Sunday, January 04, 2015

Mayo Diet Story
1/04/2015

Mayo Diet Story

"New year, new me", 2015

Beberapa waktu lalu di bulan Desember, saya memutuskan untuk melakukan Diet Mayo. Banyak yang mengatakan, untuk apa saya harus diet? Jujur saja saya merasa khawatir dengan peningkatan berat badan yang sangat signifikan sejak saya menjadi ibu rumah tangga. Ketika di rumah, yang sering kali saya lakukan adalah membuka kulkas setiap 1 jam dan tentunya melahap camilan tiada henti. Hampir sebulan pertama saya baru saja menjadi ibu rumah tangga, sudah harus menyaksikan naiknya timbangan yang bertengger manis siap menertawakan saya.

Awalnya tidak mau terlalu ambil pusing, dan kemudian berpikir mungkin kah saya selalu merasa lapar terus? Akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi mengkonsumsi nasi sejak awal Desember. Nasi memang sumber energi tapi menurut saya masih banyak sumber energi yang lain selain nasi, karena mengkonsumsi nasi mudah membuat saya merasa kelaparan dan juga kandungan gula yang tinggi.

Tidak lama sejak itu, teman saya Tania dan Opiq baru saja mempubilkasikan paket Catering Diet Mayo Halal dan dalam hitungan menit usai saya melihat iklannya, sekejap langsung meminta pricelist dan ingin tahu seperti apa Diet Mayo. Mungkin nantinya dapat membantu saya mengurangi rasa ingin terus mengunyah. Alasan saya mengikuti ini memang ingin bisa mengontrol makanan yang masuk, ya bonusnya tentu mendapatkan kembali berat badan sebelum menikah.

Screwpine Kitchen namanya atau @screwpinekitchen jika ingin melihatnya di Instagram. Email pertama yang saya dapatkan begini isinya :

SCREWPINE 13 DAY NO SALT DETOX MENU

Welcome to the 13 day no salt detox journey! Please read our rules and disclaimer carefully and you are good to go.
  1. NO salt (you can NOT put ANY additional salt, that includes ketchup, sambal, kecap, mayonnaise, mustard or any additional condiment  in any meal below). 
  2. Drink a minimum of 2 liters of water daily (NO iced water).
  3. Self control. NO cheating, even for a bite. It will ruin all the chemistry reaction of the diet. If you do, confess  and you will have to start again from day 1. Avoid any temptations. Skip lunch invitations, or any other social agenda which involves having meal together during the 13 days.
  4. Try to finish your meal and eat your meal on time (breakfast at 7-8 AM, lunch at 12 PM and dinner by   6.30 PM. No meal above 7 PM.)
  5. SCREWPINE only provides for your lunch and dinner, so please prepare your own breakfast at 6 AM.
  6. Have fun and be positive! Positivity will help you get through the day. Always remember why you do this at the first place. Mind over matter; YOU CAN DO IT! 
DISCLAIMER
  • This menu is created solely based on personal research and experience. If followed correctly, you are expected to lose 2 to 6 kgs (result varies). Exercise is advised for maximum result.
  • Please consult with your physician shall you have any concern regarding your health condition.
  • Please read the menu carefully and advise us whether you have any allergies.

Sungguh email penuh keberanian yang membuat saya sangat tidak yakin saat itu. Namun jelas tidak akan ada solusinya jika saya sendiri tidak memiliki tekad kuat. Usai email manis ini, saya pun meyakinkan diri sendiri, bahwa 13 hari itu tidak akan lama, dan saya pasti bisa. So I signed up for the next batch on December 15th, 2014. Oh ya mereka masih mempertimbangkan catering dengan pengantaran di luar Jakarta seperti saya, tapi akhirnya berbaik hati mau mengantarkan ke rumah.

Sebelum saya lebih panjang menjelaskan apa rasanya pengalaman kemarin, ada baiknya saya jelaskan dulu. Diet Mayo merupakan program diet yang pertama kali di cetuskan oleh Mayo Clinic's USA dengan metode yang diberi nama Diet Mayo. Diet tanpa garam yang dilakukan 13 hari tidak makan garam atau makanan yang mengandung rasa asin. Dimana diet ini terbukti sangat ampuh untuk menurunkan berat badan sekitar 7 sampai 8 kilogram.

Semenjak itu saya memulai program Diet Mayo saya, dan setiap harinya dikirimkan email-email mengenai hari-hari yang akan di lalui. Konon banyak yang merasa berat pada hari-hari awal program Diet Mayo dijalankan, namun saya sama sekali tidak merasakan demikian, bisa jadi karena saya memang 2 minggu sebelumnya sudah tidak lagi mengkonsumsi nasi.

Menu makanan di Screwpine Kitchen luar biasa mengagetkan menurut saya. Setiap melihat penampilannya, saya terkadang sedih melihat betapa sehatnya (penuh sekali dengan sayuran) dan terlihat lebih plain dari menu makanan saya sehari-hari, hahahaha, tapi begitu mencoba ternyata rasanya enakkkkkk semua. Seriously, they're so good on processing this simple meal into delicious lunch and dinner, I thought this diet was going to kill my appetite.

Salah satu kunci utama saya juga, dimana dapat dengan mulus menjalankan diet ini, karena saya order Sambal Matah, yeaahh. Sungguh penyelamat hidup di kala diet. Sambal Matah ini saking juara enaknya sampai harus saya irit-irit supaya tidak cepat habis, tapi akhirnya habis lebih cepat dari dugaan karena terlalu enak. Mereka juga mengumumkan melalui email "Some of the participants asked if they can put any seasoning or chillis to their meals, the answer was, YES you may put some seasonings, chillis (fresh or powder) and fresh or dry herbs. Just make sure they don't contain salt (some onion, garlic and chilli powder contains additional salt)".

Kunci penting lainnya menurut saya, bagaimana menikmati menu Diet Mayo adalah dengan tidak membiarkan makanan dingin. Saya selalu memanaskan kembali makanan, agar terasa lebih menggugah selera. Oleh karena itu, ada baiknya jika memang melakukan Diet Mayo, sebaiknya di rumah atau di kantor selalu siap dengan microwave atau kompor untuk menghangatkan makanan.

Hal terberat saat melakukan diet adalah ketika harus pergi keluar rumah!! Sungguh saya merasa tertekan, tapi berjanji tidak boleh cheating. Jujur saja beberapa kali saya akhirnya cheating, eits tapi jangan salah, saya konsumsinya SALAD! Luar biasa sih ini my accomplishment-nya. Beraaat ya hidup semasa diet, cheating-nya bukan makan dessert malah makan daun selada.

Menjalani Diet Mayo juga tidak serta merta diam saja tanpa olahraga. Saya melakukan yoga sepanjang masa diet, dan cukup berat juga ketika olahraga menghabiskan banyak energi dan saya tidak diperbolehkan mengkonsumsi camilan. Kalau sudah begini saya biasanya tambahkan porsi makanan dengan memasukkan jamur atau tomat ke menu lunch atau dinner.

Jadi bagaimana hasilnya? Dalam 13 hari saya sudah turun 3 kilogram. Tidak banyak memang tapi saya kembali ke berat semasa saya belum menikah. Dan ini sebuah prestasi bagi saya pribadi. Yang membuat sedih adalah semua celana terasa sangat longgar dan tentunya melorot jika dipakai. Awalnya saya ingin segera menuliskan pengalaman ini, tapi saya memilih menunggu seminggu kemudian, untuk melihat seperti apakah pasca Diet Mayo saya.

Saya tidak lagi mudah lapar, dan tentunya saya tetap melanjutkan apa yang sudah susah payah lakukan di 13 hari yang lalu. Sekarang apa yang saya makan, porsinya tidak lagi rakus dan tentunya saya sangaaaat menjauh dengan Fast Food. Begitu lihat rasanya tidak selera. Bukannya tidak mau lagi, mungkin saya akan masih mencicipi, tapi tidak terlalu sesemangat seperti dulu melihat ayam goreng si kakek berjanggut putih.

Dalam 1 minggu pasca diet, saya pun berhasil menurunkan kembali 1 kilogram lagi. Dan sesudah ini saya rasa cukup sudah diet yang saya jalani, sekarang waktunya kembali menikmati hidup saya dengan memilih makanan yang lebih sehat, kalau kemarin diet kan tidak boleh sama sekali yang namanya camilan kue, sekarang saya bisa bebas kembali menikmati waktu-waktu cemilan, namun tidak seperti dulu yang merasa mudah lapar. Efek lainnya pasca Diet Mayo adalah perut terasa cepat kenyang, padahal baru melahap beberapa suap, sehingga saya terhindar dari hasrat ingin makan rakus. Oh ya Diet Mayo ini hanya boleh dilakukan 1 KALI dalam 1 TAHUN.

Bagi yang ingin mengetahui menu diet saya kemarin, ini dia :

Beberapa foto saya memintanya dari akun official mereka di @screwpinekitchen agar lebih jelas seperti apa menu masakannya. Sebagian orang memilih beragam jenis diet yang disesuaikan dengan kemampuan fisik dan mental yang menjalankannya. Diet Mayo, jujur saja adalah pengalaman terberat saya sepanjang karir perdietan, hihi. Tapi semua indah pada akhirnya, karena sekarang saya merasa seperti baru lulus kuliah, 10 tahun lalu!


I've got my body back even though I'm a mom with 2 kids, I can take care of my body shape. You don't need any medication or diet pill or putih_tinggi_langsing_spammers account or even liposuction, you just need the right food combination. If you can not manage to cook all of those food, just let the expert handle it as simple as you open the door, and voila your food is arrived safely in your hand.

Thank you Screwpine for all of the hardwork on helping me back to my healthy track. This ain't a lifestyle idea, it's a life changing experience for me. Hopefully it can inspire other moms to do the same thing, because being a mom doesn't mean we forget how fabolous we are by taking care of our body and of course get the bonus of a healthy glowing skin.

PS :
Kalau ingin menanyakan harga dapat langsung menghubungi ke screwpinekitchen@gmail.com atau 08176095400 (whatsapp/sms), karena sewaktu batch saya dengan batch baru ternyata berbeda harganya, oh ya harus ditanyakan juga area pengantaran catering-nya, kurirnya dapat mengantar ke kantor atau rumah. Sewaktu saya kemarin sekitar jam 9-11 pengantarannya. Katanya harga sudah termasuk ongkir untuk area Jakarta. Berhubung saya di luar Jakarta, ada beberapa penyesuaian, nah mungkin enaknya langsung dikonfirmasi saja bisa apa tidaknya untuk lokasi pengiriman catering. Good luck ya jika akan ikutan. Mau masak sendiri atau catering, yang penting semangatnya.

22 comments :

  1. Mba Fifiii... bener banget, sejak jadi ibu rumah tangga berat badan jadi cepat naiknya T_T. Makasih ya sharenya jadi semangat lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa di rumah kerjaannya kalau ga ngemil ya bikin camilan hahaha. Parah deh ini, hasrat melihat isi kulkas dan mengunyahnya yang kemarin susah diberhentiin. Si diet mayo ini berhasil membuat perut cepat kenyang jadi ga ada lagi hasrat pengen melahap segala.

      Delete
  2. Hai vivi, mau tanya sambal matahnya pesan di screwpine jg? N stlh diet mayo ini kembali makan nasi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Witha, apa kabarnya?

      Iya ini awalnya order Sambal Matah karena nyobain yang ada di menu mereka, pas dicoba langsung ga kerasa seperti lagi diet makanannya, terus nanya boleh ga order. Alhamdulillah dikabulkan, hihihi. Sampai sekarang bertekad ga makan nasi lagi sampai waktu yang belum ditentukan, kalau pun harus makan occasionally aja kalau ada acara. Semoga membantu jawabannya.

      Delete
  3. Halo Mba Fifi, mau nanya apakah ada pengaruh gak diet mayo dengan menyusui? Saya Ibu menyusui dengan anak seumuran Lana, mau coba diet mayo tapi masih ragu. Thx before Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Farrah,

      Diet ini tidak boleh dilakukan saat menyusui. Aku sudah menyapih Lana sejak akhir 2014. Semoga membantu ya infonya.

      Delete
  4. hai mba fifi..jadi tertarik..tetapi saat ini saya masih menyusui, apakah boleh melakukan diet ini? karena saat menyusui selalu lapar..saya suka sekali baca blog mba fifi..thx for sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Gita,

      Hihi jadi ibu menyusui pasti sangat lapar sekali, jadi jangan sampai kelaparan karena diet. Saat menyusui aku sama sekali ga bisa diet, dan Diet Mayo ini tidak boleh dilakukan untuk ibu menyusui. Kebetulan aku baru saja menyapih Lana, jadi tidak maslah jika nanti sudah selesai periode menyusui. Semoga bisa membantu jawabannya.

      Delete
  5. Looks so yum yah.....jadi kepengen nyoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan aslinya daripada di foto :)
      HIhi cobain aja, siapa tahu bisa turun berat badannya lebh banyak dari aku.

      Delete
  6. Fiii. asli liat postinganmu dipath sempet pengen pesen. Pas desember lgsg email nanya pricelist utk batch januari, udah mau ikutan tdnya tp karena umrah lupa dan telat dftr deh. Pas nanya lg untuk batch februari harganya naik lumayan banyak, huaa jadi mikir-mikir lagi. haha. Plus takut gak konsisten, kan sayang ya udah mahal-mahal. haha. Tapi baca postingan ini jadi pengen ikutan. saya galauuuuu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalau sanggup masak sendiri juga gpp Fik. Kalau gue males euy. Btw ini pipi gue sekarang sampe tirus berkat si mayo. Nanti deh gue japri fotonya hahaha. Mau publish tapi malu. Tapi setelah di survey sama kantor, yg lagi bikin liputan berbagai jenis catering, kayaknya sekarang sama semua harga si catering. Mungkin udah masuk 2015 harga baru. Masalahnya kalau ikut catering jangan sampe ga konsisten aja Fik, sayang duit nanti, hahahahaha. Gudcluck yaaaa.

      Delete
  7. Assalamualaikum mbak Fifi Alvianto,
    Thanks yah mbak atas postingan artikelnya, karena bikin aku untuk jadi follower diet mayo ini.
    and salut atas kegigihan untuk menahan godaan-godaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,

      Waaah semangat yaaaa, nanti kaget deh lihat hasilnya, perjuangan selama itu membuahkan hasil maksimal kalau kata aku, hehehe. Good luck ya...

      Delete
  8. Kaaa fifi, doaaiinn yaaa lagi otw diet mayo udh hari kedua hehehe. Semoga konsis smpai hari ke 13 yaa kaaa♥

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum mba fifi.. liat foto menu diet mayo malah keliatannya yummyyy bgt.. boleh tu kayaknya kalo coba dari catering, soalnya kalo sy coba masak sendiri walopun dengan semangat tinggi tetep rasanya tdk enak. hehehehe... thanks sharingnya mba fie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam..

      Hihi iya kalau dimasakin orang uda jaminan soal rasa, jadi semangat dietnya, hehehe.. Sama-sama semoga bermanfaat ya...

      Delete
  10. wihhh aq juga pengen diet kalau makanannya begini.. :D

    ReplyDelete
  11. Halo mba, saya diet mayo juga baru masuk hari ke 3, tapi lunch udah ga bisa ketelen setengah 😁
    Kayanya menarik klo bkin sambal matah ky mba fifi, pertanyaan saya, apakah sambal matahnya pake minyak? Makasih byk sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga..

      Aku kurang tahu teknisnya, tapi dari berntukannya ada minyaknya memang, cuma dibuat aman katanya, aman untuk konsumsi saat diet mayo. Sungguh membantu sih ini sambal, bikin semua makanan lebih enak :)

      Delete
  12. apa gak bosan kak tiap hari mayo terus .. ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm bosan iyah tapi ya kalau ngikutin bosennya, ga kesampaian dong goal mau sehatnya. Kan udah diet mayo bisa makan enak lagi...Yang bikin bosan itu karena rasanya lebih tidak terasa seperti makanan sehari-hari saja yang biasanya banyak bumbu. Jadi seleranya ga terlalu tergugah. Tapi kemarin cateringnya tetep enak kok.

      Delete