Cara Pembuatan Visa Australia

Friday, September 30, 2016

"Brighton Beach", 2016
(Lola 5 tahun 1 bulan | Lana 3 tahun 1 bulan)

Pembuatan Visa Australia untuk ke Melbourne menjadi hal yang pertama kali saya lakukan sendiri. Sebelumnya melakukan perjalanan keluar negeri dengan diurus orang (Perth Trip) dan tentu memilih negara tanpa visa. Berhubung kami akan mengujungi Melbourne untuk berlibur, maka saya akan mencoba membantu menjelaskan apa saja yang dibutuhkan untuk Visa Australia ini.

Banyak yang bilang membuat visa ribet dan susah, padahal gampang bangetttt. Bisa pilih diurus travel agent atau mengurus sendiri. Untuk negara Australia, dalam hal ini menunjuk AVAC (PT. VFS) yang lokasinya di Kuningan City (enak di mall, hehe). Jadi tidak langsung ke kedutaan Australia. Bisa cek infonya disini www.vfs-au-id.com. Saya pilih mengurus sendiri biar tahu tingkat kesulitan atau kemudahannya.

Untuk persiapan dokumen Visa Australia yang hendak berlibur (Tourist Subclass 600), adalah :
  1. Download Formulir PDF-nya disini (baik anak ataupun dewasa, masing-masing butuh 1 formulir), langsung ketik saja di formulirnya tidak perlu di tulis tangan dulu. http://www.immi.gov.au/forms/Documents/1419.pdf
  2. Paspor Asli (minimal berlaku 8 bulan kedepan) dan Foto Copy Paspor pada semua halaman termasuk yang ada capnya.
  3. Foto Copy KTP.
  4. Foto Copy Kartu Keluarga.
  5. Foto Copy Akte Kelahiran.
  6. Foto Copy Surat Nikah (jika sudah menikah).
  7. Invitation Letter dari yang berdomisili di Australia (jika ada), dilengkapi dengan Foto Copy Paspor yang bersangkutan. Biasanya kalau beliau Permanent Resident, lebih mudah untuk kita mendapatkan visanya.
  8. Surat Izin Asli dari Suami, jika bepergian sendiri tanpa Suami (karena saya tidak bersama suami, sehingga surat izin dibuat oleh kantor tempat suami bekerja, tinggal minta saja ke bagian HRD-nya). Jangan lupa dicantumkan nama lengkap istri dan anak yang berada di bawah tanggungan suami untuk dicantumkan dalam surat dari perusahaan.
  9. Surat Sponsor Asli Dari Perusahaan Tempat Bekerja (jika bekerja). Isi surat ini adalah menerangkan bahwa kita benar-benar bekerja di tempat tersebut agar memastikan kita akan kembali bekerja dan tidak untuk menetap di Australia dengan visa turis ini.
  10. Surat Izin Dari Sekolah, bagi yang sudah memasuki usia SD.
  11. Pasfoto 4×6, latar belakang putih, masing-masing 1 lembar, tampak porsi wajah lebih banyak.
  12. Rekening Koran Tabungan, selama 3 bulan terakhir (di bank BCA membutuhkan 1-2 hari kerja dengan biaya Rp. 2.500 perlembar). Konon tidak ada jumlah pasti mengenai rekening koran ini, entah harus berapa puluh juta untuk bisa di approved. Tapi menurut sumber dari Dwi Daya Tour yang saya tanyakan, minimal isi rekening adalah Rp 50 Juta. Paling aman sebetulnya bisa dengan mengkalkulasi biaya hidup disana per hari sekitar 100-200 AUD. Tinggal kalikan masa waktu liburan di Australia berapa lama.
  13. Surat Kuasa diatas materai, jika mewakilkan pengurusan visa ke orang lain.
Jumlah biaya yang harus dibayarkan di VFS per orang (anak atau dewasa) adalah Rp. 1.610.000. Sementara kalau di Dwi Daya Tour Rp. 1.750.000.

Proses dari kedatangan pintu masuk di VFS hingga pengumpulan data hanya sebentar saja, antrian juga sepi. Ingat ya pada saat di VFS tidak boleh menyalakan handphone jadi pastikan data sudah aman. Setelah dibayarkan maka kita akan menunggu sekitar 5-15 hari kerja untuk Approval Visa yang akan dikirimkan melalui email langsung dari kedutaan Australia. Secara keseluruhan pengurusan visa Australia mudah banget.

Untuk diperhatikan :
  • Untuk Visa Anak, ada beberapa dokumen tambahan yang harus diisi, yaitu Form 1229.
  • Biaya yang telah dibayarkan tersebut tidak akan dikembalikan ya, jka ternyata visanya tidak di approved.
  • Kemarin saya apply yang Multiple Entry, sehingga mendapatkan visa Australia untuk 3 tahun kedepan selama masa periode kunjungan maksimal 3 bulan.
  • Status pengajuan visa bisa dilacak online di website VFS.
  • Sebaiknya jangan membeli tiket pesawat atau booking hotel terlebih dahulu sebelum visa approved. Karena pengajuan visa turis Australia VFS tidak membutuhkan bukti pembelian tiket pesawat atau hotel. Yang pasti beri jarak minimal 1,5 bulan sebelum keberangkatan. Agar aman ketika tidak di approved, bisa megulang lagi.
Selamat berlibur ya. Jangan lupa untuk yang membawa anak kecil ke VFS mohon untuk diarahkan tertib karena suasananya cukup serius. Plus tidak bisa main gadget.

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Ahh.. semoga kami bs main2 ksana juga.. pengenn. Haha..

    ReplyDelete
  2. Great Post...! Thanks

    ReplyDelete