Monday, March 02, 2015

Sensory Play Diary (Sight: Patchwork Colors)
3/02/2015

Sensory Play Diary (Sight: Patchwork Colors)

Awalnya saya tidak terlalu mengerti apa saja kebutuhan anak dalam mengembangkan panca inderanya, hingga kemudian saya banyak berbincang dengan orang tua lain yang lebih berpengalaman. Ternyata anak-anak saat ini tidak terbiasa mengembangkan ke 5 panca inderanya (penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa dan sentuhan) dalam bermain, yang di jaman modern ini sudah terkikis hingga menjadi 2 panca indera saja yang sering terlatih yaitu penglihatan dan sentuhan dikarenakan gadget. Bahaya gadget juga membuat anak tidak mau melatih 3 panca indera lainnya. Saran saya jauhkan saja sebelum terlambat.

Saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengapa penting sekali untuk merangsang ke 5 panca indera tersebut, silahkan googling dan pelajari apa fungsinya. Pada intinya, otak membutuhkan stimulasi melalui panca indera ini. Agar apa?

Penelitian menunjukkan bahwa Sensory Play membangun koneksi saraf di jalur otak, yang menyebabkan kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas-tugas belajar yang lebih kompleks, mendukung perkembangan bahasa, pertumbuhan kognitif, keterampilan motorik halus dan kasar, kemampuan memecahkan masalah, dan interaksi sosial.

Dengan ini saya berusaha mendedikasikan waktu saya dengan memulai #SensoryPlayDiary, dimana saya akan berusaha untuk memulai aktif dalam membuat artikel permainan sensorik. Dan artikel pertama saya berupa Patchwork Colors.

Rasa yang paling sering dirangsang untuk anak-anak adalah pandangan. Sejak lahir, bayi mengingat berwarna cerah dan motif pada mainan, dan banyak anak dan orang dewasa belajar banyak melalui penglihatan mereka. Artikel ini memberikan kegiatan yang fokus pada penggunaan keterampilan visual. Salah satu cara terbaik untuk merangsang indera penglihatan adalah untuk memungkinkan anak untuk mengalami beberapa pandangan yang berbeda sebanyak mungkin.

Contoh kegiatan visual paling mudah adalah membawa Lola dan Lana ke banyak tempat yang berbeda-beda seperti taman, pantai, kebun binatang dan akuarium. Memberikan pengalaman baru dan menarik akan membuat mereka ingin tahu tentang dunia di sekitarnya. Ketika menjelajahi tempat-tempat ini, membahas tentang apa yang mereka lihat, memberitahukan tentang warna, bentuk, nama-nama benda atau bahkan bagaimana perasaan saya saat menyaksikannya.


Patchwork Colors
Bahan :
Kertas berwarna dan motif, gunting, double tape, penggaris, pensil dan kertas putih.

Instruksi :
  • Buatlah pola kotak-kotak berukuran 2 atau 3 cm pada kertas warna dan bermotif, juga kertas putih sebagai dasarnya.
  • Tempelkan double tape pada pola kertas putih.
  • Gunting pola yang sudah dibuat dan ajak juga anak untuk mengguntingnya.
  • Biarkan seluruh pola kertas teracak, dan ajak anak mulai berkarya.

Tujuan :
  • Untuk perkembangan motorik; mencubit dan memungut benda kecil (bisa gunakan pinset jika ingin lebih seru).
  • Konsentrasi dan memori; tetap fokus pada set tantangan (membuat anak bersabar juga).
  • Mata dan koordinasi tangan; trial and error melalui melakukan dan menonton (Lola sering mengulang dalam hal menempel karena miring kotaknya).
  • Sosial; mempraktekkan interaksi dan diskusi dengan orang lain.
  • Pemecahan masalah; membuat strategi (Lola sering bertanya bagaimana kotak-kotak itu harus disusun).
  • Bereksplorasi untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul (masalahnya adalah jika salah menempel dan ingin memperbaiki).
  • Kognitif; menjadi akrab dan belajar tentang warna.
  • Meningkatkan permainan imajinatif, mengambil peran dan karakter (sebagai seniman sepertinya, Lola selalu sambil beraksi bagaikan Mister Maker di TV).
Nah selamat mencoba ya, dan ingat biarkan anak bebas berkarya.
*mohon maaf hasil foto tidak maksimal karena hanya menggunakan handphone.

6 comments :

  1. Bermanfaat banget, next mau coba di rumah. Izin share ya Fi..
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Selamat bermain ya... Silahkan jika mau di share..

      Delete
  2. bagus banget artikelnya.. mau saya coba ah.. biasa saya cuma kasih anak krayon n kertas warna polos, blum pernah coba yg bgini :).. makasi infonya mba fifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. Selamat mencoba ya, mudah sekali ini :)

      Delete
  3. Lola cantiiiik banget ya ampuuunnn.. *fokus ke pose nya lola*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah terima kasih tante, kiss kiss dari Lola :*

      Delete