Monday, June 06, 2016

Tips Puasa Bersama Anak
6/06/2016

Tips Puasa Bersama Anak

"Meet up with happy mamas", 2016
(Lola 4 tahun 9 bulan)

Senangnya bisa bersilaturahmi sekaligus bertemu banyak teman baru ketika diundang Dancow FortiGro pada acara Pre Ramadhan Feast, “A Family That Eats Together, Stays Together” di Bottega Ristorante.

Beberapa tamu yang hadir saya sudah kenal sebelumnya, karena seringkali kita diundang pada event yang sama, namun ada beberapa juga yang akhirnya membuat saya bisa berkenalan dengan mereka. Seneng deh ketemu ibu-ibu ini, selain bisa sharing kita juga dapet banyak tips seputar mendidik anak untuk berpuasa di #PuasaPertamaAkuDanKau.

Kemarin ada beberapa tips nih yang disampaikan oleh nutrisionist dan psikolog :
  1. Jika kita mengajarkan anak kecil berpuasa, gunakan kata yang konkrit bukan abstrak. Seperti “Puasa itu lebih baik jika kita ga makan dan minum loh", bukan dengan kata menahan lapar, karena itu masih sulit dipahami. Atau “Sahur saat masih gelap", karena kalau menyebut sebelum Imsak agak abstrak bahasanya bagi seumur mereka.
  2. Rata-rata anak kecil mulai puasa penuh seharian idealnya ketika umur 7 tahun. Jadi gpp kalau masih dibawah umur tersebut, untuk belajar berpuasa setengah hari atau beberapa jam.
  3. Biarkan anak yang menentukan sendiri berapa jam target puasanya. Karena mereka yang akan belajar mencoba menahan lapar dan haus.
  4. Tidak perlu terpaku pada jam Imsak jika anak-anak masih dibawah 7 tahun, yang penting niat puasanya harus dibawa nyaman dulu supaya tidak menjadi beban. Kalau sahurnya sudah tidak bahagia gimana mau lanjutin puasanya?
  5. Memberikan anak reward tidak ada salahnya agar mereka semangat berpuasa. Misalnya dengan puasa sebulan penuh, mereka boleh memilih hadiahnya. Seperti kita waktu kecil dulu.
  6. Nasi adalah karbohidrat yang mudah dicerna dan tidak banyak menghasilkan gas, juga bisa memberi rasa kenyang bagi anak.
  7. Asupan tambahan seperti susu Dancow FortiGro bisa diminum pada jam sahur atau sebelum tidur malam. Agar anak tidak kekurangan cadangan energi dan dilengkapi dengan Zinc, Iron, Kasium, Protein untuk tumbuh kembang mereka.
  8. Dukung puasanya tidak hanya dengan asupan, tapi juga mengajarkan arti berpuasa sebenarnya, mencari pahala Allah, bersedekah dan ingat untuk mengajak shalat berjamaah.
Dari semua tips diatas, sangat membantu saya dalam mengajarkan Lola berpuasa pertama di tahun ini. Alhamdulillah dia berhasil walaupun jam 11.30 akhirnya buka puasa, tapi dia senang katanya walaupun lapar. In shaa Allah pas umur 7 tahun nanti bisa full ya puasanya nak. Terima kasih Dancow Fortigro untuk makan malam enaknya, serunya ketemu ibu-ibu lain dan pulang semua dikasih souvenir cantik. It was a night to remember.

Jangan lupa ikut juga kompetisi seru dari Dancow Fortigro untuk MEMENANGKAN 3 PAKET UMROH SEKELUARGA! (Harus ya saya capslock, karena saya juga ikutan biar berkesempatan menang, hihi). Dan hadiah lain senilai puluhan juta rupiah.

Caranya gampang banget cuma buka fortigro.dancow.co.id/puasapertama dan ikutan games-nya. Awalnya registrasikan dulu bisa melalui akun Facebook jika ada, terus jawab 5 pertanyaan dan tantangan setiap harinya selama bulan Ramadhan, nanti akan keluar poinnya. Kalau jawabnya ada yang salah poinnya jadi kecil. Jujur ya pertanyaannya bukan cuma yang gampang tapi ada yang susah, jadi jangan kaget kalau games-nya menantang. Padahal baru diisi beberapa hari loh. Gimana pertanyaan yang hari lainnya ya? Yuk ikutan, siapa tahu menang umroh ya. Kalau kelupaan belum ikut challenge hari itu nanti di reminder dengan SMS.

0 comments :

Post a Comment