Thursday, July 30, 2015

Perpustakaan Anak Cikini Jakarta
7/30/2015

Perpustakaan Anak Cikini Jakarta

"Ke perpustakaan yuk", 2015
(Lola 3 tahun 11 bulan, Lana 1 tahun 11 bulan)

Di era serba cepat dan canggih ini, jarang orang tua yang berkesempatan mengajak anaknya membaca buku ke perpustakaan apalagi perpustakaan umum, termasuk saya sendiri yang terakhir kali berkunjung untuk membaca buku, sepertinya hanya di saat kuliah.

Perpustakaan memang biasanya menjadi tempat yang terkesan serius, namun alangkah mengejutkan ketika saya mendapati sebuah perpustakaan yang sangat fun dan seru! Apalagi ketika bisa membawa anak-anak bermain dan 'bersuara'.

Perpustakaan Umum DKI Jakarta
Alamat:
Taman Ismail Marzuki
(sebelah gedung Planetarium)
Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng.

Jam Operasional :
Senin - Jumat, pukul 09.00 – 16.00.

Tiket :
Gratis.

Hal paling menyenangkan bagi ibu-ibu, adalah menikmati waktu me time, anak-anak asyik bermain sampai puas dan tentunya GRATIS! Setiap kali kami pergi ke Chipmunks Playland dan Lollipops Land, berapa banyak rupiah yang selalu dikeluarkan untuk satu keluarga, yah cukup banyak bukan? Nah bayangkan kembali masuk perpustakaan umum yang kurang lebih sama saja dengan area playground tersebut tanpa membayar sepeser pun dan bisa melakukan banyak hal seru (hanya parkir saja Rp. 5,000).

Perpustakaan ini diperuntukan bagi siapa saja. Ketika masuk hanya akan diminta KTP, tidak wajib menjadi anggota jika tidak ingin meminjam buku. Kalau pun ingin bergabung, kita bisa meminjam buku untuk periode 2 minggu. Disini tidak diperkenankan membawa tas dan segala jinjingan, jadi kita akan diberikan kunci loker dan tas plastik untuk membawa barang penting seperti handphone, dompet, dan lainnya. Makanan dan minuman juga tidak diperbolehkan.

Perpustakaan anak berada di lantai 2, silahkan naik tangga atau lift. Ada ruang menyusui juga di lantai 3. Di lantai anak-anak ini, menurut saya terbagi menjadi 3 area. Area membaca buku, area permainan soft motor skill, dan area bermain playground.

Area membaca buku dipenuhi oleh beragam buku dari untuk bayi, balita hingga anak besar. Bukunya pun dari lokal hingga impor terbaru. Jadi ini seperti mampir ke Books&Beyond atau Aksara tapi boleh membaca sampai habis, dengan posisi duduk, tiduran, atau sambil mengejar anak-anak bermain. Lagi-lagi terlalu menyenangkan bisa membaca buku sebanyak ini.

Area soft motor skill, berisi permainan anak dengan beragam pilihan. Banyaaaaaak sekali, bahkan beberapa masih dibungkus oleh plastik, sebagai stok permainan yang akan datang. Yang pasti ingatkan anak untuk selalu merapihkan mainan pada tempatnya jika sudah selesai. Pada area ini, lantai dilapisi oleh karpet karet, sehingga mereka bebas berguling atau main sambil duduk.

Area playground berada pada ruangan super luas, dengan kondisi ruangan yang semi indoor, sepertinya ventilasi campuran AC dan jendela biasa. Area ini diberikan atap kaca, akan terasa panas jika semakin siang. Sayangnya area ini rentan debu pembangunan gedung dari luar, hal ini menyebabkan anak-anak mudah bersin saat bermain. Permainannya tidak banyak tapi tetap seru (namun ada juga rak-rak permainan soft motor skill di dekat pintu area ini). Tersedia beberapa mobil-mobilan, dan sepeda yang dapat dimainkan dengan melewati rute-rute menarik. Oh ya maksimal umur anak di area ini adalah 5 tahun.

Seluruh area disarankan membuka sepatu, agar nyaman gunakan kaos kaki. Tidak perlu khawatir mereka berteriak, karena area playground berada jauh di pojok. Yang perlu diperhatikan adalah anak-anak kecil tidak merobek buku yang ada. Seumur Lana masih hobi merobek kertas.

Tips dari saya, datanglah saat baru buka, niscaya sepi dan sangat nyaman. Perpustakaan anak Cikini ini baru diresmikan tanggal 30 Maret, masih terasa terawat dan baru. Sayangnya usai dari sini, Planetarium masih rusak dan kami tidak jadi mampir, padahal persis di sebelah gedung ini. Bagi yang ingin meminjam buku, silahkan mencobanya tapi saya sarankan kalau rumahnya jauh dari Cikini, baca sampai habis saja disana. Karena belum tentu dalam periode 2 minggu kita bisa kembali kesini.

27 comments :

  1. Baru tau dan seru banget, mba. Segera mampir! Thanks infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Semoga seru yaaa tripnya kesana.

      Delete
  2. Dari dulu pingin banget mampir sini. Liat foto-foto di sini makin kepingiin bawa bocil ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa dateng pagian pas baru buka, nyaman banget. Kalau udah siang sore ramai dan berantakan kata temen.

      Delete
  3. wow...seru bgt yaa liat foto2nya, jadi pingin kesana deh,
    tapi ga buka pas weekend yaa, dan ga begitu ramai enak sepertinya \\(^^)//

    thx u for info mb fifi,
    mwwaacchh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbaaa.
      Sebenernya ramai mbak kalau udah siang ke sore, jadi better pagian baru buka, masih bersih dan rapih :)

      Delete
  4. Seru kayaknya ajak 3krucil aq kesana :D
    Trims infonya mba fifi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Wiih bawa 3 krucil, pasti seneng semua, hahaha..

      Delete
  5. Wah... bagus ini, terima kasih banyak ya mbak Fifi untuk sharenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. Selamat bermain kesana yaa...

      Delete
  6. wow.. perpustakaannya keren bangetttt! semoga aja bisa ditiru di berbagai kota lain di luar jakarta.. supaya anak-anak kota lain bisa menikmati fasilitas serupa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, iya supaya merata ya pembangungan dan pendidikannya dengan di ibu kota. Bagus banget buat sarana anak-anak.

      Delete
  7. Mba tau ga kalo skrg apa weekend it udh buka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tutup deh, soalnya milik negara, jadi weekend pegawainya libur.

      Delete
  8. Hi, mbak :)
    Gak boleh bawa minuman, ya? Jadi kalau bocah haus gmn, ya? apakah ada kantin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, minuman di simpan di loker lantai 1, jadi kalau haus turun 1 lantai aja :) tapi banyak kok jajanan disini pun kalau mau beli, cuma diluar perpusnya.

      Delete
  9. Mbak, makasih infonya ya.
    Apakah disana tersedia internet? Memungkinkan kah emaknya bawa komputer n kerja dan anaknya main? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... aku kurang tahu ada wifi apa tidak, harusnya ada ya, hari gini kan biasanya semua pake wifi, tapi bisa banget mba bawa laptop terus anaknya main, aman kok, karena akses pintu hanya satu jadi bisa kita lihat kalau dia lalu lalang kesana kemari.

      Delete
  10. Disana boleh untuk shoot buku tahunan sekolah ga y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak.

      Hmm belum nanya sih tapi kayaknya kurang disarankan karena kurang menarik untuk foto ramai-ramai, tidak terlihat ambiencenya, kecuali foto anaknya sendiri-sendiri sambil bermain. Coba disurvey saja tempatnya ya...

      Delete
  11. Minta info nya dong: sabtu emang Libur yah? Coba buka yah!. Ada info ga Kalo perpustakaan mana yg buka hari sabtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku kalau perpus pemerintah tidak buka di hari libur karena jadwal pegawai negrinya hanya weekdays. Namun untuk perpus swasta seperti Reading is Fun, Rimba Baca dan masih banyak lagi, buka di hari libur. Semoga membantu ya...

      Delete
  12. Maaf bantu jawab. Hari sabtu/minggu buka jam 09.00-18.00. Hari libur nasional tutup.
    Sumber:
    https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10152980689076909.1073741837.542161908&type=3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa thank you sudah dibantu jawab yaaa..

      Delete
  13. sayangnya beberapa alat peraganya sekarang berkurang mba..karena ngga dijaga dan rusak..hikk:_(..oh ya saya bulan februari kmrn ke perpus itu sedang stock opname jadi belum bisa baca buku, diperkirakan hingga bulan maret. masih tetap bisa baca tapi belum boleh dipinjam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebayang yaaa yang main kesana anak kecil semua, mainan di rumah aja yang mainin cuma 2 anak kecil bisa rusak, gimana puluhan anak seharinya... Agak susah kalau uda berhubungan sama anak kecil, barang bisa tetep bagus itu mustahil hahaha...

      Delete
  14. waah keren semoga semakin banyak anak indonesia yang lebih mengenal Perpustakaan dan cinta membaca ..

    ReplyDelete