Saturday, September 13, 2014

Lolana's Day: Card & Goody Bag
9/13/2014

Lolana's Day: Card & Goody Bag

"Happy 1st and 3rd birthday Aurora & Alana", 2014

Agustus lalu, anak-anak berganti usia, Lola sudah memasuki fase lebih dewasa dan tentunya sudah tidak pakai diaper lagi, dan Lana sudah memasuki fase balita yang kalau main sudah bisa asyik sendiri.

Pergantian usia itu ternyata cukup signifikan ya dari tingkah laku anak. Semakin terlihat bahwa banyak kemampuan yang dapat mereka lakukan. Rasa ketergantungan juga perlahan mulai hilang menjadi rasa ingin mandiri. Terlebih lagi Lola yang kini sudah 3 tahun, merasa segala sesuatunya bisa dia lakukan sendiri tanpa ingin meminta bantuan.

Saya sendiri pun sudah melewati fase merawat bayi yang terbilang sangat fragile. ASIP yang terkumpul hampir 700 botol selama setahun, Makanan pun sudah tidak terlalu sulit karena bisa makan nasi biasa.

Berhubung mereka hanya terpaut 5 hari tanggal lahirnya Lola dan Lana, jadi saya satukan saja acaranya. Hanya syukuran biasa dan tidak melakukan sesuatu yang berlebihan, karena pada dasarnya ulang tahun bukan hal yang kami rayakan, sekedar bersyukur saja telah diberikan kesempatan umur lagi.

Seluruh keperluan saya dapatkan dengan membeli sendiri dan tentunya mendesain sendiri. Tadinya ingin memakai vendor saja agar tidak repot, tapi setelah diperhitungkan ternyata para vendor bisa mark-up harga 2 kali lipat dibanding membuat sendiri.

Jar plastik bersama pita-pita saya beli di Pasar Mayestik, paper bag pesan di online shop, kemudian isinya beli di mall dan supermarket biasa, ada Playdoh, Blocks, Crayola, susu, jelly, marshmellow, chocoloate, dan snacks. Awalnya ingin cemilan sehat tapi saya kurang yakin anak-anak akan doyan, pasti cuma kebuang sia-sia dan itu jadi percuma.

Desain ini saya gambar sendiri di Photoshop, dan memilih ikan paus karena saya suka dengan karakter ikan paus yang besar tapi tetap tenang. Semoga anak-anak menjadi anak yang makin besar tapi selalu merasa tenang hidupnya.

Pemilihan warna turqouise pada dasarnya karena saya suka sekali dengan warna ini, kemudian dipadankan dengan pink dan emas agar ada kombinasinya. Untuk sticker saya cetak di tempat print pada umumnya, tapi sticker yang saya pilih bahannya waterproof agar tidak mudah rusak. Untuk satu goody bag ini kisaran harganya hampir Rp 100,000. Saya membuat untuk keluarga, teman Lola di sekolah dan anak teman-teman saya di Casa Elana. Tidak terlalu banyak.

Kenapa saya memasukan Playdoh pada goody bag? Simply because it is Lola's favourite toy! Dia tergila-gila pada Playdoh. Kemudian saya tambahkan Blocks dan Crayola agar menambah daftar kegiatan yang bisa dilakukan oleh sang anak nantinya. Saya dan Lola penyuka aktifitas seni, jadi tentu isi goody bag tidak jauh dari itu.

Tips saya dalam memilih konten goody bag adalah :
  • Pilih bahan yang aman untuk anak kecil.
  • Semakin warna-warni isinya, semakin disukai.
  • Masukan detail khas, misalnya disini kami menyebutnya "A Jar of Happiness".
  • Gunakan budget plan supaya menahan diri untuk tidak membeli terlalu banyak isi goody bag.
  • Buatlah sesuatu yang berkesan dengan DIY, alias handmade buatan tangan ibunya.
  • Banyaklah membuka website vendor goody bag untuk mencari inspirasi.
  • Komposisi hadiah dan makanan sebaiknya seimbang.
  • Buat juga goody bag versi tamu dewasa. Kalau saya isinya makanan saja di dalam jar.
  • Ajak anak untuk ikut menghiasnya, agar mereka kreatif.
  • Buatlah goody bag yang sekiranya akan memorable.
Nah selamat mencoba ya dan selamat hunting.

3 comments :

  1. halo mb fifi :)

    happy blated birthday dear lola n lana, sehat selalu n tumbuh cantik jg pintar seperti mommy-nya yaaa amin.
    oia mb info online shop yg jual paper bag seperti yg diatas dong,
    Thx u yaa

    salam,

    Irna

    ReplyDelete
  2. goodie bag nya di isi apa aja mbak vi?

    ReplyDelete
  3. Thank u Mama Irna untuk doanya, ini beli di Gudily paper bagnya :)
    Mbak Adziema itu isinya ada di artikelnya, mohon dibaca dulu :)

    ReplyDelete