Friday, March 06, 2015

Usia Sekolah Anak
3/06/2015

Usia Sekolah Anak

"Pulang sekolah", 2015.
(Lola 3,5 tahun)

Jika pernah membaca artikel saya mengenai awal mula Lola bersekolah hingga rencana Lola pindah sekolah, mungkin mengira tahun depan Lola akan masuk tahun ajaran di Taman Kanak-Kanak. Jawabannya, Lola kembali mengulang masa Kelompok Bermain atau Playgroup. Kenapa?

Jadi usia Lola itu tergolong cukup tanggung cenderung kurang, dimana kelahiran Agustus dan tahun ajaran dimulai pada Juli. Sehingga untuk masuk TK tahun ini, usianya masih kurang dari 4 tahun. Sayangnya saya dulu tidak memprediksikan dengan baik, kapan usia SD Lola, dan sekolah sekarang menerima Lola padahal secara umur masih kurang. Saya pun banyak bertanya dan banyak meminta saran kepada orang-orang yang lebih berpengalaman di bidang pendidikan mengenai hal ini.

Beberapa TK memperbolehkan anak didiknya masuk pada usia kurang dari 4 tahun, sehingga saat SD mungkin kurang dari 6 tahun, padahal untuk SD Negeri minimal 7 tahun, dan SD Swasta sebagian sejak 6 tahun 6 bulan. Namun tahukah mengapa usia 7 tahun itu paling ideal untuk masuk SD? Mengapa sangat tidak disarankan memasukkan anak usia kurang dari standar, untuk mengikuti kegiatan sekolah yang tidak sesuai umurnya?

Sisi Emosional.
Anak pada usia kurang dari 7 tahun, mengalami fase dimana secara psikologis belum siap menerima materi yang berat seperti yang diajarkan saat SD. Psikolog pendidikan dari Universitas Indonesia, Dr Rose Mini A. Prianto, MSpi, berpendapat secara umum anak pada usia 7 tahun memang telah memiliki kemampuan kognisi yang baik dan bersikap lebih mandiri dibanding usia dibawah itu. Serta telah memiliki kemampuan berkonsentrasi.

Motorik.
Sambungan otak anak usia dibawah 7 tahun belum sempurna, dimana otak mereka baru siap menerima hal-hal kognitif pada usia 7-8 tahun. Sebelum usia itu, maka hanya diperbolehkan untuk bermain saja. Pada usia dibawah 7 tahun, mereka lebih memerlukan pendidikan fisik dan pembinaan karakter, bukan pendidikan kognitif.

Pada usia 7 tahun, gerakan motorik anak sudah lebih baik, otot dan sarafnya juga sudah terbentuk. Untuk memegang pensil misalnya, anak jauh lebih mampu. Kemampuan otak kanan dan kiri juga sudah lebih matang sehingga sudah tidak lagi salah dalam penempatan huruf dan penyusunan kata (silahkan googling mengenai hubungan perkembangan otak dalam hal kemahiran Calistung).

Ciri-ciri untuk melihat bahwa perkembangan otak anak belum siap untuk menerima hal kognitif yaitu:
1. Ketika sedang membacakannya sebuah cerita, mereka akan meminta kita mengulanginya lagi dan lagi. Sebagai sosok dewasa kita akan bosan, namun mereka tidak akan merasakan itu.
2. Bisa belajar membaca dan antusias, namun sesungguhnya tidak paham dengan apa yang dibaca.

Tidak heran mengapa aturan pemerintah itu baik untuk diikuti, SD pada usia 7 tahun dan tidak boleh memaksakan Calistung sebelum usia 7 tahun. Mengenalkan bentuk huruf tidak apa-apa atau menghitung gelas yang ada di meja, tapi jangan membuat mereka terbebani dengan hal yang sudah dilarang. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sudjarwo mengatakan, "Memberikan pelajaran calistung pada anak dapat menghambat pertumbuhan kecerdasan mental. Jadi tidak main-main itu, ada namanya 'mental hectic', anak bisa menjadi pemberontak,'' tegas beliau.

Kesalahan ini sering dilakukan orang tua, yang seringkali bangga jika lulus TK anaknya sudah dapat calistung. Untuk itu, Sudjarwo mengatakan, Kemendiknas sedang gencar mensosialisasikan agar PAUD kembali pada fitrahnya. Sedangkan produk payung hukumnya sudah ada, yakni SK Mendiknas No 58/2009. ''SK nya sudah keluar, jadi jangan sembarangan memberikan pelajaran calistung,'' jelasnya.

Hasil saya berkonsultasi dengan banyak orang, hal buruk yang selalu terjadi jika anak masuk lebih cepat, maka ketika kelas 3 atau 4 SD dia akan mengalami kejenuhan dan malas belajar. Sebab ada fase bermain anak yang hilang. Patut diingat, periode emas anak itu usia 0-6 tahun dan pada fase periode emas ini, sel otak ada yang belum terhubung sempurna, sehingga saat memaksakan hal yang diluar itu, hasilnya akan menjerumuskan anak kedalam kesulitan.

Seorang anak akan membutuhkan sekitar 15 tahun agar dapat membuat mereka mampu berempati, peduli teman dan lingkungan serta memiliki karakter yang mulia sehingga dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik. Jadi untuk apa harus segera menyiapkan anak bisa membaca, menulis dan menghitung demi mengejar akademik semata. They deserve to learn everything in a fun way. Jangan sampai akhirnya anak kita sedih saat harus bersekolah. Pelajaran SD kelas 1 sekarang itu sudah luar biasa sulit, sama dengan kelas 3-4 SD.

Saya percaya, anak yang puas masa bermainnya, maka dia akan menjadi anak yang lebih memahami perannya dalam kehidupan. Tidak ada yang pernah hilang dalam fase periode emasnya. Dan dengan ini saya akan menyekolahkan Lola SD di usia 6 tahun 11 bulan, atau 7 tahun kurang beberapa hari saja.

118 comments :

  1. Aku pernah dengar mengenai ini, sekarang jadi lebih jelas lagi alasannya ternyata begitu ya. Kasian anaknya kalo dipaksakan. Thx for Sharing Mba Fifi

    ReplyDelete
  2. Wah.. dulu saya masuk sd umur 5 tahun.. alasannya karna bosan di tk, jadi setelah tk nol kecil langsung minta disekolahkan sd. tapi ortu saya dulu mikirnya sama kaya mbak fifi.. klo terlalu kecil takutnya saya ga bisa ngikutin pelajaran. akhirnya ortu bilang ke wali kelas saya waktu itu kalo anaknya ga bisa ngikutin dibuat tinggal kelas aja.. hahaa..
    tapi kekhawatiran orang tua saya ga terjadi. alhamdulillah sekolah saya lancar2 aja dari sd-kuliah. mungkin karna tuntutan anak dulu dan sekarang berbeda kali ya...
    btw nice share mbak fifi.. bisa jd bahan pemikiran saya untuk masukin sekolah anak saya di kemudian hari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mbak, anak jaman sekarag pelajarannya aja susaaaaah bener, kita dulu SD baru mulai belajar huruf. Semoga anak-anak jaman sekarang jangan pada stress ya sama kurikulum yang sekarang :(

      Delete
  3. Wah info yang bermanfaat sekali Kak Fifi, saya dulu amsuk SD 5 tahun, dan kayaknya pas udah SMA saya jadi jenuh belajar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, katanya pakar pendidikan saat fase anak males belajar karena ada masa bermain yang belum puas, ujar mereka. Makanya aku lebih baik dipuasin dulu mainnya.

      Delete
  4. Halo Mba fifi.
    Terimakasih sharingnya bermanfaat sekali karena saya baru ngeh dengan hal semacam ini.
    Anak saya masih bayi, Hehe.
    Saya termasuk anak yang kecepatan masuk SD dulu (5 tahun 2 bulan sudah masuk SD kelas 1), kata ibu saya karena beliau melihat saya antusias belajar dan ingin masuk SD. Tentunya hal ini berpengaruh kepada pemilihan kapan anak saya masuk sekolah nanti, dan hal-hal yang mba fifi sharing membuat saya aware dan berusaha mencari tahu lebih banyak lagi. Thank you dan salam kenal mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa mbak samaan kita, aku juga 5 tahun tapi 5 tahun 4 bulan. So far dulu ga punya masalah belajar, mungkin dulu juga pelajarannya gampang kalau aku flashback lagi. Lihat pelajaran anak SD sekarang shock banget, kelas 1 aja uda bisa bikin ibunya pusing hahaha. Salam kenal juga ya mbak :)

      Delete
  5. aku masuk SD umur 4 tahun 10 bulan mbak. nangis-nangis mau masuk SD dan nggak mau ngulang TK. berhasil masuk SD dengan cara "dititipkan". tapi dari kelas 1 sampai kelas 6 selalu ranking 1, padahal orangtua nggak pernah suruh belajar. tergantung anaknya juga kali ya.. hehehe *ketauan umur ngomonginnya ranking, anak zaman sekarang mana tau ranking*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenernya aku juga yakin ada anak yang bisa mengikuti pelajaran ada yang juga tidak cepat tanggap. Tapi setelah aku pikir lagi, yang aku mau ternyata, pengen anak itu punya waktu bermain yang lebih lama, supaya pas sekolah uda bosen sama main-mainnya, hahaha. Semoga bisa kejadian aja sama Lola.

      Delete
  6. setuju...keponakan aku trauma banget kalo suruh sekolah...karena pas usia 1,5tahunan dia dititipin gtu di play grup karena ortunya kerja dan blm ada pengasuh..
    alhasil nangis2 dan sampe sekarang usia 3yhun dia anti sekali klo dengar kata sekolah hehe
    sering diledekin ayok sekolah...langsung nangis... :'(
    gimana cara menghilangkan trauma ini yaa...

    thx sharingnya moms...
    salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu aku kalau trauma seperti ini bisa bertanya langsung dengan kepala sekolah, untuk memberikan metode berbeda khusus terhadap anaknya saat disekolah. Dan lebih enak lagi bertanya pada psikolog, karena kepribadian setiap anak berbeda-beda, jadi cara penanganannya berbeda juga.

      Salam kenal juga yaaa..

      Delete
  7. Salam kenal Fifi,
    wah sama nih sama anakku November 2011 perempuan, tahun ini disarankan mengulang kelompok bermainnya, karena kemampuan sosialisasi dan motorik halusnya belum matang. Tapi dikembalikan ke orang tua apakah mau mengulang KB atau naik TK A, tapi beresiko tertinggal dari teman2nya, karena TK A sudah mulai menulis huruf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Deasy,

      Kataku lebih baik jangan terlalu cepat, karena pada intinya kan setinggi-tingginya kita sekolah dulu, pada akhirnya yang menentukan perjalanan hidup saat kita bekerja dan berkarya usai sekolah. Jadi akademik itu memang penting tp lebih penting lagi jadi anak yang gembira puas bermain di umurnya :) Daripada harus jadi anak yang ngejar akademis tapi sebenernya ga siap sama dunianya. Semoga membantu yaaaa.

      Delete
  8. Hmmm.. Anak pertamaku masuk TK A pas mau 5 tahun, dan nanti anak kedua kurang lebih sama kayak Lola karena lahir agustus juga. Awalnya sempet mikir yg anak kedua mau masuk pas 4 tahun aja, tapi setelah ngobrol sama gurunya dan lihat gimana perkembangan anak pertama dan temen-temennya di kelas yang lebih muda umurnya akhirnya memutuskan yang sama kayak Fifi. Selain itu, karena beberapa kali ikutan seminar sama bu Elly Risman dimana beliau wanti-wanti banget jangan masukkin anak terlalu cepat ke sekolah. Karena memang belum waktunya dan nantinya malah membebani anak. Dulu sih mikir "ah kayaknya nggak gitu-gitu amat." tapi semakin kesini, semakin aku liat kalo ternyata emang bener, jangan maksain anak cepet-cepet sekolah Apalagi ditambah dengan denger cerita dari gurunya Kana. Jadinya makin yakin deh untuk nunggu sampai usianya cukup. Masalah calistung, sampai sekarang juga gak pernah di ajarin khusus atau di paksain harus bisa. Sambil jalan aja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih ya uda ngasih info juga. Semoga kita semua dimudahin ya urusan sekolah anak-anak. Aku juga suka takut banget kalau suatu hari anak mogok sekolah, karena ada sepupu aku yang begitu dan akhirnya putus sekolah. Semoga anak-anak terus happy sama sekolah mereka dan ga males-malesan belajar nantinya. Btw anak lahir Agustus umur sekolahnya nanggung kebangetan hahaha...

      Delete
    2. salam hangat,

      makasih banget mba infonya...anakku juga lahir agustus...usia nanggung aja pake banget..
      awal sempet debat sama ayahnya u/ kapan waktu dia masuk sekolah. karena dari aku pribadi, si anak biar langsung TK A aja, ga perlu PAUD...smepet "galau" juga sih mau TK A umur 4 tahun (kurang 1 bulan ;p)..atau di undur 1 tahun lagi..karena kalau di undur, khawatir ntar lulusnya usianya kelebihan...

      tapi dengan baca postingan & sharing dari mba Fifi, alhamdulillah aku dapet ilmu baru & ga "galau" lagi...hehe

      makasih banget mba Fifi & bunda-bunda semua....

      Delete
  9. Alhamdulillah nemu tulisan ini..... jd semakin manteb utk anak saya ngulang lagi di tk b nya setaun ini... krn nanti pas tamat tk b juni umurnya baru 5.8thn.. sekarang sdh ada pencerahan tdnya msh ragu apa masuk sd atau ngulang tk lg... tksss yaaa mommmi2.. mom fifi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horee senang bisa membantu, semoga bermanfaat ya infonya. Aku juga sebenernya ragu banget kemarin kalau anak aku ngulang lagi, tp akhirnya jadi tahu kenapa umur itu faktor penting.

      Delete
    2. Hallo mommi azka, hallo mba fifi..
      Maaf nebeng mau tanya, anakku taun depan bsk juga 5taun 8 bulan, saya memang blm berencana masukin ke sd karena yang saya tau memang tidak baik kalo belum cukup umur.
      Naah.. Tapi anak saya udah hampir 4 tahun di tk nya.. Karena saya masukin di playgrup (sama dengan tk nya) waktu umur 2.5 thn.
      Abis lulus tk nanti, rencana anak saya mau saya masukin ke bimba calistung macam aiueo dan TPA di mesjid deket rumah, apa itu cukup?
      Kalau saya terusin di TK takut bosen juga anaknya, karena udah lama juga 4 tahun disana, temen2 deketnya juga udah pada SD, takut berpengaruh juga..
      Gimana menurut mba2? Mohon saran nya ☺☺
      Terima kasih

      Delete
  10. Mba Fifi makasih bgt untuk sharingnya... ini referensi penting bgt yang selama ini saya cari.. thanks so much mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga bermanfaat yaaaa :)

      Delete
  11. ikut sharing ya bun, anak saya lahir feb 2009.Tapi belum Mau masuk sd, saya bingung low masuk sdny tahun depan 7 lebih, takutnya anaknya minder
    Gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik anak siap mental mbak secara psikologis, dijamin malah tidak minder karena dia sudah lebih dewasa daripada teman-teman sekelasnya. Pesen pakar pendidikan yang saya temui, anak jauh lebih bisa memahami kondisinya jika cukup umur :) Malah akan lebih minder anak yang kurang umur.

      Delete
  12. Beruntung anak yang lahir sebelum tahun ajaran baru,, coba anak saya lahir 26 - 11 - 2009, sekarang masih TK,, kapan ya ajaran baru itu di akhir tahun pasti pas deh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencananya mau SD umur berapa mbak? Lola aja SDnya terhitung agak tua, 7 tahun kurang 1 bulan. Kalau buat di Negeri cukup tp di Swasta kayaknya dia tua hitungannya.

      Delete
  13. Tahun kemarin anak saya... Masuk paud.... Umur 2 tahun... Sekarang bulan juni genap umurnya 3 tahun.... Bagusnya dulanjutin kemana ya.... Kalo paud belajarnya hanya 3 kali dalam seminggu... Masuk pukul 8 kluar pukul 10.... Pdahal anaku pengen sekolah tiap hari... Dan ga betah dirumah... Kalo masuk tk A... Masuk tiap hari... Tapi jam belajaranya lama... Plg jam 11... Menurut bunda2 aku mssti gmna ya... Aku ga mo mmaksakan kmampuan otaknya... Sekrang dia udah bisa bedain warna... Ngitung jari... Baca iqro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak, Kalau umur 3 tahun berarti masih masuk Playgroup, jadi jam belajar rata-rata pasti jam 10an. Soalnya kalau dia TK A sekarang, nanti pas SD 5 tahun pas, dan sangat tidak direkomendasikan oleh banyak sekolah, apalagi kalau sekolah bagus lebih seneng nerima murid yang cukup umur, supaya kemampuan anaknya juga udah baik secara psikologis. Umur 3 tahun juga belum baik masuk sekolah setiap hari, karena masih masa bermain mbak. Jadi sebaiknya cari plyagroup lebih bagus saja dengan jam belajar yang tidak terlalu lama. Semoga membantu ya.

      Delete
  14. Diah Puspo

    Salam kenal mb . . plus tengkyuu infonya, sangat bermanfaat terutama utk saya.
    Anak saya 3th, rencana mau dimasukkan ke playgroup. Awalnya agak bingung juga apa ga terlalu cpt memasukkan anak ke sekolah?? tapi setelah dipikir bersama dan menilik tujuan utama, supaya anak saya bersosialisasi dan berusaha untuk membangun empati serta berbagi dengan tmn2nya. Untuk saya dan suami, Kami tidak memaksakan anak hrs bisa calistung etc. Andaipun dia bisa itu bonus, karena tujuan utama masuk playgrup hanya untuk bersosialisasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaaa.

      Setujuuuu, iya yang namanya playgrup adalah bermain, kalau anaknya seneng sama apa yang diajarkan dianggap bonus aja :)

      Delete
  15. Salam kenal mba Fifi, senang deh baca" tulisan ini awalny saya gugling krn bingung mutusin anak saya yg ke 2 lahir mei 2010, skr 5 th 1 bln, maubsaya daftarin TK A takut ketuaan nanti SDnya, kalau TK B langsung takut dampak negatifnya, meskipun anak saya ini kelihatan mandiri diusianya ( bisa makan mandi pakai kaos kaki sepatu sendiri ). Boleh minta pendapatnya mba Fifi gimana ya baiknya...Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku lihat anaknya aja mba. Kalau sangat mandiri dan bisa diandalkan banyak hal, gpp kalau mau naik lebih cepat.

      Aku ngerasa bedanya jauh sekali perbandingan umur jarak 1 tahun. Dan menurut aku lebih baik masa kanak-kanak untuk bermain. Makanya disarankan oleh banyak pakar pendidikan SD sekolah 7 tahun, agar anak puas bermain dan sudah siap psikologisnya di saat SD. Lagipula kelebihan sekolah lebih cepat, kesannya pas lulus jadi masih muda, tapi efek psikologisnya juga tetap harus dipertimbangkan mbak. Semoga membantu yaaa :)

      Delete
  16. Salam kenal mbk fifi...saya msh bingung ney,anak saya kelahiran juli 2009,enaknya masuk SD apa mengulang TK lagi y?anakny sdh pinter baca tulis,klo masuk SD tahun depan ketuaan g y mbk?klo thn ini msuk SD aq takut pas kelas 3/4 tidak bisa mengikuti,pelajaran sekarang kan susah2 mbak.enaknya gmna mbk?mohon saranya mbk.terima kasih

    SD saya takut nanti pas kelas 3 g bisa mengikuti pelajarn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku lebih baik menjadikan anak puas bermain dan matang mbak. Karena tujuan sekolah SD kan belajar lebih serius, nanti kalau anaknya bosan malah sedih kita. Aku tipe yang percaya umur ketuaan bukan masalah (Sebenernya ga akan ketuaan juga, karena ini umur ideal), yang penting anaknya bisa jadi anak mandiri dan punya kemampuan menghadapi masalah dengan solusi sendiri. Jadi umur buat aku cuma angka :)

      Semoga membantu mbak.

      Delete
  17. Mb sy bingung...saat ini anak saya perempuan..usia 6 tahun 6 bulan..kira kira sudah pas belun ya u masuk sd? Ato harus tahun depan...saya liat dia sudah mandiri suka belajar...apa pelajaran sd emang sulit banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak

      Saran aku survey aja dulu SD nya seperti apa, bagaimana pelajarannya yang disampaikan, karena setiap SD pasti punya caranya masing-masing. Ada yang uda susah dari kelas 1, ada yang juga santai. Nah dari situ baru diukur apakah anaknya sanggup apa ga. Karena yang lebih tahu kan ibunya :)

      Namun yang sekarang aku rasain dari Lola yang ngulang Playgroup, kerasa lebih dewasa dibanding anak lain, karena Lola paling tua dikelas. Mungkin ada baiknya, dilihat juga kalau berada di lingkungan teman umur SD, apakah sudah bisa mandiri?

      Semoga membantuuuu...

      Delete
  18. Mbak.... Anak saya tahun ini lulus TK usia 5 tahun. Mau nerusin SD belum boleh. Salah satu SD swasta mensyaratkan minimal 6, 5 tahun. Tahun ini terpaksa berhenti dulu sekolahnya. Boleh minta saran, kegiatan apa yang sebaiknya dilakukan saat anak saya ini lagi libur panjang sekali ini. Rencana yang sudah ada mau diikutkan belajar ngaji, tapi itu hanya tiap sore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah lama juga ya setahun, saran aku lebih baik sekolah aja mbak, biar aktifitasnya tetep dijaga, dan ga kaget pas masuk SD harus bangun pagi lagi dan segudang kegiatan hingga siang hari. Kalau les hanya sebentar dan tidak masuk pagi. Semoga membantu jawabannya yaaa :)

      Delete
  19. Mba mohon pendapatnya, saya lg bingung anak saya mau umur 4 tahun, bulan september ini. Apa kah benar tindakan saya, kalau mendaftarkannya sekarang ke TK A? Apakah terlalu dini mba? Sebaiknya bagaimana ya mba..terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak,

      Kemarin aku ngerasain Lola ngulang kelas, dan dia jadi yang paling tua sekarang. Jauuuuh lebih enak mbak, dia ga susah catch up sama teman-temannya, karena dia paling dewasa. Kalau Lola aku masukin TK A, pasti dia yang paling lama responnya karena kakak-kakaknya akan jauh lebih dewasa dari dia. Perbedaan umur anak 1 tahun aja kerasa banget kan mbak bedanya. Liat anak kita dulu umur 2 tahun sama 3 tahun.

      Saran aku lebih baik tahun depan aja TK A nya. Btw buru-buru menyekolahkan anak juga buat apa, lebih baik kita biarin anak banyak bermain seusai usia aja :)

      Delete
    2. Mbak minta sarannya jg.anak saya waktu umur 2 th sudah masuk paud.rencana tahun ajaran akan saya ikutkan paud lg.tp br 1 bulan sekolah trus mogok ga mau sekolah lg.sekarang dia minta sekolah lagi tapi maunya sekolah tk bukan paud.setelah membaca artikel mbak fifi saya jd bingung mau masukin ke tk atau ke paud lg.soalnya anaknya ngebet banget pengen ke tk.skrg anak saya bs mengaji iqro 2 dan bisa mengenal huruf dari A-Z.anak saya lahir bln agustus 2012.jd kalau d hitung tahun ajaran baru besok umurnya 4 th kurang sebulan.bagaimana menurut mbak fifi?saya tunggu pencerahannya.terima kasih.

      Delete
  20. Anakku jdnya jg ngulang Playgroup (lahir November 2011), semua bilang pd saya mending naik TK A aja. Tapi melihat dr emosinya yg masih labil sekali dan speech delay sepertinya ini keputusan yg terbaik. Kalau ngulang di TK A atau TK B takut anaknya sudah mudeng, kenapa dia tidak naik kelas.
    Semoga ini keputusan terbaik. Kabarnya tahun depan jg usia masuk SD akan benar diperketat minimal 6 tahun, kecuali ada rekomendasi dari psikolog professional..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa aku baru batu nih mba infonya, thanks for sharing. Semoga anak-anak kita bisa jadi dewasa ya mbak, karena cukup umur di kelasnya. Aku yakin soalnya umur mempengaruhi kemauan untuk belajar di sekolah :)

      Delete
  21. Halo Mb salam kenal. Anak saya juga lahir bulan Agustus mb. Sekarang baru saya masukkan PG di 4 tahun kurang 1 bulan untuk main-main. Dari awal saya dan suami juga berniat anak saya masuk SDnya di usia 7 tahun (Negeri atau swasta), meskipun nanti kurang 1 bulan. Karena kami tahu kemampuan anak saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa sama kita mbak, toss dulu, Anak aku juga lahiran Agustus, jadi mendingan 7 tahun kurang sebulan pas SD :)

      Delete
  22. Salam kenal mbak fifi. Saya setuju bgt dg pemikiran usia sd itu lbh baik 7th . Itu yg membuat saya mengambil keputusan utk anak saya mengulang lg tk B nya padahal anak saya sudah cukup umur. Juli ini sudah 6th. Sekarang saat saya mengantarkan anak saya masuk skul saya malah yang galau banget karna takut anak saya merasa tertinggal dan jd minder. Saya takut sebagsai mama nya saya mengambil keputusan yang salah utk anak saya. Kalau saya tanya2 anak saya dia katanya fine2 aja dan happy2 aja. Tapi saya khawatir anak saya engga. Ini sebenarnya kekhawatiran saya aja atau gimana ya mbak. Bingung saya. Rasanya bertanya2 dan menangis dalam hati krn bingung apa keputusan ini benar atau tidak. Secara pribadi saya yakin 7 tahun itu yg terbaik. Tapi krn saya membuat anak saya mengulang tk B nya membuat saya merasa bersalah karna saya membuat dia berbeda. Dan itu rasanya tidak enak ternyata 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak salam kenal juga. Iya kebayang memang rasanya anak yang antusias mau SD lalu mengulang TK lagi. Tapi mbak kita lihat aja positifnya, nanti pas SD pasti jadi lebih dewasa dan mandiri dibanding dia ga ngulang. Kita lihat anak umur 3 aja udah beda banget sama anak umur 4 tahun, Apalagi umur 6 dengan 7 tahun. Jadi jangan merasa bersalah, karena justru ini keputusan yang baik :) Semangaatttt...

      Delete
  23. MAU tanya anak saya sudah masuk sekolah 3 hari tapi apakah baik karena usianya 5 tahun 10 bulan, dan sebenarnya juga menyarankan untuk di tunda tahun depan tapi saya memaksakan masuk tahun ini tolong penjelasannya apakah saya harus berhentikan atau saya lanjutka saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak, saran aku lihat perkembangan anaknya saja dulu, karena kan sayang sudah bayar uang pangkal, kecuali uangnya bisa ditunda untuk tahun depan. Tapi memang mbak, perbedaan usia satu tahun aja pasti kerasa banget. Tinggal gimana anaknya mba, kalau terlihat bisa mengejar apa yang diberikan sekolah, dan ga merasa kesulitan, lanjutkan saja, usia 5 tahunnya TK A kan? Cukup untuk SD masuk 7 tahun.

      Delete
  24. hallo kak. jadi menambah pengetahuan sekali. kebetulan saya mempunyai seorang adik perempuan, sekarang uasianya menginjak 5 tahun 9 bulan. dia sudah masuk kelas 1 SD. Dulu dia masuk TK ketika umur 3 tahun, karena ssering nyelonong keluar rumah pengan sokolah, akhirnya ibu saya memasukannya ke sekolah TK. Di TK selama 2 tahun. setelah lulus TK B usianya masih belum 7 tahun, tapi ibu sudah mendaftarkannya ke SD. Tentang kemampuan calistungnya sudah lumayan.
    Dan setelah membaca artikel kakak diatas, saya sebagaiseorang kakak jadi merasa ada ke khawatiran untuk kedepannya. takut terjadi penurunan semangat belajar ketika memasuki kelas 3 dan seterusnya.
    kalau sudah begini bagaimana sikap kita untuk kedepannya??
    mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak,

      Wah senang ada yang share tentang adiknya, biasanya sharing tentang anak. Kalau saran aku, anak yang mengalami kejenuhan belajar baiknya di motivasi dengan kegiatan baru. Misalnya mengikuti eksul baru atau kegiatan lain di luar sekolah. Karena anak yang turun semangatnya bisa jadi sedang merasa jenuh dengan kesehariannya.

      Salah satu cara lainnya bisa juga justru dengan memberhentikan kegiatannya usai sekolah agar dapat lebih banyak bermain dan beristirahat. Semoga membantu ya...

      Delete
  25. Salam kenal mbak fifi..anaku umur 4 th bulan juni kemarin.masuk paud dri umur 3 th.tp untuk th ini aku memutuskan untuk anaku mengulang di paud aja dl..bener gak sich menurut mbak fifi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga,

      Aku cuma bisa suggest, kalau dihitung pas SD nanti sebaiknya hampir 7 atau 7 tahun saja. Masalah Lola anak aku itu kan kurang umurnya jauh sekali, jadi aku mengulang mengikuti saran banyak orang, baik pakar pendidikan dan orang tua yang berpengalaman dengan ini. Lagipula buat apa anak dburu2 SD, kalau belum waktunya. Biarkan main dulu mbak sampai puas di masa-masa golden age 0-6 tahun. Semoga membantu ya jawabannya :)

      Delete
  26. Halo mba fifi. Anakku kelahiran januari 2012. Berhubung aku ibu rumah tangga. Jd rencananya anakku akan langsung dimasukkin ke TK aja saat usianya 5 tahun 5 bulan. Trs SD saat dy usia 7 tahun 5 bulan. Ketuaan ga ya nanti anakku? Minder ga ya nanti dy sama teman2nya. Bs dgn mudah ga ya bersosialisasi klo aku langsung masukkin ke TK? Trims ya mba infonya.

    ReplyDelete
  27. Nama saya sandy, saya punya problem dengan anak...ketika anak saya masuk TK nol kecil saya mengikuti pendapat anak jgn dipaksa membaca dulu, ketika akan naik nol besar karena tdk ada yg ngasuh anak saya dimasukkan ke SD tempat ibunya yg juga seorang guru mengajar padahal umurnya masih 6 tahun dengan asumsi ikut2 an saja nanti jangan dinaikkan ke kelas dua istilahnya jadi anak bawang, jadinya dikelas 1 anak saya tidak serius dalam belajar, tapi wkt kenaikan kelas kebijakan sekolah anak kelas satu tidak boleh ada yg tinggal kelas sehingga anak saya naik kelas dua...masalahnya sekarang anak belum lancar baca dan tulis sehingga di kelas dia menjadi anak yg bandel menurut guru kelasnya dimana anak saya tdk pernah mau menulis dan berbuat semaunya dikelas, dirumah sulit mengajaknya untuk belajar membaca dan menulis, oya dikelas dua ini sekolahnya dipindahin ke sekolah lain yg dekat rumah. Bagaimana solusi agar anak saya mau belajar dikelas atau tidak bandel, apakah kelakuannya yg dianggap bandel dikelas akibat dari kemampuan baca tulisnya yg kurang dibandingkan dengan teman2nya? Apakah bisa tips pemsberian reward agar dia mau belajar dirumah?....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sandy.

      Setahu saya jika anak tidak bisa mengikuti pelajaran, berarti memang secara psikologis belum lebih mantap dan mandiri. Bisa jadi dia kesulitan belajar, karena diminta mempelajari sesuatu saat dia belum siap.

      Faktor bandel juga sebetulnya karena mencari perhatian, dia ingin dilihat aja oleh orang disekitarnya, jadi coba disalurkan energi dia ke kegiatan fisik lebih banyak. Untuk kegiatan membaca menulis juga bisa ikut kelas belajar baca tulis, karena mereka mempunyai metode yang lebih ahli, dan tentunya karena ada teman-teman lain di tempat les, jadi ada kemauan untuk anaknya maju, supaya ga malu kalau tertinggal dari teman-temannya. Kalau di rumah tidak ada saingan, kalau teman disekolah sudah pada mahir.

      Reward juga penting, dan coba deh belajar baca tulisnya juga yang fun kayak di Pinterest banyak ide seru untuk belajar baca di rumah. Jadi sambil main pake mainan.

      Terakhir, mungkin perlu banyak perhatian dari orang tua, supaya anak merasa percaya diri menjadi anak yang mandiri tidak lagi bandel mencari perhatian. Semoga membantu sedikit ya jawabannya. Good luck...

      Delete
  28. Mba fifi...aq mw tnya,aq bru daftarin anak ke TK A,umur anak sy 4 thn 3bln. Tdny mw daftarainny thn depan aj,tp klo thn depan lulus TK ny jd 7thn lbh 2 bln..takut terlalu tua,akhirny sy sekolahin tahun ini. Tp stlh sekolah kyny dia kecapean n males,jd nyesel jg sy sekolahin tahun ini,coba thn depan..mngkn lbh siap mental ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thank you ya mbak sharingnya... Semoga anakmu bisa tetep semangat ya..

      Delete
  29. Salam kenal mbak fifi, sangat menarik pembahasannya sesuai problem yg sedang dihadapi sekarang. Anak saya SD bln juli 2015 kemarin usia 5 tahun 9 bulan. Untuk menulis dikelas sering tidak selesai, masih binggung. Padahal dirumah sudah di ajari, dan sudah di masukin les calistung uda pindah 2 tempat. Minat untuk menulisnya tergantung mood, masih banyak bermain. Sebelumnya uda sempat Paud dan TK, untuk membacanya belum bisa. Tapi untuk berhitung dan tulisan arab malah bisa. Menurut mbak fifi gimananya apakah di teruskan SD atau kembali TK lagi? Kalau dilihat seperti ya anak saya kesulitan menerima pelajaran di sekolah. Karena materi yg di ajarkan begitu sulit untuk anak usianya.

    ReplyDelete
  30. Salam kenal Mba Fifi, saya Maya, anak saya Danish sekarang usia 2 tahun 8 bulan, awalnya saya bingung, takut terlambat menyekolahkan anak tapi untung saya baca artikel ini dan bermanfaat sekali,, sehingga saya yakin akan menyekolahkan Danish playgroup mulai tahun depan,
    Oh ya Mba Fifi, yang ingin saya tanyakan apa sama pengaruhnya apabila pada usia skrg Danish saya ikutkan kursus baca Iqro dan Quran? karena skrg banyak juga lembaga2 untuk belajar secara privat,, makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, kalau les menurut aku masih oke jika jadwalnya tidak sering, misalnya seminggu sekali. Karena anak aku juga dulu ikut Iqro dari 2 tahunan. Semoga membantu ya jawabannya..

      Delete
  31. hai mbak, salam kenal, anak saya tahhun dpn umurnya 5 thn. rencana kami umur 6 thn langsung masuk sd saja, tdk perlu berlama lama di tk. namun bila masuk sd diwajibkan 7 thn, apakah berarti masuk tk nya umur 6 tahun saja? mohon saran nya mbak. trim kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba,

      Saran aku masuk TK saja dulu, supaya anaknya tidak kaget dengan rutinitas di SD, karena di TK masa transisi dan belajar mandiri, supaya pas di SD dia udah terbiasa dengan jadwal padatnya :)

      Delete
    2. jadi tk nya 2 thn gitu mbak? 5 thn dan 6 thn? dan umur 7 thn lsg masuk sd ?

      Delete
  32. Anak sy agustus jg lahirnya mba dan terlanjur dimasukkan tk a dan menyesal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak, yang penting anaknya tetep happy sekolah :)

      Delete
  33. Salam kenal ya mbak fifi. Nama saya vera.. Senang membaca artikelnya mbk, krn sy skrg juga sedang bingung.
    anak saya lahir maret 2013. Tdnya skrg mau saya daftarkan playgroup utk tahun depan 2016. Tp kalau dihitung2, nanti selesai TK B umurnya blm 7 th.
    kalau begitu berarti sebaiknya anak saya baru sy masukkan playgroup di tahun 2017 saja ya mbk ? Saat usianya 4th ? Jd nanti SDnya bs umur 7th (di tahun 2020)

    Tp saya khawatir juga mbk, klo anak saya nanti jd paling tua di playgroupnya, apa tidak masalah ya mbk (4th) ? Krn setau sy mayoritas masuk Playgroup kan usia 3th..

    Mohon sarannya ya mbk.. makasih banyak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak

      Menurut pengamatan aku pribadi, anak aku Lola termasuk yang tertua di kelas, tapi lebih mandiri dan sangat bisa mengikuti pelajaran dengan mudah (menurut cerita dia), katanya gampang, sementara temannya yang lain masih banyak tidak tahunya.

      Sehingga ini jadi poin plus buat aku, anak bisa lebih mudah menyerap hal-hal baru karena kemampuan dia memang lebih advanced dari teman skelasnya. Soal umur ga ngaruh si mba.

      Kayak kita kerja aja, bisa ketemu boss yang lebih muda atau ketemu temen selevel di kerjaan tapi kita yang lebih tua, in the end kan sekolah itu pengalaman hidup bukan soal umur :) Daripada maksain tapi anaknya belum siap secara psikologis, sayang ya...

      Semoga membantu...

      Delete
    2. Bener mb Fifi, anakku tahun ajaran playgroup kemarin masih belum bisa ngikutin, gurunya susah bgt ngajarin konsep ex. benar dan salah. Di tahun ajaran ini(ngulang Playgroup), gurunya puji dia karena sudah pintar menjawab dan mulai bisa memberikan alasan, mungkin karena kemampuan bahasanya sudah mulai matang. Anakku lahir November 2011.

      Delete
    3. Anakmu lahirannya deketan sama anak aku. Iya aku juga ngerasain hal yang sama pas ngulang. Anaknya jauh lebih matang ya...

      Delete
    4. Assalamualaikum mba fifi, kebetulan banget saya baca artikel ini. Mohon pencerahannya dong mba, anak saya termasuk takut sama orang atau takut berada di lingkungan banyak. Nah rencananya saya mau masukin anak ke playgroup, tapi usianya baru 2th 3 bulan terhitung juli nanti. Kira2 nanti dia akan bosan gak ya sekolah di taman bermain selama 4th?

      Delete
  34. Hi Mb Fifi,

    Advise please, Anak sy ersa lahir 5 Nov 2010 saat ini usiany pas 5thn, saya lg bimbang mau masuk kan ersa langsung tk b, atau mulai dr tk A, mengingat jika dr tk a maka ia akan sd 7,7thn sementara jika langsung tk b maka is akan SD diusia 6,7thn
    Tolong sarannya ya Mb. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku langsung TK B aja mbak, kasian juga kalau hampir umur 8 tahun masuk kelas 1 SD nya. Mengingat akan ada banyak anak umur 6 tahun juga di kelas nanti, kalau masih baru 7 kan masih deketan, dianya ga ngerasa terlalu ketuaan.

      Ini saran aku secara umur aja, tapi secara mengikuti pelajaran harus konsul dulu ke sekolahnya, karena minimal SD skrg kan harus bisa calistung (walau tidak direkomendasikan), nah apakah dengan 1 tahun di TK B sudah lancar dan aman persiapan untuk ke SD nya?

      Semoga membantu ya mbaaa :) Gudluck..

      Delete
  35. Dulu aku masuk SD umur 5 tahun 2 bulan. Untungnya dari PG ga ada masalah soal kemandirian, di saat anak lain minta ditemenin mama aku malah biasa aja.
    Dari PG sampai SD kelas 1 aku di kelas masih suka jalan-jalan, terus pas kelas 3 SD mulai males belajar.
    Untungnya sampai saat ini (SMA 3) nggak pernah tinggal kelas, aku bisa masuk IPA & 10 besar.
    Di angkatanku malah ada anak IPA yang SD nya umur 5 thn juga peringkat 2 di kelasnya.
    Sebenarnya semua tergantung si anak, anak nya mampu atau nggak. Aku pribadi kurang setuju kalau SD umur 7 tahun, soalnya nanti lulus SMA jadi terlalu tua & kalau anak" yang mesti nunggu karena ga bisa masuk SD malah jadi bosan & malas karena mesti ngulang materi yang sama kalau ngulang TK lagi, padahal secara otak udah mampu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener setuju juga mba, kalau udah siap dan matang ga masalah. Karena aku juga SD pas 5 tahun 4 bulan. Sampai kuliah juga ga bermasalah sama belajar. Cuma mungkin problema anak sekarang, materi peajarannya jauh lebih susah dan banyak menuntut anaknya untuk belajar lebih giat. Makanya rekomendasi umur SD jadi 7 tahun...

      Delete
  36. Thanks infonya Mba,sngat membantu.Anak saya sdh msk TK A sejak umur 5 tahun,4bln kmdian dia keluar dri TK krna dia dipukulin tmn sekelas bbrpa kali smpe lebam.saya putuskan utk pindahin sklh :( trnyata dia keberatan msk TK lagi..apa mngkin trauma yah mba?..jd skrg aq fokuskan les calistung aja dlu.ini bsok 5jan dia msk umur 6thn apa sbaiknya msk TK B yah? si kecil mulai ada keinginan utk sklh lg(stdaknya yg saya tngkep yah sprti itu) Mohon advicenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbaaa. Sedih sekali ya kalau anak jadi mogok sekolah, karena aku punya sepupu juga gitu bahkan mogok sekolah pas SMA sampai akhirnya DO. Saran aku sekolah itu harus dicari FUN nya, kalau dia masih trauma, kayaknya jangan dipaksain. Lansgung TK B juga bisa aja, asal anaknya bisa langsung nangkep pelajarannya. Karena buat aku yang penting anak harus happy bukan harus pintar. Karena pintar itu relatif, kalau dia sukanya IPA aja, ya ga usah maksain pintar IPS juga bukan? Semoga anaknya bisa kembali senang sekolah ya...

      Delete
  37. Anak sy klairan januari 2012 ,udah msuk paud dr umur 3,5thn...awal msuk paud udh dksh.tau gurunya kalo kmampuan ara bs lgsg naik ke paud.b...tp ttp sy msukan ke paud a..yg lbh bnyak main2 nyanyi...januari ini br sy naikan paud b...diitung juni bsok msuk tk umur 4,5th...msuk sd di 6,5th....smoga udah bs cukup hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masih cukup umur mba, pas mau SD menjelang 7 tahun, soalnya kalau dibawah 6 tahun katanya masih banyak yang lebih chlldish, jadinya agak keteteran pas di SD.

      Delete
  38. Masalahnya udah jd tuntutan dr kurikulum nya sih .. Org tua jg sebenernya ga mau maksain , tp sekolahnya pake syarat "SD harus sudah bs calistung" .. Jd ya mau ga mau org tua maksain anaknya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaaa, kenapa ya harus ada calistung, padahal di luar negeri aja udah ada penelitiannya, kalau calistung sebaiknya diajarkan pas SD. Disini kurikulum aja masih ga konsisten dari dulu. Gonta ganti terus..

      Delete
  39. Wah info bagus nih. Saya jadi berpikir Lha terus gimana ya dengan anak saya yang lahir pada bulan april? Masak masuk SD 7.3tahun. Terlalu tua kah? Kalau lebih awal 6.3tahun terlalu kecil. Usia nanggung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau di negeri cukup mba, setahu aku harus diatas 7, tapi kalau di swasta biasanya memang terlalu tua masuk umur segitu...

      Delete
  40. Salam kenal.mba fifi,
    Pembahasannya pas sekali, anak ku ikut tes masuk sd swasta januari ini, dan tidak diterima, karna psikotes dan IQ nya kurang,serta ingatan auditory nya nilainya sangat kurang, skrng umurnya 6thn 4bln, blm bisa membaca,blm memahami perhitungan,pengurangan,blm fokus terhadap pelajaran.terlalu banyak gerak.niatnya akan saya masukan TK B kembali tahun ini, jd nanti masuk SD umurnya sudah 7thn 11bulan,ketuaan nanti ga ya,apa nanti anam ku akan bosan ya sekolah tk terus.sebaiknya dicarikan sd lain atau tetap dimasukan ke tk B.atau dimasukan sekolah alam.sebelum nya makasih mba fifi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba, saran aku jangan dipaksakan, bisa jadi memang anaknya belum siap secara psikologs juga. Buat aku, tujuan sekolah menimba ilmu, bukan memaksakan akademis. Jadi biar dia belajar perlahan sesuai kemampuan, daripada dipaksakan masuk SD, tp susah ngejar pelajarannya..

      Delete
  41. Biar tar aja kalau udah gede sekolahnya biar kagak bosen, anaku mau belajar dlu di rumah soalnya baru umur 3 tahun.. nunggu umur 5 tahun.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaaa mba, umur 3 tahun ga terlalu penting kok sebenernya sekolah. Kebanyakan main, tujuan sekolahnya untuk sosialisasi sama teman-teman..

      Delete
  42. Hi mba.. sekedar mau sharing saja..ada kerabat saya yang menyekolahkan putranya masuk SD umur 4,5thn orang tua nya berpendapat bahwa anaknya sudah bisa membaca,berhitung untuk apalagi dijenjang sekolah TK... harus masuk yang lebih tinggi lagi dong..agar biar cepat dewasa .. begitulah ujar kerabat saya...sungguh miris juga mendengarnya.., dan orang tuanya pun bilang kami juga sudah kok berkonsultasi dengan psikolog dan dinyatakan boleh boleh saja! yang saya heran apakah benar seorang psikolog anak memperbolehkan nya?? semoga anak dari kerabat saya bisa melalui semua nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba.

      Banyak orang tua yang sangat bangga anaknya bagus secara akademis, tp pertimbangan jaman sekarang, adalah memperhatikan faktor psikologis anak. Jangan sampai anak pintar tapi sesungguhnya dia mentalnya belum siap. Karena memang kata psikolog, setiap umur itu ada cerminan sikapnya. Jadi ya bayangin aja, umur masih 4 tahun alias balita tp harus dipaksakan jadi anak besar. Semoga saja anaknya bisa beradaptasi, tapi kasihan juga kataku..

      Delete
  43. Anak kedua saya kelahiran Juli 2010. Skrg TKB.. Blm lancar membaca dan menulis, jauh dibandingkan dengan teman2 sekelasnya.. Dilema juga nih, lebih baik ngulang TKB atau naik SD ya.. Klo ngulang, khawatir anaknya sedih melihat teman2nya naik ke SD, koq cuman dia sendiri yg ngulang TK..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba... Sudah coba diikutkan les baca? Siapa tahu ada kemajuan. Klo memang belum bisa dengan baik, setahu aku saat SD pun dia harus banyak mengejar. Kalau anaknya dirasa mampu menerima pelajaran lebih saat SD, gpp mbak masuk SD, tapi kalau secara anaknya masih setengah2, jangan dipaksakan mba. SD sekarang susah bangetttt pelajarannya.

      Delete
  44. Iya nih aq juga lagi bingung usia anak lakiku juga nanggung lahir bulan des 2009.kalau thn ini ngk masuk sd berarti tahun depan umurnya sudah 7,5 tahun.sejak kecil sudah ikut paud,ikut bimba tp ajaran huruf2 ngk ada yg nyangkut...hahaha...baru umur 5,5 tahun ini saya masukkin lgs tkb,karena pengennya setahun aja lgs sd biar ngk bosen..ini udah lumayan ngenal huruf dan angka..tp ada pelajaran baru lagi berhitung,bhs inggris,dan menulis indah...kayaknya dulu baru sd belajar begituan.dan ditambah les pula pulang sekolah terus setiap hari dikasih pr...stress juga y jadi anak tk jaman skrg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaaaa anak sekarang susah banget tantangannya di sekolah. Pelajaran lebih susah terus tugasnya lebih banyak, kalau dibandingin jaman kita dulu, jauh banget yaaaa. Suka kasian juga sama anak-anak sekarang yang menghadapi sekolah kayak orang kuliah, hihi..

      Delete
  45. Mb fifi anak saya lelaki udh di TK B 21 juli 2016 usia nya pas 6th..apa sebaiknya ditunda dl ya msk SD nya?dr kmrn saya ragu2 mau mskkin sd..cm byk yg bilang gpp klu anaknya sdh bisa calistung..artikel yg mb fifi bilang,emosi anak?wkt kelas 3 atw 4 nya?cm ada yg bilang,gpp msk sd jd nt bisa sarjana muda..cr pekerjaan msh muda usianya..tolong mb fifi..klu mengulang lg di tk b,takutnya malah bosen..klu ga sekolah,kasihan ga ada kegiatan..minta sarannyamb fifi..makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbaaa..

      Aku dulu termasuk sarjana termuda di kampus loh. Tapi yaaaaaa, ga ada jaminan kalau muda terus bisa kerja lebih cepet daripada temen seangkatan. Kayaknya ga ngaruh deh mba. Jadi keuntungannya juga biasa aja, hehe...

      Delete
  46. terimakasih banyak atas sharenya, saya lagi galau banget, masalahnya anak saya Juni nanti usia 5.11 tahun saat tahun ajaran baru di mulai tahun ini. Galau mau lanjut TK atau langsung ke SD swasta,teman-teman di kantor suggest nya langsung SD aja nanti ketuaan, tapi suami prefer di 7 tahun sesuai usia, karena kurikulum sekarang berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa samaan nih kita umurnya nanggung di 11 bulan. Lola juga gitu kurang sebulan pas Juli. Gemes yaa... Iya gpp 7 tahun, dijamin anaknya lebih siap dan ibunya ga perlu banyak drama sama ngurus anak SD belajar, hehe...

      Delete
  47. Salam Mba Fifi,Anak pertamaku lahir bulan April 2009.Sekarang kelas 1.ada niatan untuk mengulang kelas 1 lagi,tapi masukan dari orang2 di sekitarku "jangan mengulang".Takut anaknya minder karena diledek teman2 sekelasnya.Baiknya gimana ya Mba?apa bener mengulang di kelas satu akan membawa dampat buruk pada anak saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mba, kayaknya kalau ngulang kelas 1, suka kasian, soalnya uda ngerti kalau anak SD. Menurut aku jalanin aja dulu, smoga anaknya sanggup mengejar pelajarannya. Kecuali dia pindah sekolah, hehe... Tapi saran aku lanjut aja klo tidak ada kendala yang terlalu sulit..

      Delete
  48. Salam kenal mb fifi.
    Anak sy kelahiran 1 jan 2013. Rencanany thun ini mau playgroup. Tahun lalu saya ajak bermain dg metode montessori. Anakny suka bgt baca buku, sdh ngerti huruf n hapal kata. Klo liat tulisan bs dbaca pelan2. Memang tdk pernah dpaksa utk membaca n bermain huruf, tp anakny sndiri yg suka liat gambar dbuku n mnt dbacakan tiap katanya. Tp setelah baca blog ini sy jd kuatir apakah sy trllu cepat mengenalkan huruf n membaca di umurny skrg.. tp klo saya batasi kasian rasanya klo menghalangi minatny dalam membaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba kalau setau aku anak ada minat baca meskipun diumur yang belum dianjurkan sebaiknya memang jangan dilanjutkan belajar baca, tapi boleh kok pengenalan huruf yang sekedar fun atau bermain. Coba cek artikelnya deh, aku pernah baca.

      Delete
  49. Aslmkm.salam kenal mba fifi.aku juga lagi galau nih.anakku kelahiran november 2010,skrg sekolah di tk.B alhamdulillah bisa ngikutin,udh bisa membaca,berhitung,jarimatika juga.thn ini lulus tk.5th 7bln, dia udh semangat bgt masuk SD thn ini,membaca artikel mba diatas.aku masih bingung juga,klo mau ngulang tk lagi,sementara tmn2ny dah pd SD,takut dia minder,diejekin tmn2nya.menurut mba,baikny gmn ya?trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku ikutin kata hati mba, karena ibu yang lebih tahu anaknya. Kalau sekiranya dia bisa enjoy ya gpp, tapi ya gitu efeknya kalau masuk SD kecepatan bisa cepat jenuh nanti pasti belajar di SD, karena umurnya dipaksakan. Begitu ujar banyak psikolog.

      Delete
  50. Anak saya 21 maret, berusia 5 thn, dia skrg TK A. Dia sekolah mulai dari play group. Saat ini saya sedang berfikir untuk off dulu selama 1 thn, saya isi kekosongan 1 thn dengan les badminton dan music. Setelah usia 6 thn saya masukkan dia TK B. agar masuk SD berusia 7 thn. Saya lg mencoba meyakinkan suami saya untuk meng off kan dulu, krn sekolahnya terlalu banyak PR, nuntut tulisan anak rapi dan kecil2. Padahal anak saya agak malas kerjain PR menulis. Dia bukannya ga bisa, tp males, setiap kerjain PR, cerita melulu. Tp kalo kerjain math, dia cepet dan senang. Dia anaknya cepat menangkap pelajaran. Sdh kenal semua dan menulis huruf, angka sampai 20. Buat saya itu sudah cukup, krn anak balita di tuntut nulis yg kecil2 dan rapi, itu sangat tdk masuk akal menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa setuju banget, anak balita itu harusnya bermain bukan belajar nulis rapih hehehe. Kasian ya dipaksain nanti malah jenuh sama yang namanya belajar dan sekolah. Daripada mogok sekolah karena kecapean belajar, mendingan puasin masa bermain anak dulu, sebelum SD dihajar pelajaran susah. Nasib kurikulum disini, terlalu berat.

      Delete
  51. Hi Mom...

    Setelah membaca tulisan Mom,, aku jd terperangah...
    anak ku Perempuan, lahir 7 Nov 2013..
    dan sekarang saya sedang mencarikan dia sekolah terbaik menurut saya, dmn saya mencarikan sekolah yang min national Plus bahkan klo bs dia masuk international school.. yang rencananya di Juli 2016 ini..
    Rencana saya getol mencarikan dia sekolah yang hanya cukup 3 tahun saja Playgroup (1thn) dan Tk (2 thn).. karena mikirnya kasian klo kelamaan sekolah n di TK kudu 4thn (2thn playgrop dana 2 thn kinder).
    tapi karena umurnya yg nanggung beberapa school menyarankan jika memang masuk di july 2016 ini memang dia harus menghabiskan 4 thn di TK (2thn Playgroup dan 2 thn Kinder).. jadi mikir2 nanti SDnya uda mau 7 thn dounk... trus aku kyk gak ikhlas gitu.. gara2 nya kebetulan anak ku perempuan, kasian nanti ngerasa dr segi umur dia lbh tua dr teman sebayanya... (ehmm... terlalu jauh mikirnya, tp gak mikir dari segi kesiapan Anak). ;(
    karena aku menilai anakKu termasuk anak yang aktif & anak yang cepet nangkep karena blm genap umurnya 2 thn. dia sudah lancar berbicara aktif dan dia jga sudha bs bernyanyi dengan lirik yang bs dibilang cukup benar untuk anak seusianya..

    yg jadi pertanyaan:
    1. bagaimana menurut mom? kok setelah baca ini saya kyknya mommy yg egois gak memikirkan segi kesiapan anak saya (karena mau menghemat umur td). sebaiknya Anak saya masuk SD di umur 5 thn 8 bln atau 6 thn 8 bln???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba,

      Aku masukin anak aku SD pas umur 6 tahun 11 bulan. Dan aku ga ngerasa berat karena memang seharusnya begitu. Psikolog aja menganjurkan seperti itu jangan terlalu kecil dimasukan ke SD alias belum cukup umur. Cuma kebanyakan orang tua khawatir masalah ketuaan aja, padahal pas di dunia kerja nanti itu ga ngaruh sama sekali loh.

      Delete
  52. Hai mbak..pas bgt aq jg lg galau.hehe..pas mw dftr ulg mbk.masuk tk A ato ngulang PG.anakku laki2.lahir sept 2012.kl mw lanjut tk A usianya 4thn kurang 2bln.selese tk 2thn masih 6thn krg 2bln.kemungkinan jd ngulang di tk B nya.kl mw ngulang PG sy kwtr dy bosan belajarnya itu2 aja.krn mnrt gurunya dy cukup pintar dan cerdas.sayang kl ngulang PG.biar berkembang di Tk.sy jg kawatir kl ngulang di PG dy akn kehilangan tmn2 yg udah biasa sekelas.tp kl mw lsg tk kok usianya msh segitu.kawatir jg dy bosan 3thn di tk.mohon sharing nya donk mbk.baiknya spt apa.trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak aku ngulang PG 3 kali mba, karena salah masukin umur pas masuk. So far I'm happy dan anak aku lebih happy lagi. Belajarnya disesuaikan umur yang sewajarnya :)

      Delete
  53. Assalamualaikum mba Fifi...
    TQ bangettt artikelnya sgt mencerahkan, dan semua pertanyaannya di sini membantu bangettt,salam kenal semuanya , sy Prama ,stlh 7 thn menikah baru dihadirkan buah hati kami,ZeZe,lahir 21 April 2012, Alhamdulillah....
    Sampe saat ini ZZ blm pernah yg namanya "sekolah"...
    Sy full di rumah,kebetulan km usaha dan tinggal di komp Ruko,yg notabene full aktivitas,ga da tetangga anak kecil,ada saudara sepupu ZZ yg sama usianya,pun jarang2 ketemu,main bareng,sebab mrk sering luar kota
    Jadi ZZ full bersama kami (bunda dan papanya),sering interaksi nya dgn karyawan2,customer2 kami(kebetulan zz sering ikut di toko jagain/menenin CS sbntr2,dan ikut sy dan papanya ke lapangan(proyek)
    Interaksi ZZ sampe saat ini dgn org2 sekitar cukup sering,km jadwal in buat dia main di taman kota ketemu anak2 seusianya dan ke mall(main di happyplay)
    So...murni ZZ adlh didikan kami (papa dan ibundanya)

    Prnh wkt usia 2 thn ZZ sy ikutkan kalompok MCDonald,scra kbtulan aja,pas makan di sna dia lihat anak2 main,surprise dan ingin ikut jd sy daftarin,rutin seminggu 3x, slm 2 bulan sy stop,sebab cara ngajar dan yg diajarkan maaf ...sy rasa ga pas,awalnya sy ikutin ingin lihat bgmn reaksi ZZ beradaptasi,Alhamdulillah...ZZ anaknya pemberani,suka angkat tangan,dan ke depan kelas,pdhl dia bicaranya ga jls,apalg hal akan,nyanyi,doa dsb....
    Hanya berani aja maju...hahaha
    Sampe skrg pun dia speech delay,2 bulan lg usianya sdh 4thn.
    Blm bgtu hapal 1 judul lagu pun,ngikut bisa sampe selesai,doa jg begitu,huruf A_Z kalo nyebutin msh belepotan,tp paham membaca,menunjuk masing2 huruf,begitupun huruf hijaiyah,ZZ sdh paham alif sampe Ya...tp menyebutkannya belepotan, pengucapannya lucuuu krn cadel...beda dgn sepupunya yg seumuran,bahasany sdh komplitttt dan terlihat dewasaaa klo bicara

    Yg mau sy tanya mba ....
    Ada perbedaan signifikan kah antara PG,TK A dan TK B?metode bljr dan guru2 nya?
    Rncna sy ingin masukkin ZZ "sekolah" thn ajaran baru ini,ZZ 4 thn 3 bln bulan kan...bulan juli ini
    Baiknya kePG ..?atau TK ya...

    TERIMAKASIH....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, saran aku baiknya PG dulu, mengingat di TK biasanya anak-anak sudah pada advanced, nanti takutnya tertinggal dan dia jadi berat ngejarnya. Di PG huruf dan angka memang pengenalan bukan dihafal atau disuruh bisa nulis dan baca. Di TK kurikulumnya rata-rata sudah membuat anak harus bisa nulis, sementara kalau belum bisa melafalkan, kayaknya akan kesulitan. Nah di TK B, jauh lebih susah setahu aku, hampir mirip di SD. Jadi gpp kok ngunlang PG, anak aku masuk PG juga 4 tahun :)

      Delete
  54. Johny
    Ini pengalaman pribadi saya, saya waktu itu masuk SD usia 7 thn lebih 9 bln. Padahal rekan2 sy sdh kls 2. Waktu umur 6 thn lbh 9 bln (1 thn sebelumnya) sy sdh diterima masuk SD. Tp krn prinsip ayah saya mirip dg mbak fifi bhw lbh bagus ketuaan sy gk dikasi msk SD. Waktu itu saya sedih krn tmn2 sebaya saya sdh msk SD saya belum. Tahun berikutnya baru saya maduk SD dan saya paling tua di kelas shg sering dipilih mjd ketua kelas sampai ke kelas di atasnya. Memang saya dpt juara 1 trs dari kls 1 s/d kls 6. Tp kadang saya mendapat cibiran bahwa saya dapat juara krn paling tua. Waktu kls 3 sebenarnya saya mau diloncatkan ke kls 4 dan saya sdh mau dan senang. Tp lagi2 terbentur kokohnya prinsip ayah saya dan beliau bilang tidak boleh, tdk boleh loncat kelas. Saya memang merasa lebih nyambung dan nyaman bermain dg kakak kelas saya lg setahun krn sebaya kali ya? Prestasi belajar saya menurun mulai kelas 2 sma. Saya terbebani oleh anggapan saya pintar, padahal bisa jadi saya dpt juara karena ketuaan. Usia 8 thn jelas lebih pintar lah dg usia 7 thn. Saran saya, masukan anak ke sekolah sama dg teman sebayanya, jangan kemudaan, jangan ketuaan. Sulit memang karena kita tdk bisa mengatur waktu kelahiran anak kita pas bln juli shg saat masuk Sd tpt 7 thn. Menurut saya interval usia 6 - 7 tahun boleh dimasukkan ke SD. Demikian sharing saya semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  55. Masuk SD sebaiknya dlm rentang usia 6 thn s/d 7 thn. Jangan ketuaan dan kemudaan sejatinya orang/manusia lebih nyaman bergaul dg teman sebayanya. Demikian sbg bermanfaat ...

    ReplyDelete
  56. Salam kenal mbk fifi kebetulan sy jg lagi galau nih mbk putraku lahir d bln jan 2012. Sy bimbang nih mbk mw masukin sikecil ke TK A apa tetap d playgroup. Klo baca huruf alfabet& berhitung n menulis sih gda masalah si kecil sdh bs.. cm untuk fokusnya masih kurang gimana tuh mbk.

    ReplyDelete
  57. Salam kenal mba Fifi,
    mau ikut sharing ya....
    Anak sy lahir Oktober 2009, masuk SD saat umurnya 6tahun kurang 3bulan
    So far ga ada masalah dengan pelajaran sekolahnya; bahkan nilai-nilainya diatas rata-rata kelas.
    Saya tidak ikutkan les atau kursus mata pelajaran, sehingga masih banyak waktu luang untuk bermain sepulang dari sekolah.
    Menurut saya patokan umur itu relatif ya.. tergantung dari kemampuan anak masing-masing, ga harus 7 tahun lebih baru masuk SD.
    Ini anak saya yang kedua lahir bulan Juli 2014, planningnya masuk SD saat umurnya pas 6tahun ; tapi ada beberapa sekolah yang cut off umurnya adalah Juni sudah berumur 6tahun.
    Sedangkan ada juga sekolah lain yang batas umur masuk SD adalah bulan Juli berumur 6thn karena tahun ajaran baru kan selalu dimulai di bulan Juli, bukan Juni.
    Dalam hal ini, saya tetap memilih sekolah yang cutoff nya lebih fleksibel ( bulan Juli berumur 6thn saat masuk SD)
    Apalagi selisih umurnya hanya beberapa hari saja... saya ga rela kalo masuknya telat setahun :)
    Thanks buat ijin sharingnya mba...



    ReplyDelete
  58. Thanks mbak artikelnya bagus,anak sampai tk jangan dipaksakan calistung..tapi kok ya tega ya sd sekarang,tk nya dilarang keras diajarin calistung,masuk sd ada tes harus bisa calistung,ga konsisten banget 😞

    ReplyDelete