Thursday, August 20, 2015

Melelehkan Crayon Lama
8/20/2015

Melelehkan Crayon Lama






"Reuse your crayons", 2015
(Lana 1 tahun 11 bulan)

Kerap kali anak-anak mematahkan crayon atau lebih tepatnya menghancurkan crayon. Sayang ya kalau setiap dibelikan atau setiap tahun ajaran baru, crayon tersebut pada akhirnya cuma terlihat berantakan.

Agar crayon bisa disatukan kembali, sebetulnya sangat mudah, ada 3 cara yaitu panci dan air mendidih, microwave atau di oven. Saya memilih menggunakan oven karena lebih praktis. Berikut ini tips dari saya :
  1. Pastikan tidak ada label kertas menempel di crayon, kita bisa menyuruh anak-anak yang menguliti sekaligus bermain sensory.
  2. Siapkan cetakan untuk membuat kue dan isi dengan crayon yang sudah berukuran kecil-kecil. Boleh dicampur warnanya atau tetap senada.
  3. Bahan dasar crayon sebaiknya bukan yang terlalu oily dan greasy, agar tekturnya saat selesai tetap bagus tidak bergelembung.
  4. Panaskan oven di suhu 150 derajat celcius, selama 10 menit. 
  5. Setelah selesai, aduk crayon agar tidak ada gelembung dan rata permukaannya.
  6. Diamkan di suhu ruangan sampai cetakan kue tidak panas.
  7. Masukan ke dalam freezer selama 30 menit.
  8. Jika sudah selesai, balikan cetakan kue pada permukaan seperti sofa atau gunakan lap dan handuk, sebab bila crayon dikeluarkan dan menyentuh permukaan keras seperti meja, makan akan pecah.
  9. Beberapa crayon jika digabungkan dengan merek lain, biasanya ada yang tidak berhasil keluar warnanya setelah dibentuk ulang, jadi sebaiknya campurkan 1 merek saja pada 1 mangkuk cetakan.
  10. Untuk bentuk lebih lucu, bisa juga gunakan cetakan coklat yang mungil dan biasanya unik.
Selamat mencoba ya. Seru loh reuse seperti ini. Saya teringat ingin melakukan daur ulang ini saat cukup stress melihat crayon bertebaran kecil-kecil setiap anak-anak menggambar. Merapihkannya itu loh, lelah bukan? Nah satukan kembali dan beberes pun lebih mudah.

8 comments :

  1. Kreatif banget idenya Kak Fifi. Bikin kerjaan rumah lebih praktis juga ya jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi terima kasih, kepikiran gitu gara-gara pusing liat crayon kecil bertebaran banyak banget, hahaha...

      Delete
  2. Mba fifi.. selalu suka sama ide kreatifnyaa... dan selalu suka juga mengikuti web nya mba fifi.. terlebih lagi selalu disajikan dengan foto yang sangat menarik, sukses terus ya mba.. terima kasih sudah banyak menginspirasi saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah terima kasih banyak yaaa. Semoga bermanfaat isi tulisan disini. Amin untuk doanya :)

      Delete
  3. Lucu bangeeet krayonnya jadi bulat-bulat :D
    Kalo buat ibu2 mungkin tips ini juga bisa untuk mencampur lipstik ya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kalau nyampur lipstick aku juga gituuuu, tapi cuma dilelehin di air panas pake cawan. lipsticknya dari sisaan banyak tapi jadinya cuma 1 jar aja pas udah cair xD

      Delete
  4. waaa ide bagus. jadi inget di rumah banyak patahan-patahan crayon :D

    ReplyDelete