Friday, April 01, 2016

Membuat Farm Diorama
4/01/2016

Membuat Farm Diorama

"DIY Diorama", 2016
(Lola 4 tahun 7 bulan | Lana 2 tahun 7 bulan)

Kemarin saya mendapat paket dari Menthilis yang isinya tentang berkebun dan berternak. Isinya ada 2, yang satu membuat diorama dan satu lagi membuat kebun sayuran dilengkapi bantal-bantal buah dan sayuran kecil yang siap dicat.

Prakarya pertama membuat diorama karena menurut saya lebih mudah dari yang satu lagi. Jadi disediakan cetakan yang siap digunting. Tugas Lola adalah mengguntingnya, harus sabar karena cukup susah ya untuk beberapa lekukan. Kalau tugas Lana membuat kolam dan kebun dari clay. Menggunakan clay agak keras dibandingkan playdoh. Lana cuma mukul-mukul clay supaya jadi rata.

Kemudian, tugas kedua adalah menempel batu. Susah-susah gampang buat anak kecil kalau mau rapih. Lola dan Lana suka karena seneng megang bebatuannya. Tugas saya menempelkan cetakan gambar ini dan menyusunnya.

Usai itu semua, nanti clay bisa ditusuk oleh kawat bulu yang ceritanya adalah rumput. Mereka juga suka bagian menaburi rumput diatas kertas yang sudah di lem. Kegiatan ini cukup memakan waktu. Kemarin selesai sekitar 2 jam. Harus sabar anaknya untuk mengerjakan ini. Kalau Lana sih cuma setengahnya udah lari sana-sini, kalau seumur Lola bisa tahan 2 jam menyelesaikan ini.

Kesimpulannya, ini menarik banget. Saya paling seneng dengan hal berbau prakarya. Apalagi Lola, kegiatan kesenian pasti jadi favorit dia. Menariknya, udah selesai diorama, bisa digunakan untuk bercerita tentang apa itu berternak dan berkebun. Ini baru namanya mainan edukatif sekaligus kreatif.

0 comments :

Post a Comment