Monday, November 30, 2015

Cara Memotret Anak Di Rumah
11/30/2015

Cara Memotret Anak Di Rumah

(Lola 4 tahun 3 bulan | Lana 2 tahun 3 bulan)

Artikel ini ditujukan kepada para ibu yang gemar memotret anaknya, baik untuk disimpan saja atau digunakan sebagai materi pada sosial media dan blog. Langkah memotret anak pernah saya share di artikel lain, namun bagaimana membuatnya tampak lebih baik lagi?

Berikut tips dari saya :
  1. Usahakan posisi anak menghadap ke jendela atau cahaya. Foto diatas saya lakukan di dekat teras ruang keluarga.
  2. Pengaturan cahaya membutuhkan beberapa kali trial dan error, jika sudah tahu spotnya, nanti bisa digunakan sebagai spot andalan.
  3. Wajah yang mendapat pencahayaan natural, maka hasilnya tidak akan terlalu putih dan bias. Jika masih seperti itu artinya anak harus mundur beberapa langkah menjauhi cahaya.
  4. Sebelum memulai eksperimen dengan tempat foto di rumah, pastikan anak sudah rapih, sebab biasanya di saat jeda kita memeriksa foto nantinya, mereka sulit diajak berfoto kembali.
  5. Minimalkan latar belakang, karena biasanya jika menggunakan camera SLR, fokus lensa akan lebih sibuk dibandingkan latar belakang polos.
  6. Kelebihan pencahayaan melalui jendela (bukan direct light), akan ada efek mata berkilau pada anak. Sebetulnya ini hasilnya hampir sama seperti penggunaan lampu studio. Jendela biasanya memantulkan kilau cahaya.
  7. Anak kecil biasanya tidak terlalu senang menerima arahan, maka biarkan saja mereka berpose natural, kemudian tunjukan hasilnya dan kita bisa menyebutkan misalnya, "Kakak lebih manis kalau senyum", nanti mereka akan paham perbedaannya ketika kita tunjukan hasilnya.
  8. Jika memotret lebih dari 1 anak, pastikan jarak mereka berdekatan sehingga foto tidak terlihat berantakan.
  9.  Kenakan pakaian warna senada, atau maksimalkan keseluruhan foto dengan nuansa yang masih seragam. Dengan demikian foto terlihat lebih minimalis dan rapih.
  10. Practice makes perfect, berlatihlah untuk bisa mengambil foto anak dengan tidak sembarangan memotret, sehingga nantinya anak-anak memiliki foto kenang-kenangan masa kecil yang lebih bagus. Jangan miring-miring, apalagi terlalu banyak menggunakan flash pada kamera, sebaiknya membeli lampu LED yang biasa digunakan saat mati lampu, ini bisa memberikan pencahayaan lebih tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli lampu profesional.
Selamat mencoba ya.
PS : Lola dan Lana lagi pretend play main princess-princess an.

10 comments :

  1. Salam kenal kak vivi, blog nya inspiratif banget. Btw, I love Lana's Eyes, they are beautiful :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, salam kenal..... Thank you ya.... :)

      Delete
  2. Mba kameranya pk kamera apa ? Bening bngt fotonya .. di edit lagi kah ? ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba,

      Aku pake Fuji XM 1 lensa 35 mm. Iya tapi di edit lagi ini...

      Delete
  3. Terima kasih bunda sudah berbagi informasia dan anak anaknya sangat lucu dan cantik !

    ReplyDelete