Sunday, June 14, 2015

Dapur Impian
6/14/2015

Dapur Impian

"IKEA Event, Kitchen METOD Launching", 2015

Beberapa waktu lalu saya diundang oleh IKEA untuk melihat rangkaian produk dapurnya yang baru saja diluncurkan di Indonesia, METOD. Sistem yang memungkinkan untuk merancang secara modular mengikuti fungsi dan desain impian. Saya sendiri sudah tidak terhitung berapa kali mampir berbelanja furniture di IKEA dan tentunya rencana masa depan adalah mendekor dapur impian ala IKEA. Disana saya bertemu mama canggih super seru, Chika (theurbanmama.com), dan teman lama saya yang super kreatif di kantor dulu, Nike (livingloving.net). Silahkan cek website IKEA untuk segera merancang dapur impian dengan segala macam gaya.

Disana selain mengenalkan dapur-dapur IKEA yang super menggiurkan, ada juga demo Pastry oleh chef, dimana Apple Vol Au Vent menjadi menu pilihan. Saya sudah mencobanya berkali-kali di rumah. Sebagai penggemar Apple Pie, sepertinya ini salah satu andalan saya untuk urusan baking.


Berikut adalah resep Apple Vol Au Vent (sudah disesuaikan ala saya).
  • 1 pak Puff Pastry siap pakai.
  • 4 Apel Malang potong dadu.
  • 1 sdm Gula Pasir.
  • 1 sdm Perasan Lemon.
  • 1/2 sdt Kayu Manis Bubuk
  • 1/4 sdt Tepung Maizena yang dilarutkan 2 sdt air hangat.
  • 5 sdm Air Mineral.
Cara :
  1. Potong Puff Pastry sesuai keinginan, kalau saya kotak agar mudah. Sebanyak 12 potong.
  2. Panggang pastry pada oven dengan suhu 220 derajat celcius selama 20 menit.
  3. Masukan gula pasir ke dalam panci, lelehkan dengan api sedang.
  4. Masukan potongan apel setelah gula menjadi kecoklatan, lalu aduk.
  5. Tambahkan perasan lemon, kayu manis bubuk, dan aduk hingga mendidih.
  6. Masukan tepung maizena dan aduk rata.
  7. Tuang saus apel pada pastry (dapat disajikan hangat atau dingin).
  8. Saya lebih senang memasukan kembali ke oven selama 3 menit agar tekstur apel tidak terlalu lembek.

Mudah bukan. Saya sering membuatnya sejak pulang dari IKEA. Mengingatkan saya pada apple pie fast food ternama yang lezat. Lola juga sangat senang sekali dengan urusan baking, dia setiap kali kami tanya cita-citanya apa, dia selalu menjawab ingin menjadi chef. Saya sendiri baru mulai mengenal baking sekitar 3 bulan, dan tampaknya Lola jauh lebih bersemangat daripada saya. Akhirnya dia mencoba mengikuti kelas Lil Wonder Chef beberapa waktu lalu. Ada kelas membuat pizza, milkshake, cookies, sushi, dan masih banyak lagi. Sayangnya ini hanya event 1 hari, dan tidak tahu kapan diadakan lagi.


Karena kegiatan baking ini, NET TV mengundang saya dan anak-anak untuk berbagi resep. Silahkan lihat tautan Youtube-nya ya atau search Bikin Bekal Fifi Alvianto, dan mohon maaf kami masih sangat amatiran, tapi semoga resep kami mudah untuk dipraktekan. Selamat mencoba ya.

*pantry di video adalah rumah mama, bukan rumah saya, makanya ingin punya dapur yang bagus supaya makin semangat di dapur, hahaha.


0 comments :

Post a Comment