. Hi mba fifi,mau tny..cooler bag itu dpt botol kaca atau plastik? Klo kaca bgm sterilinnya? D freezer ada simpan asip tp bareng dgn makanan lain,asipnya msh bagus ga y? Klo pernah mati lampu,asiny jg rusak ga? Thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga dapet botol ASIPnya, jadi cuma tas aja. Klo kaca atau plastik, botolnya aku slalu setril pakai Sterillizer biar praktis. Di freezer aku simpen daging tapi diberi wadah tertutup rapat agar tidak kontaminasi dengan ASIPnya. Pernah mati lampu 3,5 jam dan ASIP tetep beku. Yang rusak kalau ASIP mencair.

      Semoga cukup terjawab ya :)

      Delete
  15. mbak, igloo maxcoldnya beli dimana yah? aku searching out of stock semua euy. info ya mmbak. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di ACE Hardware mbak, masih banyak yg jual kalau lagi kesana.
      Semoga membantu.

      Delete
  16. Klo cara sterilin BP avent bolehkah semua sparepat nya masuj alat sterik mbak? Pernah denger klo yg bahan silikon g boleh? Share donk mbak pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di video tutorial Aventnya semua spare part bisa di steril, tapi mungkin saja yang silikon tidak bisa, jika itu Avent model lama. Karena yang model baru sudah bisa steril semua.

      Delete
  17. keren mbaa blognya... informatif bangett.... aku masih hamil 7 bulan dan mulai cari2 breastpump juga nih... uda niat banget mo asi eksklusif, karena yg pertama gagal :(
    smoga yg kali ini berhasil.. makasih yaa mba info2nyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... Good luck ya mbak dalam perjuangannya. Semoga lancar tidak ada kendala... :)

      Delete
  18. Mba..mau nanya dong. Pya pnglaman kah, asip beku dbwa perjalanan 12 jam dlm cooler bag dgn ice gel beku. Tp pas nyampe bbrp udh cair, lgsung ak msukin ke freezer. Msh bsa dmnumin g ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak, ASIP yang sudah sempat cair tidak boleh dibekukan kembali, tapi masih boleh masukan ke kulkas tengah untuk kemudian segera diminum. Semoga membantu infonya ya :)

      Delete
  19. Igloo cooler bag dual 24 nya beli di ace hardware cabang mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua ada mbak, suka untung-untungan nemu di ACE. Kalau mau nanya langsung aja di sistem komputernya ACE, nanti mereka kasih tau dimana yang available.

      Delete
  20. Mba, aku mau tanya. ASIP segar yg dipompa trus diminumkan, tp masih ada sisanya. Apa masih boleh diminumkan? Berapa jan batas maksimalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak,

      ASI sisa tidak diperbolehkan diminumkan kembai, kecuali jika belum dipindahkan ke botol yang diminumkan. Misalnya sisa masih pada botol ASIP. Namun jika sudah terkena liur bayi, maka tidak boleh. Maksimal 1 jam mbak :)

      Delete
  21. Mba Fifi, anakku yang pertama juga asi sampe 1 tahun 3 bulan, sekarang sudah berenti asi karena anakku yang pertama udah gak mau nyusu lagi (Gak jelas kenapa). dulu waktu pumping sehari bisa 2x dan cuma dapet 200ml di kantor. temen seperjuangan yang sama-sama pumping bisa dapet 400ml sampe 600ml, kalau liat dari stok ASIP nya mba fifi segitu banyak boleh dishare gak supaya ASI nya bisa berlimpah mba.. soalnya kebetulan sekarang lagi hamil anak ke 2 yang Insyaallah kembar. dan gak pengen mengulangi kesalahan lagi pas masuk kerja udah bisa nyetok ASIP di rumah kayak mba fifi, thanks before mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak,

      Aku pas anak kedua sempet minum Lactamam pas mulai seret, tapi saran aku kalau nanti seret lagi, coba aja segala booster ASI, kebetulan aku cocok sama tablet Lactamam. Tapi banyak kok yang lebih alami dan herbal. Sisanya harus mikir yg happy2 mbak, hehehehe....

      Delete
  22. Mau tanya mbak, untuk naruh asi dibotol kaca tutup karet apa posisi botol harus duduk? Kalau misal posisi ditidurkan biar bisa di tumpuk lebih banyak di frezer or di cooler bag gitu boleh nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, sebenernya bisa saja, tapi sering sekali botol ASIP itu meletus tutupnya karena tekanan udara, padahal belum beku, jadi saran aku kalau mau ditidurkan, harus sudah beku, bukan dari awal mbak. Semoga menajwab ya.

      Delete
  23. Mba fifi slam kenal..sya mw nanya donk..
    Baby sya skrg 5m10d produksi asip sya menurun..
    Uda g sebanyak dlu..
    Minus trs stok asip saya..
    Takut ga bsa asix smpe 2 tahun.
    Apa memang bgtu y klo anak ud mw mpasi produksi asi kita menurun?
    Tablet lactamam dijual bebas tnpa resep bsa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba,

      Maaf kan ya baru bisa balas... Iya biasanya suka agak menurun kalau menjelang MPASI, tapi bisa juga dikembalikan lagi stoknya. Kmrn aku minum lactamam dr apotik bisa dibeli bebas, tapi bisa juga cobain Fenugreek, ini katanya lebih ampuh. Terus sekarang juga bisa dicoba pake Young Living Oil, googling aja tentang booster ASI, udah banyak artikelnya sekarang :) Good luck.

      Delete
  24. Hai mbak, mau tanya nih.. aq pumping suka aq taruh d botol kecil yg 50 ml. Dikarenakan anakku br 3 mnggu, dy msh sdkt minum nya.. sehingga ada sisa. Pertanyaanku, sisa d botol kecil itu suka aq taruh d suhu ruangan dkt bantal dy jd ketika dy mnta susu tinggal kasih. Amankah mbak sisa yg dy minum d botol yg sama aq berikan lg k s kecil? Tp ga pernh lebih dr 3 jam. Klo lebih dr 3 jam aq gnti yg baru. Mohon d jawab ya mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, ASI di suhu ruangan maksimal 4 jam jika tidak dibuka, maka bila sudah terbuka ASIPnya harus langsung diminum sebab sudah terkontaminasi udara. Semoga membantu ya..

      Delete
  25. halo mba fifi, banyak banget artikel mba yang membantu ibu baru macam aku. hehe. mba mau tanya manajemen asi saat masih di rumah gimana ya atur waktu untuk pumping dan menyusui langsung? bayi saya minumnya kuat banget soalnya, jadi susah atur waktu untuk pumpingnya. terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku selalu pas nyusuin pas sebelahnya di pumping mbak. Ga nungguin anaknya selesai nyusu, supaya ga repot dan demand ASI juga lebih banyak. Jangan takut dibilang anaknya kelaparan, karena satu payudara juga biasanya cukup untuk sekali minum, tinggal jadwal menyusuinya aja lebih maju dari biasa kalau nyusuin 2 payudara. Semoga membantu ya...

      Delete
  26. Mba fifi.. makasih tulisannya .. lengkap bgt.. sangat membantu.. saya barusan survey harga tas igloo di ace.. tnyta murah..seratus rb an.. kmrn sempat survey tas ASIP di toko baby, merk nya pigeon.. harga nya 600rb an.. mihill.. untung ngk jadi beli.. dan alhamdulillah googling lngsg nemu blog mb fifi.. horee.. jadi memang ngk perlu cari tas yg mahal ya mb? Yang murah meriah juga aman untuk ASIP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa alhamdulillah infonya bermanfaat. Igloo is the best kok katakuuu. Daripada cooler bag lainnya :)

      Delete
  27. hay ka fifi, aku suka bgt baca blognya ❤️❤️. aku mau tanya, berdasarkan comment diatas kata ka fifi kalo ASIP udah mencair ga bisa dibekukan lagi. ASIP aku pernah mencair tepiannya ada beberapa botol(krn sempat pindah kulkas tp ternyata kulkasnya ga dingin) karena ASIP aku udah lumayan banyak akhirnya aku bekuin lagi, soalnya sayang kalo harus dibuang atau dikasih si dede, aku masuk februari nanti. Kalo kasusnya yg cair tepiannya gimana ka fifi, aku jadi kepikiran statement ka fifi diatas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma pinggiran masih aman kayaknya, aku sering gitu kalau mati lampu kulkasnya jadi ga dingin. Soalnya masih beku secara keseluruhan...

      Delete
  28. Hy mba fifi. Aku full asip mba dari baby umur 2 mgg., baby ku bingung puting. Awalnya sih krn puting rata & baby sempat kuning, allhamdulilah msh full asi dr lahir usia masuk 3 bln. Banyak yg bilang produksi asi akan menurun & berhenti. Awal pumping sy hanya dpt 60-90 ml skrg 90 - 120 ml & ini hanya 1 PD yg lancar yg 1 udah ngadat dr awal . Sy optimis aja mba bisa full asi setidak nya selama 6 bln, & semoga bisa sampai 2 thn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnnn semangatttt mbak. Bisa karena mindset bukan karena hal lain kalau menurut aku :)

      Delete
  29. mba fifi, mau tanya, botol breastpump avent compatible nya dgn botol merk apa ya?
    pernah kelupaan bawa breastpump tp botolnya ga kebawa, jd ga pumping deh di kantor.
    Kalo sama pigeon wideneck masuk ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba pake yang pigeion wide neck, adik aku yang pake metode ini..

      Delete
  30. Salam kenal mbaa..reviewnya keren banget sangat bermanfaat buat new mommiii �� anyway untuk cooler bag Igloo beli dimana Mba? Soalnya beberapa kali nyari gak nemu �� thankyouuu ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cooler Bag Igloo adanya cuma di ACE hardware mba...

      Delete
  31. Mbak fifi.,slm knl..mau nanya ne..berhubung ntr lgi masuk kerja yg mn bayi dtinggl slm 2 hari..ntr klw asi dsmpn dlm coolerbag ntr smpe drmh dmsukan dlm kulkas atw flezer ap masih bisa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma di cooler bag harus diminum langsung mba jadi taro di kulkas aja. Kalau mau masuk freezer, ASIP sebelumnya udah disimpen di kulkas...

      Delete
  32. Mbak fifi kalo asip dr kantor dimasukin kulkas trus untuk perjalanan pulang masuk ke cooler bag, nyampe rumah boleh masuk freezer lg gak yah? Apa cuma bisa kulkas bawah aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masukin ke Freezer langsung mba, jadi abis diperah kan dinginnya sama kayak kulkas bawah kalau ditaro di cooler bag. Sudah menggunakan ice gel. Jadi sudah seimbang suhunya, tinggal masukin ke freezer.

      Delete
  33. Mbak Fifi, salam kenal.
    Aq lg butuh igloo dual compartment 24 kaya yg mbak Fifi punya tapi nyari ga nemu nemu. Ada kemungkinan dijual ga Mbak punya Mbak Fifi? Hehehe
    Trims sebelumnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf banget ya baru balas nih... Boleh kok kalau mau aku jual Rp. 150,000 ajaaaah... Japri by email ya...

      Delete
    2. halo mba fifi, untuk igloo dual compartementnya masih available, boleh aku beli mba?

      Delete
    3. Ada mba, japri di email aku yaaa...

      Delete
  34. Mba fi mau tnya ya. Kalo utk asi yg sudah dihangatin menurut manajemen asip mba fi boleh disimpan kembali di kulkas bagian tengah/ chiller tp maksimal 4 jam, benar begitu ya mba? Dan bolehkah jika yg dismpan kembali itu sisa susu yg tidak habis dminum baby (masih dlm botol yg sama)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba kalau ASI udah dihangatkan ga boleh dimasukin lagi ke kulkas. Jadi prinsipnya keluar dari ruangan harus habis mba.. Semoga menjawab ya..

      Delete
  35. Makasih banget buat artikelnya, saya yg ga ngantor setidaknya dpt ilmu ttg managemen ASIp. Btw mba, cooler box-nya cari/beli dimana ya? Kebetulan kakak saya ngantor dan di kantornya ga ada kulkas. Makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cooler box banyak mba di supermarket. Lebih murah malahan, hehe..

      Delete
  36. Mba fifi, senangnya membaca blog mba, pengalaman emg ilmu yg ga bisa di beli :) mau nanya mba klo nyimpen asip di frezer yg di campur daging dan asip di simpen di botol kaca yg tutup karet, cmn ada beberapa yg tutup nya suka meletus klo sudah beku, gmn ya mba boleh di tutup kembali atau harus dibuang ya ? Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanya ke ahli laktasi boleh kok ditutup lagi selama isinya masih beku mba. Tapi memang harusnya daging sama susu ga boleh bersebelahan kecuali di kasih kontainer untuk dagingnya..

      Delete
  37. halo mb fifi,,,mohon pencerahanya.aku bru masuk kantor lg setelah cuti. berhubung dikantorku ga ada kulkas jd aku bwa coolerbag isi icegel.
    bagaimana kalo aku perah asip akan tetapi icegel sudah aga mencair karna aku perah jam 3 sore. apakah masih bagus kandungan asinya apabila icegel sudah tidak sebeku pas diambil dr freezer.kekuatan icegel yang sudah aga cair berapa lama mba?dan sampai rumah aku simpan asi di kulkas tengah karena untuk dimimum esok harinya. bagaimnana mba.mphpn jawaban lengkapya mba masih bingung nih.makasi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba

      Bisa jadi Ice Gel mencair karena kurang rapat coolerbagnya. Saran aku di double aja pake cooler bag mini. Soalnya aku biasanya kalau udah cair gitu ice gelnya, yang aku pompa langsung dikasih buat besokannya (naro di kulkas tengah). Cuma kan sayang kalau merah lagi banyak, jadi biar awet bisa masuk freezer, aku pastiin ice gel ga mencair..

      Delete
  38. Artikelnya menarik dan informatif sekali...thanks

    ReplyDelete