Wednesday, February 25, 2015

Berbelanja Kebutuhan Bayi
2/25/2015

Berbelanja Kebutuhan Bayi

(Silahkan simpan Baby Shopping List ini dari handphone ya jika tidak dapat disimpan melalui komputer, dan silahkan mengunduh hanya dengan klik pada gambarnya atau untuk memperbesar gambar. Ukuran asli untuk kertas A4).

Sebagai ibu dengan balita berusia 1.5 dan 3.5 tahun, rasanya pengalaman memiliki bayi baru lahir telah dilewati dengan sangat cepat! Tidak terasa mereka kini tumbuh menjadi anak kecil. Tulisan ini saya publikasikan kembali, dengan revisi pada beberapa poin di artikel Baby Shopping List pada tahun 2011.

Beberapa waktu lalu baru saja kembali berbelanja kebutuhan untuk bayi, adik perempuan saya sebentar lagi akan melahirkan dan ini menginspirasi saya untuk menuliskan pengalaman selama ini. Pada tahun 2011 saya membuat sebuah daftar panjang hanya berdasarkan keinginan, namun kini saya akan menjabarkan berdasarkan kebutuhan bayi baru lahir.

Banyak sekali barang yang menurut saya terpakai hingga saat ini dan juga pemakaian yang hanya sekejap, alias terbeli hanya karena rasa penasaran. Dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang akan berbelanja kebutuhan bayi.

Tips-tips berbelanja kebutuhan bayi :
  1. Pakaian bayi cukup 1/2 lusin saja baik atasan maupun celana, kecuali untuk popok kain dan bedong 1 lusin. Apabila memutuskan akan menggunakan disposable diapers, bedong tidak diperlukan hingga 1 lusin, cukup 4 saja. 
  2. Sarung tangan dan kaos kaki hanya dipakai sesekali, cukup memiliki 2-3 pasang saja. Ukuran newborn pun cepat sekali membesar.
  3. Alas ompol waterproof sebaiknya yang permukaannya rata, tidak perlu yang bergelembung, sebab sulit dibersihkan jika terkena kotoran.
  4. Popok kain ikat hanya saya gunakan selama 1 bulan, sesudah itu tidak terpakai, jadi pikirkan dahulu apakah akan menggunakannya atau tidak, sebab sejak anak kedua saya sama sekali tidak menggunakannya.
  5. Jika ingin mencoba cloth diaper dan bedong praktis yang all-in-one, cukup membeli satu aja dulu sebagai percobaan. Silahkan membaca artikel review beberapa merek [Cloth Diaper].
  6. Sementara untuk bodysuit lebih baik membeli yang merek lumayan seperti Mothercare agar lebih awet tidak mudah melar.
  7. Topi dan slaber sangat jarang digunakan, namun topi sangat baik digunakan saat bayi sedang disusui, karena memang disarankan oleh dokter jika menyusui gunakanlah topi pada bayi. Sementara slaber pada newborn digunakan untuk mengelap mulutnya sesudah menyusui, lebih praktis daripada sapu tangan. Nantinya pada usia 3-4 bulan dipakai untuk mengelap air liur yang menetes karena gigi mulai tumbuh.
  8. Untuk bathtub silahkan membeli yang rendah pinggirnya agar tidak pegal. Saya sendiri hanya menggunakan bathtub hingga anak usia 1-2 bulan, sejak itu menggunakan baby bather (kursi jaring) dan shower.
  9. Toilteries untuk bayi sangat beragam, saran saya belilah dahulu kemasan kecil karena seringkali bayi bereaksi pada beberapa merek. Sebamed menurut saya paling netral dan aman.
  10. Jika ingin membeli thermometer jangan membeli yang air raksa tetapi membeli yang elektrik.
  11. Baby box itu sifatnya sangat optional, karena menurut saya jauh lebih mudah tidur bersama bayi daripada memindahkannya ke baby box. Jika ingin membeli gunakan yang praktis. Saya membeli Nuna Sena karena ketika dilipat menjadi kecil sekali dan space saver.
  12. Untuk seprei kasur tidak akan sering diganti karena sudah dialasi oleh alas ompol waterproof, namun untuk seprei bantal membutuhkan 4-5 buah, karena sehari bisa berganti sperei bantal hingga 2 kali. Bayi baru lahir kepalanya sangat mudah berkeringat dan juga gumoh.
  13. Kelambu juga sangat berguna menurut saya, karena bayi tidak mudah terganggu tidurnya oleh gangguan nyamuk.
  14. Untuk breast pump, silahkan cek artikel saya tentang [ASIP].
  15. Untuk sterilizer, saya memilih Tommee Tippee karena besar dan ada tanda lampuya.
  16. Beberapa barang banyak yang harganya cukup memusingkan, karena sifatnya barang elektronik, sebagai alternatif daripada membeli sekaligus, dapat dijadikan daftar hadiah jika ada teman atau keluarga yang bertanya.
  17. Stroller memang sebaiknya memiliki 2 jenis, karena yang kokoh sangat terpakai saat sedang pergi ke mall seharian, dan yang ringan terpakai saat travelling. Nanti saya review kembali beberapa stroller yang pernah saya gunakan.
  18. Carseat terpakai sejak Lola masih bayi 3 bulan hingga Lana menjadi balita dan terkadang dipakai Lola juga yang sekarang sudah berusia 3,5 tahun. So buy a good one. Saya menggunakan Britax First Class.
  19. Diaper bag adalah hal terpenting bagi saya saat berpergian. Jadi saya rasa mempunyai satu diaper bag stylish hukumnya wajib. Saya memiliki beberapa merek favorit seperti SkipHop, BabyMel, dan Timi and Leslie.
  20. Sebelum belanja sebaiknya membuat budget, karena bisa over limit. Banyak barang yang ingin dibeli padahal tidak harus dibeli saat pembelanjaan pertama untuk newborn, termasuk peralatan makan atau MPASI.
  21. Barang belanjaan bayi itu sangat banyak, sementara ada beberapa yang belum waktunya untuk dibuka (apalagi alat elektronik), saya menyarankan untuk membeli container besar dan disimpan jadi satu sebelum waktunya melahirkan.
Sekian update shopping list saya, selamat berbelanja dan ingat jangan kalap. Banyak membaca review juga sangat membantu dalam memilih barang. Pastikan hanya berbelanja sesuai kebutuhan, sedikit lebih baik daripada terlalu banyak. Membeli barang yang unisex juga lebih berguna untuk anak selanjutnya.

14 comments :

  1. mbaaa bermanfaat bgt! jd reminder buat beli apa aja di anak kedua hehehe.. tp ak penasaran menunggu review stroller nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaaa nih yang stroller menyusul yaaa :)

      Delete
  2. duh infonya bermanfaat banget mba fifi buat calon ibu anak pertama kaya aku.
    maklum takut kilaf belanjanya karna anak pertama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Ruli, hihi iyah biasanya memang khilaf kok hahaha, tp gpp memuaskan hasrat penasaran. Semoga bermanfaat yaaa. :)

      Delete
  3. Hai mbak.. tanya dong.. untuk anak kedua mbak bilang kalau tidak menggunakan popok kain ikat.. pengalaman saya waktu anak 1-2 dulu tetap pakai popok kain ikat sampai usia 1 bulan lalu dilanjut celana pop. jadi kalo ga pake popok kain ikat dari newborn pake apa ya mba? kbetulan skarang sedang hamil anak ketiga stlh 6thn jadi agak linglung.. thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake diapers sekali pakai mbak pas anak kedua, karena kerja kantoran pas anak kedua, takutnya yang ngasuh di rumah kurang telaten bersihin clodi dan popok. Jadi pas anak kedua nyerah, langsung pake pospak deh, dulu anak pertama, clodinya aku semua yang cuci.

      Delete
  4. Wah artikelnya bermanfaat banget, Fifiii... Aku bookmark deh :D *first time mom*
    Udah hamil 7 bulan masih bingung harus beli apa aja >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi selamat berbelanja yaaa, jangan kalap, banyak barang bayi ga penting sebenernya yang suka penasaran pengen di beli eh taunya kepake sebentar banget. Kalau mau beli-beli yang non primer, tunggu seiring waktu anaknya semakin besar aja, soalnya kalau beli di awal pas hamil suka kadang ada yang cocok ada yang engga ternyata. Happy shopping...

      Delete
  5. thx banget sharing artikelnya. semoga gk kalap deh aku. hihiihi... lengkap banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii iyaaaa jangan kalap yaaa, kepake cuma sebentar banget barang bayi, kalau udah toddler baru deh agak lamaan, mendingan investasi beli mainan bagus, kepake bertahun-tahun hahaha...

      Delete
  6. Makasih berat lho mba fifi,,dari kemarin bingung mau beli apa aja buat calon abang bayi ini walopun udah ada mamah,,hehe
    Pake shopping list dati mba fifi lebih terorganisir.. :*
    #semoga ga kalap juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kalau belanja bayi mah ga ada abisnyaaaa, apalagi nanti udah lahiran, lebih boros :D

      Delete